Erat dengan Tradisi Imlek, Pemkot Jakarta Barat Tinjau Pedagang Ikan Bandeng.jpg

Berita Kawasan

Erat dengan Tradisi Imlek, Pemkot Jakarta Barat Tinjau Pedagang Ikan Bandeng

Di setiap perayaan hari raya di Tanah Air, pasti terdapat kebutuhan pokok yang kerap dibeli bagi yang merayakannya untuk diolah menjadi masakan yang dinikmati masakan serta kerabat. Bila membahas mengenai Imlek, maka kebutuhan pokok yang terbilang wajib dibeli oleh masyarakat keturunan Tionghoa di DKI Jakarta adalah ikan bandeng. Oleh karena itulah, pemerintah di Ibu Kota berusaha memastikan ketersediaannya dengan harga yang stabil seperti yang baru-baru ini dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat.

Peninjauan ketersediaan ikan bandeng ini dilakukan Pemkot Jakarta Barat melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian atau Sudin KPKP yang mengerahkan petugasnya ke area Pasar Rawa Belong di Kecamatan Kebon Jeruk. Berdasarkan pemantauan pada Selasa kemarin, stok ikan bandeng yang dijajakan di sini masih terbilang banyak.

Erat dengan Tradisi Imlek, Pemkot Jakarta Barat Tinjau Pedagang Ikan Bandengt.jpg

“Selain memantau aktivitas, kami juga melakukan pendataan jumlah pedagang ikan bandeng di kawasan ini. Ada 23 pedagang yang jualan di sini dengan total berat ikan bandeng yang dipasarkan mencapai sekitar 3.345 kilogram,” ujar Kepala Sudin KPKP Jakarta Barat Iwan Indriyanto saat mengunjungi Pasar Rawa Belong, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (9/2/2021).

Iwan dan timnnya juga meninjau ukuran serta harga dari ikan bandeng yang dijajakan di lapak Pasar Rawa Belong. Di mana rata-rata beratnya masuk kategori besar dari ukuran satu sampai lima kilogram per ekornya. Sedangkan untuk harganya, para pedagang mematok harganya beragam, ada yang Rp50.000 hingga Rp100.000 per kilogramnya.

[Baca Juga: Jelang Imlek, Pemprov DKI Jakarta Tinjau Ketersediaan Komoditas Pangan]

Bagi Anda yang tak merayakan Imlek, mungkin ada yang bertanya-tanya mengapa ikan bandeng erat dengan tradisi perayaan Tahun Baru Imlek hingga pemerintah harus meninjau ketersediaannya di pasar. Untuk mengetahuinya, sebenarnya harus ditarik benang merahnya terhadap tradisi serta sejarah masyarakat Tionghoa di Ibu Kota dan menariknya ini berhubungan dengan budaya Betawi.

Sebagaimana dilansir dari wartakota.tribunnews.com (31/1/2019), berdasarkan buku Saudagar Baghdad dari Betawi karya Alwi Shahab, tradisi ikan bandeng dalam perayaan Imlek di kawasan Jabodetabek merupakan akulturasi antara budaya Tionghoa dan Betawi. Di mana dalam tradisi Betawi, ikan bandeng menjadi bagian antaran yang biasanya diberikan kepada keluarga atau bahkan calon mertua. Sebagai catatan, ikan bandeng yang menjadi antaran bukanlah yang sudah diolah melainkan satu ekor utuh dan ukuran juga sangat berpengaruh. Bila calon menantu membawa bandeng jumbo kepada calon mertua maka kelanjutan perjodohan pun disebut lebih dilancarkan.


Read More

Artikel Lainnya

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid, Wisudawan Program Magister dan Doktor Raih IPK Tertinggi.jpg

Pendidikan

ITB Luluskan 2.596 Wisudawan dengan Menggelar Wisuda Hybrid

26 October 2021, 15:32

ITB menggelar wisuda periode Oktober Tahun Akademik 2021/2022 secara Hybrid. Pelaksanaan tersebut berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

Romaldi 1.jpg

Kesehatan

Ini Klinik yang Banyak Dituju Warga Bumiaji di Giripurno

26 October 2021, 15:01

Dengan biaya pemeriksaan mulai dari Rp10.000 dan selebihnya harga proses pengobatan tergantung jenis produk yang dipakai, klinik ini menjadi acuan bagi warga Bumiaji.

Grab dan ViarOK.jpg

Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Grab Pesan 6.000 Unit Motor Listrik VIAR

26 October 2021, 14:32

Kolaborasi yang salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi ketergantungan akan BBM ini akan dilanjutkan dengan mempersiapkan 6.020 kendaraan listrik yang siap didistribusikan di akhir tahun 2021 di seluruh Indonesia.

rshOK2.jpg

Berita Kawasan

Pertama di Semarang! Bonbin Mangkang Akan Miliki Rumah Sakit Hewan

26 October 2021, 14:02

Rumah Sakit Hewan yang akan dibangun ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Kota Semarang karena belum pernah ada rumah sakit hewan di kota Atlas ini sebelumnya.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 8 months, 2 weeks lalu
    emma

    Hallo Gamer Indonesia Bola165 Memberikan Bonus WD( WITHDRAW ) Hingga 10%, EDISI TERBATAS Buruan Daftar sekarang juga di Bola165, Cek promo bisa disini >>> biolinky.co/promobola165