Etika dan Budaya Tanah Air Harus Terjaga di Ruang Digita l.jpg

Pendidikan

Etika dan Budaya Tanah Air Harus Terjaga di Ruang Digital

Setiap tahunnya pengguna internet di Indonesia semakin meningkat apalagi ini juga didorong oleh pandemi COVID-19 yang membayangi Tanah Air selama dua tahun terakhir sehingga banyak memindahkan aktivitasnya dari luring ke daring. Bahkan diperkirakan Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna internet terbesar di dunia dengan jumlah sekitar 204,7 juta orang. Namun sayangnya tak sedikit masalah juga yang muncul melalui dunia maya dengan contohnya adalah provokasi serta penyebaran berita hoax yang memicu perdebatan hingga ke dunia nyata bahkan berpotensi memicu perpecahan. Oleh karena itulah pemerintah serta para wakil rakyat di Indonesia memandang masyarakat perlu menjaga etika serta budaya Tanah Air ketika berselancar di ruang digital.

Pentingnya menjaga etika serta budaya ini tak terlepas dari perubahan pola interaksi dari masyarakat, khususnya perihal metode menerima informasi. Di mana sebelum tenarnya era digital, publik Indonesia mendapatkan informasi dengan membaca koran, menonton televisi, dan radio. Namun dengan internet maka informasi masuk dan keluar dengan sangat cepatnya di media sosial sehingga potensi terjadinya distorsi pun menyeruak.

Etika dan Budaya Tanah Air Harus Terjaga di Ruang Digital.jpg

“Karakteristik interaksi juga turut berubah, sedari awal yang hanya one to many, menjadi many to many. Media sosial yang merupakan bagian dari perkembangan tersebut pun, menjadi salah satu tempat bersemayamnya informasi di ruang digital,” ungkap Anggota Komisi 1 DPR Syaifulah Tamliha dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator: Masyarakat Digital yang Berbudaya Indonesia (5/4/2022).

Bila berbicara mengenai etika serta budaya Tanah Air, Indonesia yang terbagi menjadi belasan ribu pulau memiliki ratusan kelompok etnis yang kaya akan budaya serta kepercayaan. Tentu saja dengan kondisi ini, rasa toleransi serta menghormati kultur dan kepercayaan yang berbeda menjadi bagian kehidupan sehari-hari setiap individu yang menjadi bangsa Indonesia. Menurut Syaifullah, seharusnya aspek ini yang harus terjaga baik secara luring dan daring. Karena kerap kali etika serta budaya ini ditingalkan akibat kurangnya literasi digital dengan alasan anonimitas atau sekadar “share” melalui cara mengunggah atau posting hal-hal yang dapat memicu permasalahan, contohnya adalah berita bohong atau provokatif tanpa dasar fakta.

[Baca Juga: Literasi Digital dan Generasi Muda Jadi Kunci Pertumbuhan UMKM]

“Sebagai pribadi yang mempunyai etika dalam berselancar di ruang digital, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar integrasi nasional terjaga dengan baik, khususnya di ruang digital, antara lain menghormati keragaman budaya, kepercayaan beragama, serta tidak menyebarkan konten-konten yang bermuatan ujaran kebencian. Serta Menyebarkan konten positif mengenai kemajemukan budaya Indonesia. Menggunakan nilai-nilai Pancasila sebagai filter konten di ruang digital," sambung fraksi Partai PPP itu.

Dirjen Aptika Kementerian Komunikasi dan Informasi Samuel Abrijani Pangerapan yang turut hadir dalam webinar ini mengamini pandangan dari Syaifullah. Samuel menambahkan, pihaknya memiliki peran dalam mendorong percepatan transformasi digital Indonesia dengan salah satu aspek yang menjadi kuncinya adalah literasi digital yang mencakup etika serta budaya di ranah virtual melalui program edukasi.


Read More

Artikel Lainnya

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 2022

06 December 2022, 14:14

Pihak promotor mengumumkan akan mulai menjual tiket tambahan pada pekan ini untuk konser tur Westlife The Wild Dream Tour 2023 Jakarta.


Comments


Please Login to leave a comment.