Es Selendang Mayang, Sajian Segar Khas Betawi

Kuliner

Es Selendang Mayang, Sajian Segar Khas Betawi

Musim kemarau, ketika cuaca sedang terasa panas, maka solusi paling tepat agar membuat tubuh kembali segar adalah minuman yang lezat. Salah satu minuman yang mampu menyegarkan tubuh ialah es selendang mayang. Minuman ini merupakan kuliner tradisional khas Betawi yang amat digemari warga Jakarta. Namun wajar saja jika Anda belum terlalu mengenalnya, karena minuman segar ini memang sudah langka ditemui.

Awalnya es selendang mayang menjadi salah satu minuman yang disajikan saat acara tertentu seperti acara lebaran dan acara hajatan lainnya. Namun seiring dengan perkembangan, es selendang mayang mulai tenggelam dan sudah jarang ditemui, karena banyak yang menganggap minuman satu ini merupakan minuman tradisional.

Es Selendang Mayang, Sajian Segar Khas Betawi

Secara popularitas, saat ini es selendang mayang memang tidak setenar bir pletok atau kerak telor sebagai menu khas Betawi. Namun jika Anda sukses mencicipinya, dijamin akan ketagihan. Resep minuman ini bisa dibilang pusaka kuliner Betawi. Sebab keberadaannya yang sudah jarang sekali ditemui di Jakarta.

Es selendang mayang menjadi resep yang diperoleh secara turun temurun dari leluhur mereka. Walaupun resep turun temurun, ternyata bahan utama yang digunakan pun tidak terlalu sulit, yakni sagu aren. Namun jika kesulitan menemukan sagu aren, maka dapat disubtitusi dengan tepung beras. Oleh karenanya, es selendang mayang tak hanya menyegarkan, tapi juga dapat mengenyangkan perut.

[Baca Juga: Merawat Budaya Kuliner Betawi dengan Berjualan Bir Pletok]

Dalam proses pembuatannya, air di masak hingga mendidih, kemudian dimasukkan daun pandan, garam, dan gula pasir hingga larut, atau bisa juga ditambahkan susu untuk penambah rasa gurih. Kemudian masukan sagu aren dan diaduk dengan cepat hingga tercampur dan merata. Setelah setelah matang kemudian tuangkan kedalam loyang dan diberi pewarna makanan. Kemudian ratakan perwarna makanan pada adonan tersebut sampai rata, lalu dinginkan hingga mengeras.

Untuk penyajiannya, setelah adonan dalam loyang tersebut mengeras, kemudian dipotong kecil dan di taruh ke dalam gelas atau mangkuk saji. Kemudian disiram dengan air santan dan air gula merah. Agar menyegarkan, jangan lupa tambahkan es batu. Jika suka, Anda dapat menambahkan potongan buah nangka pada es selendang mayang ini, sehingga menambah aroma dan rasa segar.

[Baca Juga: 5 Minuman Hangat Khas Nusantara yang Terbuat dari Jahe]

Anda tertarik berburu minuman klasik Betawi ini? Jika beruntung, daerah Kota Tua, Kemayoran, dan Ragunan disinyalir masih ada es selendang mayang yang dijajakan di sana. Biasanya, penjual es selendang mayang menggunakan pikulan dan mangkal di area keramaian. Selamat mencoba!

Read More

Artikel Lainnya

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

Kesehatan

Kesehatan Murid Jadi Aspek Penting di TK Tzu Chi

16 September 2019, 13:00  |  9 Views

Berbagai fasilitas dan kegiatan kesehatan di TK Tzu Chi menggambarkan bagaimana pentingnya kesehatan murid bagi pihak sekolah.

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen di Seluruh Indonesia

Bisnis

GrabFood Berencana Ekspansi Jaringan Grabkitchen

16 September 2019, 12:00  |  10 Views

Pertumbuhan pesat GrabFood juga dicapai berkat adanya kerja sama dengan restoran cepat-saji dan kedai makanan lokal favorit masyarakat.

Manfaat Media Monitoring di Indonesia

Bisnis

Manfaat Media Monitoring dalam Penggunaan Media Sosial

16 September 2019, 10:00  |  19 Views

Apa manfaat media monitoring dalam perkembangan bisnis Anda? Penyebaran informasi yang tinggi di media sosial menjadi salah satu alasan utama adanya layanan media monitoring.

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

Kesehatan

5 Cara Alami Menghilangkan Benjolan di Ketiak

16 September 2019, 09:00  |  12 Views

Jika menemukan benjolan di ketiak yang memiliki tekstur lunak dan terasa nyeri, jangan khawatir! Karena, bisa diobati dengan lima cara alami ini.


Comments


Please Login to leave a comment.