Epidemiolog UGM Prediksi Mayoritas Penduduk Indonesia Sudah Terinfeksi Delta.jpg

Kesehatan

Epidemiolog UGM: Mayoritas Penduduk Indonesia Sudah Terinfeksi Delta

Saat ini perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia terlihat sudah terkendali dengan absennya kabar mengenai lonjakan pasien yang positif terpapar penyakit akibat virus Corona ini, khususnya yang masuk varian delta. Namun menariknya terdapat hipotesis dari Epidemiolog Universitas Gadjah Mada terkait situasi ini yang di mana ia berpandangan bahwa terdapat kemungkinan mayoritas penduduk Indonesia atau sekitar 80 persen sudah terinfeksi varian ini tapi berkat didorongnya program vaksinasi, dampak dari penyebaran ini tidak seperti ketika gelombang kedua.

Pandangan ini disampaikan Citra Indiriani yang berpandangan bahwa terdapat dua aspek yang memungkinkan paparan COVID-19 varian delta ini tak menunjukkan gejala yang parah atau bahkan tak menunjukkan gejala sama sekali. Aspek ini disinyalir terdiri dari terbentuknya kekebalan massal atau herd immunity dan percepatan program vaksinasi COVID-19 oleh pemerintah.

“Infeksi covid lebih dari 50 persen adalah asimtomatis, mungkin 80 persen penduduk kita telah terinfeksi (varian) delta. Namun, kalau sudah terinfeksi sedemikian banyak apakah sudah memiliki imunitas kelompok dan tidak ada ancaman gelombang ketiga?,” ungkap Epidemiolog UGM itu, sebagaimana dikutip dari ugm.ac.id (20/11/2021).

Epidemiolog UGM Prediksi Mayoritas Penduduk Indonesia Sudah Terinfeksi Deltat.jpg

“Sebagian besar infeksi natural membentuk antibodi yang spesifik untuk virus atau strain virus yang menginfeksi, tidak untuk strain yang lain. Sehingga imunitas alamiah yang terbentuk saat ini mungkin tidak bisa kita andalkan apabila kita kedatangan strain yang baru,” sambungnya

Kemudian dari sisi faktor vaksinasi COVID-19, berdasarkan data disebutkan bahwa sudah 208 juta penduduk di Indonesia yang telah menerima dosis pertama dan 88 juta di antaranya yang sudah menerima dosis kedua. Sehingga aspek vaksinasi ini juga memiliki peran besar menurut Citra dalam mencegah masyarakat yang terinfeksi COVID-19 varian delta merasakan gejala sakit parah.

[Baca Juga: Pemprov DKI: Dari 987 Sampel COVID-19, Ada 70 VoC dengan 55 Varian Delta]

“Melihat beberapa rekaman data yang terinfeksi di gelombang Januari, juga kemudian kembali terinfeksi delta di Juni-Juli, dan kasus-kasus meninggal memiliki riwayat belum mendapatkan vaksinasi. Harapannya tentu pada percepatan vaksinasi, dan sisir wilayah untuk vaksinasi terutama lansia bisa berperan untuk mitigasi bentuk parah infeksi SARS-COV 2. Kalaupun gelombang 3 terjadi, sistem kesehatan kita tidak lagi menghadapi kasus-kasus berat yang jumlahnya ribuan setiap harinya,” tuturnya.

Walau situasi penyebaran COVID-19 saat ini menurutnya masih terkendali, Epidemiolog UGM itu mendukung keputusan pemerintah yang mengumumkan akan menerapkan PPKM Level 3 di momen libur Natal dan Tahun Baru 2022. Karena ini penting dalam menekan potensinya terjadi kerumunan dan mobilitas, khususnya yang akan pergi ke negara lain mengingat saat ini sejumlah negara sudah mulai terpapar COVID-19 varian delta jenis AY.4.2 dan sangat penting untuk mencegah varian ini masuk ke Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.