Erasmus Huis Gelar Aksi Seni Tari dan Boneka Duda Paiva

Berita Kawasan

Erasmus Huis Gelar Aksi Seni Tari dan Boneka Duda Paiva

Pusat Kebudayaan Belanda di Jakarta Erasmus Huis akan kembali menggelar kegiatan bernuansa seni. Kali ini, Erasmus Huis mendatangkan kelompok Duda Paiva Company yang akan menampilkan aksinya pada 26 Oktober 2019. Aspek yang membuat unik dari kelompok yang bermarkas di Kota Amersfoort, Belanda ini adalah mereka mengombinasikan seni tari dan boneka. Dengan dua elemen ini, penampilan Duda Paiva Company dipandang dapat memperlihatkan aksi teatrikal berbumbu kisah dengan latar belakang cerita menarik.

Erasmus Huis Gelar Aksi Seni Tari dan Boneka Duda Paiva

Sekadar informasi, Duda Paiva Company merupakan kelompok seni yang dibentuk oleh penari sekaligus dalang boneka bernama Duda Paiva. Ia dikenal menampilkan aksi unik yang dikenal dengan istilah Object Score atau Skor Obyek yang dibentuk dari koregrafi untuk penari serta boneka yang ditampilkan. Dengan boneka yang dibuat dari karet busa fleksibel, boneka-boneka yang ditampilkan Duda Paiva Company dapat terlihat hidup saat sang penari melakukan gerakannya.

Saat menampilkan kebolehannya, Duda Paiva Company kerap menciptakan “dunianya” sendiri yang berisi tragedi hingga humor guna merepresentasikan realita dari kisah yang ingin disampaikannya. Kisah seperti inilah yang ingin ditunjukkan mereka pada akhir pekan ini di Erasmus Huis dengan menampilkan aksi teatrikal bertajuk “Monsters”.

[Baca Juga: Ayo Dongeng Indonesia Ajak Anak Nikmati Indahnya Dunia Cerita]

Untuk penampilannya ini, Duda Paiva Company memiliki tema yang bisa disaksikan anak-anak hingga dewasa melalui Monster. Dengan unsur lucu serta elemen yang diambil dari berbagai kebudayaan populer, seperti komik serta video games, penampilan pada 26 Oktober 2019 akan diisi dengan boneka-boneka berbentuk aneh tapi membuat rasa penasaran dari para penontonnya.

“Gabungan antara tarian dan boneka ini menyerupai dunia yang mereka (anak-anak) kenal dari komik, video game, dan film animasi. Tiba-tiba dunia tersebut muncul di panggung seakan dapat disentuh, terasa nyata dan menyeramkan,” ujar Duda Paiva mengenai Monsters, sebagaimana dilansir dari rilis pers yang diterima PingPoint.co.id (21/10/2019).

[Baca Juga: Sanggar Teater Populer yang Legendaris Ada di Tanah Abang]

Sebelum tampil di Erasmus Huis, Duda Paiva Company juga menampilkan aksinya di berbagai panggung. Dari mulai di Padepokan Seni Bagong Kussuduardja Yogyakarta pada 23 Oktober 2019. Lalu dilanjutkan dengan tampil sekaligus memberikan workshop di Makara Art Center Universitas Indonesia kampus Depok pada 25 Oktober 2019. Bagi Anda yang ingin melihat penampilan mereka, Anda bisa langsung datang ke Erasmus Huis pada pukul 19.00 WIB dan acara ini tidak dipungut biaya sama sekali.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.