Serpong-Pendidikan-Bermain-Sambil-Belajar-Mekanika-untuk-Anak-di-Tempat-Ini-1.jpg

Pendidikan

Engineering for Kids, Permudah Buah Hati Belajar Sains

Mekanika merupakan salah satu bagian dari pelajaran ilmu sains atau IPA yakni mengenai fisika. Namun tidak sedikit siswa-siswi yang mempelajari mata pelajaran ini merasa kesulitan untuk memahaminya. Karena itu acap kali pengenalan dan praktiknya sejak dini dirasa perlu. Salah satu tempat kursus yang membuka kelas untuk mempelajari mengenai mekanika untuk buah hati berada di kawasan Gading Sepong, tepatnya di Scientia Park.

Dengan nama Engineering for Kids, tempat kursus ini sebenarnya bermarkas di Amerika Serikat dan sudah memiliki tempat kursus di 20 negara. Kelasnya dirancang dengan melibatkan kreativitas anak dan menghubungkannya dengan pelajaran mekanika yang di mana terbagi dua yaitu engineering class serta robotics.

Engineering for Kids Gading Serpong

“Pada dasarnya Engineering for Kids merupakan tempat kursus yang menggunakan nilai STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) dengan cara yang menyenangkan untuk anak-anak yang berusia 4-14 tahun,” ucap salah satu pengajar di Engineering for Kids Gading Serpong, Primada Siwi kepada PingPoint.co.id (11/12/2018).

Bila mendengar sekilas, mungkin anak-anak cenderung malas untuk mempelajari mengenai STEM di kelas konvensional apalagi jika itu memang bukan termasuk dalam minat mereka. Karena itulah salah satu daya tarik yang digunakan oleh tempat kursus di Gading Serpong ini untuk memperkenalkan anak-anak dalam dunia mekanika dan robot adalah melalui teknik pembelajarannya serta ruangan bermainnya.

[Baca Juga: Asah Kreativitas Anak dengan Belajar Robotik]

“Kita ada langkah-langkahnya dan mereka bukan hanya diajari mengenai teorinya saja tapi juga untuk mengaplikasikannya. Di luar teorinya banyak tapi di sini mereka diajari pengaplikasiannya melalui project simple dan menyenangkan. Salah satu contohnya adalah teori tekanan dari pelajaran Fisika dan mereka menggunakan praktek mengenai bottle rocket untuk mempelajarinya,” tutur Primada.

Engineering for Kids Gading Serpong

Di engineering class yang dipelajari meliputi berbagai topik di dunia mekanika sains dari mulai mengenai kimia, listrik, industri, perangkat keras, perangkat lunak, pesawat dan lain-lain. Sedangkan di robotics, dengan menggunakan berbagai media yang disediakan, anak-anak diharapkan dapat mengembangkan pemikiran kritis mereka dan lebih kreatif serta dapat lebih cepat dalam memecahkan masalah.

[Baca Juga: Indocomtech, Ajang Edukasi Masyarakat terhadap Teknologi Terkini di JCC]

Selain mengenai mekanika di pelajaran sains, Engineering for Kids juga membuka kelas desain video game. Di kelas ini, anak-anak yang suka bermain video games diajarkan dasar-dasar programming agar mereka mendapatkan gambaran bagaimana sebuah video games dibuat.

“Ada dua software, untuk kelas junior menggunakan Scratch, untuk kelas senior ada Clickteam Fusion. Kalau Scratch lebih sederhana bentuk video games-nya dalam bentuk format gif. Sedangkan Clickteam Fusion lebih kompleks,” papar Cahya Andi Setiawan selaku pengajar coding di kursus yang berlokasi di Summarecon Digital Center, Learning Lab Lt. 1 Unit C, Jl. Scientia Bulevar, Gading Serpong tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi akun Instagram mereka di EFK.Indonesia.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.