Enyahkan Provokasi, Ridwan Kamil Resmi Daftar Jadi Relawan Vaksin COVID-19.jpg

Kesehatan

Enyahkan Provokasi, Ridwan Kamil Resmi Daftar Jadi Relawan Vaksin COVID-19

Proses uji klinis vaksin COVID-19 yang sudah di mulai pada pekan ini ternyata tak terlepas dari provokasi serta ujaran miring yang muncul di tengah masyarakat. Pasalnya, muncul kabar miring seperti rakyat yang dikorbankan untuk uji vaksin ini. Demi membantah ujaran provokasi seperti itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah mengumumkan bahwa dirinya memang sudah mendaftar menjadi salah satu relawan vaksin COVID-19. Bahkan hal ini kembali disampaikannya di hadapan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 11 Agustus 2020.

Enyahkan Provokasi, Ridwan Kamil Resmi Daftar Jadi Relawan Vaksin COVID-19 .jpg

Sejak akhir Juli lalu, PT Bio Farma dan Universitas Padjadjaran (Unpad) sudah mulai membuka pendaftaran untuk peserta uji klinis vaksin COVID-19 di Kota Bandung. Di mana pihak Unpad membutuhkan sekitar 1.620 peserta untuk menjadi relawan dengan pembagiannya adalah 540 orang memang disuntikkan vaksin COVID-19 dan sisanya menerima cairan plasebo. Dengan pihak Unpad yang mengajak warga Kota Kembang berusia 18-59 tahun yang berada dalam kondisi sehat untuk menjadi relawan uji klinis ini.

Pada 3 Agustus 2020, Ridwan Kamil mengumumkan bahwa dirinya dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Jawa Barat siap menjadi relawan uji klinis vaksin COVID-19. Namun ternyata selain untuk mendorong pengentasan vaksin tersebut, keputusan ini juga dipicu munculnya komentar miring serta provokasi terhadap proses pencarian relawan.

[Baca Juga: Ridwan Kamil: Tidak Ada Zona Merah Lagi di Jawa Barat]

“Jadi tidak ada istilah rakyat dikorbankan! Semua juga ikut. Maka, gubernur ikut dalam proses ini dan kalau berhasil, nanti saya sampaikan berhasil untuk diproduksi dan kalau tidak berhasil, saya sampaikan kurang berhasil,” ucap pria yang akrab disapa dengan panggilan Kang Emil itu di Gedung Pakuan Kota Bandung, sebagaimana dikutip dari jabarprov.go.id (10/8/2020).

Hal ini kembali disampaikan Ridwan Kamil dan kali ini ia mengatakannya di depan Jokowi ketika Presiden itu berkunjung ke Kota Kembang untuk melihat penyuntikan perdana vaksin COVID-19 yang menjadi penanda dimulainya proses uji klinis. Menurut Gubernur Jawa Barat itu, keputusannya menjadi relawan untuk melawan hoax yang beredar di publik.

“Mohon izin supaya kita me-manage komunikasi publik juga dan mengurangi hoax-hoax Pak, dan keresahan, saya, Pak Kapolda, dan Pak Pangdam juga mendaftarkan diri sebagai relawan Pak dari 1600-an sehingga menurunkan spekulasi-spekulasi dan provokasi yang tidak perlu,” tambah Ridwan Kamil pada briefing dengan Presiden di Posko Penanganan COVID-19 Jawa Barat.


Read More

Artikel Lainnya

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

E ast Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care

11 August 2022, 15:15

East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years lalu
    anisa

    QQHarian Adalah SITUS SLOT TERBAIK,TERPERCAYA & TERLENGKAP. Yang Di Dukung Berbagai PROVIDER TERNAMA Di Dunia.Dapatkan Promo WELCOME CASHBACK 100% Tnp SYARAT TURNOVER. Anda menang kami bayar,Anda kalah kami ganti 100% Full. Info Lebih Lanjut bisa cari / search di gogle QQHARIAN atau bisa lsg <a href="https://qqharian.org/" title="Situs Slot Terbaik" rel="nofollow">KLIK DISINI</a>

  • Rine 2 years lalu
    rine

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di QQharian <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>