Epilepsi Pengertian, Penyebab, Gejala, dan Cara Menanganinya

Kesehatan

Epilepsi Pengertian, Penyebab, Gejala, dan Cara Menanganinya

Epilepsi adalah penyakit disebabkan oleh gangguan sistem saraf pusat akibat pola aktivitas listrik otak yang tidak normal. Hal itu menimbulkan keluhan kejang, sensasi dan perilaku yang tidak biasa, hingga hilang kesadaran. Gangguan pada pola aktivitas listrik otak saraf dapat terjadi karena beberapa hal, seperti kelainan pada jaringan otak, ketidakseimbangan zat kimia di dalam otak, ataupun kombinasi dari beberapa faktor penyebab tersebut.

Apakah epilepsi berbahaya? Melansir dari alodokter.com, berikut uraian lebih lanjut mengenai epilepsi atau penyakit yang dikenal ayan. Epilepsi bisa terjadi pada semua usia, baik perempuan maupun laki-laki. Namun, umumnya epilepsi bermula pada usia anak-anak, atau malah mulai pada saat usia lebih dari 60 tahun.

Epilepsi Pengertian, Penyebab, Gejala, dan Cara Menanganinya

Penyebab kejang pada penderita dapat dipicu karena beberapa kondisi, contohnya stres, kelelahan, atau konsumsi obat. Berdasarkan penyebabnya, epilepsi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu epilepsi idiopatik, yakni epilepsi yang penyebabnya tidak diketahui. Dan epilepsi simptomatik, yakni epilepsi terjadi akibat suatu penyakit yang menyebabkan kerusakan pada otak.

Adapun gejala epilepsi yaitu kejang. Kejang merupakan gejala utama penyakit epilepsi yang terjadi saat timbul impuls listrik pada otak melebihi batas normal. Kondisi tersebut menyebar ke area sekelilingnya, dan menimbulkan sinyal listrik yang tidak terkendali. Sinyal tersebut terkirim juga pada otot, sehingga menimbulkan kedutan hingga kejang. Tingkat keparahan kejang pada tiap penderita epilepsi berbeda-beda. Ada yang hanya berlangsung beberapa detik dan hanya seperti memandang dengan tatapan kosong, atau terjadi gerakan lengan dan tungkai berulang kali.

[Baca Juga: Inilah 6 Manfaat Olahraga untuk Otak Anda]

Diagnosis epilepsi dapat ditetapkan setelah dokter melakukan pemeriksaan fisik, terutama kondisi saraf pasien, serta serangkaian tes untuk memastikan kondisi yang abnormal pada otak. Setelah epilepsi terdiagnosis, penting untuk memulai pengobatan secepatnya, dengan pengaturan pola makan dan pemberian obat.

Apakah epilepsi dapat disembuhkan? Hingga sekarang epilepsi belum dapat disembuhkan hanya untuk dengan pemberian obat secara tepat dapat menstabilkan aktivitas listrik dalam otak, serta dapat mengendalikan kejang pada penderita epilepsi. Obat untuk menangani epilepsi adalah obat jenis antiepilepsi.

[Baca Juga: Jangan Takut Menua, Sel-Sel Otak Bakal Tetap Tumbuh Sepanjang Hidup]

Jika anak anda mengalami ciri-ciri seperti di atas segeralah periksa ke dokter dan melakukan serangkaian tes prosedur medis agar segera ditangani. Jangan seketika Anda panik, tapi segeralah bawa rumah sakit. Epilepsi juga bukan penyakit menular, dan tidak membahayakan orang lain. Hanya tidak boleh terlambat minum obat agar tidak terjadi kejang yang dapat menimbulkan bahaya untuk penderita seperti cidera karena pengidap epilepsi tak dapat mengendalikan dirinya ketika sedang kejang dan kumat.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.