Serpong-Pendidikan-Bermain-Sambil-Belajar-Mekanika-untuk-Anak-di-Tempat-Ini-1.jpg

Pendidikan

Engineering for Kids, Permudah Buah Hati Belajar Sains

Mekanika merupakan salah satu bagian dari pelajaran ilmu sains atau IPA yakni mengenai fisika. Namun tidak sedikit siswa-siswi yang mempelajari mata pelajaran ini merasa kesulitan untuk memahaminya. Karena itu acap kali pengenalan dan praktiknya sejak dini dirasa perlu. Salah satu tempat kursus yang membuka kelas untuk mempelajari mengenai mekanika untuk buah hati berada di kawasan Gading Sepong, tepatnya di Scientia Park.

Dengan nama Engineering for Kids, tempat kursus ini sebenarnya bermarkas di Amerika Serikat dan sudah memiliki tempat kursus di 20 negara. Kelasnya dirancang dengan melibatkan kreativitas anak dan menghubungkannya dengan pelajaran mekanika yang di mana terbagi dua yaitu engineering class serta robotics.

Engineering for Kids Gading Serpong

“Pada dasarnya Engineering for Kids merupakan tempat kursus yang menggunakan nilai STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) dengan cara yang menyenangkan untuk anak-anak yang berusia 4-14 tahun,” ucap salah satu pengajar di Engineering for Kids Gading Serpong, Primada Siwi kepada PingPoint.co.id (11/12/2018).

Bila mendengar sekilas, mungkin anak-anak cenderung malas untuk mempelajari mengenai STEM di kelas konvensional apalagi jika itu memang bukan termasuk dalam minat mereka. Karena itulah salah satu daya tarik yang digunakan oleh tempat kursus di Gading Serpong ini untuk memperkenalkan anak-anak dalam dunia mekanika dan robot adalah melalui teknik pembelajarannya serta ruangan bermainnya.

[Baca Juga: Asah Kreativitas Anak dengan Belajar Robotik]

“Kita ada langkah-langkahnya dan mereka bukan hanya diajari mengenai teorinya saja tapi juga untuk mengaplikasikannya. Di luar teorinya banyak tapi di sini mereka diajari pengaplikasiannya melalui project simple dan menyenangkan. Salah satu contohnya adalah teori tekanan dari pelajaran Fisika dan mereka menggunakan praktek mengenai bottle rocket untuk mempelajarinya,” tutur Primada.

Engineering for Kids Gading Serpong

Di engineering class yang dipelajari meliputi berbagai topik di dunia mekanika sains dari mulai mengenai kimia, listrik, industri, perangkat keras, perangkat lunak, pesawat dan lain-lain. Sedangkan di robotics, dengan menggunakan berbagai media yang disediakan, anak-anak diharapkan dapat mengembangkan pemikiran kritis mereka dan lebih kreatif serta dapat lebih cepat dalam memecahkan masalah.

[Baca Juga: Indocomtech, Ajang Edukasi Masyarakat terhadap Teknologi Terkini di JCC]

Selain mengenai mekanika di pelajaran sains, Engineering for Kids juga membuka kelas desain video game. Di kelas ini, anak-anak yang suka bermain video games diajarkan dasar-dasar programming agar mereka mendapatkan gambaran bagaimana sebuah video games dibuat.

“Ada dua software, untuk kelas junior menggunakan Scratch, untuk kelas senior ada Clickteam Fusion. Kalau Scratch lebih sederhana bentuk video games-nya dalam bentuk format gif. Sedangkan Clickteam Fusion lebih kompleks,” papar Cahya Andi Setiawan selaku pengajar coding di kursus yang berlokasi di Summarecon Digital Center, Learning Lab Lt. 1 Unit C, Jl. Scientia Bulevar, Gading Serpong tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi akun Instagram mereka di EFK.Indonesia.

Read More

Artikel Lainnya

Junita Liesar Gaet Ivan Gunawan Rilis Koleksi Busana Ready to Wear

Kecantikan dan Fashion

Kenapa Busana Klasik Masih Diminati? Ini Jawaban Ivan Gunawan

16 December 2019, 17:00

Busana klasik merupakan salah satu jenis pakaian yang harus ada dalam lemari Anda. Pakaian ini tak lekang oleh waktu dan bisa menghasilkan banyak tampilan.

5 Pemenang I-PLAN Food Design Challenge Bantu Pemerintah Atasi Stunting dan Anemia

Berita Kawasan

5 Pemenang I-PLAN Food Design Challenge Bisa Bantu Atasi Stunting

16 December 2019, 16:00

Kelima pemenang I-PLAN Food Design Challenge terpilih lewat produk olahan lautnya yang mudah dan praktis untuk dikonsumsi. Apa saja yang mereka ciptakan?

UNPAK, Hadirkan Acara Festival Sebagai Program Mata Kuliah

Pendidikan

UNPAK, Hadirkan Acara Festival Sebagai Program Mata Kuliah

16 December 2019, 15:00

Komen Festival menghadirkan perpaduan bazar makanan dan panggung musik. Meski menjadi salah satu program mata kuliah, acara ini tidak menghadirkan edukasi melainkan full entertiment.

Netflix, Adaptasi Tokoh LINE FRIENDS Kedalam Serial Anak-Anak

Berita Kawasan

Netflix, Adaptasi Tokoh LINE FRIENDS Kedalam Serial Anak-Anak

16 December 2019, 14:00

Tokoh Brown and Friends dari Line hadir sebagai serial animasi Netflix. Serial original tersebut akan hadir dalam bentuk film animasi komedi slapstick tanpa dialog.


Comments


Please Login to leave a comment.