Evaluasi Lalu Lintas Selama PSBB, Jakarta dan Jawa Barat Gandeng Waze .jpg

Bisnis

Evaluasi Lalu Lintas Selama PSBB, Jakarta dan Jawa Barat Gandeng Waze

Aplikasi ponsel pintar Waze kerap digunakan para netizen di kota-kota besar Indonesia demi menghindari kemacetan. Namun apps berbasis komunitas yang saling berbagi informasi mengenai data jalan, peta, hingga lahan parkir ini juga memiliki layanan untuk pemerintah daerah dalam menganalisa laju lalu lintas di wilayahnya bernama Waze for Cities. Layanan inilah yang beberapa waktu terakhir dimanfaatkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Jawa Barat dalam memantau kemacetan saat penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di masa pandemi COVID-19.

Pada dasarnya, Waze for Cities yang diluncurkan pada tahun 2014 merupakan program gratis dua arah dengan Waze yang membagikan datanya melalui Google Cloud untuk pihak yang bergabung menjadi mitranya. Saat ini sudah ada lebih dari 1.500 pihak yang bermitra dengan Waze dan Pemprov DKI Jakarta dengan Jakarta Smart City (JSC) serta Pemprov Jawa Barat dengan Jabar Digital Service (JDS) termasuk ke dalamnya.

Otoritas dari kedua provinsi ini disebut menggunakan layanan Waze for Cities dalam rangka proses evaluasi kebijakan PSBB mereka sekaligus untuk melihat titik kemacetan selama pandemi COVID-19. Pihak JSC yang bekerja langsung di bawah Pemprov DKI Jakarta menggunakan layanan ini juga untuk menemukan berbagai rute yang contohnya tak terjangkau dengan MRT sehingga bisa memberikan rekomendasi transportasi umum untuk para warga yang tetap aman digunakan.

Evaluasi Lalu Lintas Selama PSBB, Jakarta dan Jawa Barat Gandeng Waze.jpg

“Data Waze memungkinkan kami menelaah dan menganalisa pola kemacetan lalu litas tertinggi di Jakarta, kemudian mengubah gagasan-gagasan menjadi tindakan untuk kota yang lebih baik lagi, di mana gagasan ini telah terjustifikasi dengan metrik yang dapat diukur. Ketika COVID-19 melanda, kami menggunakan pola pengemudi Waze secara real-time untuk menentukan keberhasilan PSBB dan memeriksa hasilnya,” jelas Head of Data & Analyctics JSC Juan Intan Kanggrawan, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (20/7/2020).

Selain JSC, Pemprov Jabar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat juga memanfaatkan layanan Waze for Cities selama PSBB. Di mana dengan JDS yang menjadi unit pelaksana di dinas tersebut menggunakan data dari Waze untuk melakukan pemantauan lalu lintas yang sebelumnya dilakukan secara manual. Namun di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, pemantauan dapat dilakukan lebih mudah melalui data Waze alih-alih mengirim langsung petugas ke lapangan.

“Waze for Cities Data membantu kami menanggapi masalah dengan cepat dan membuat keputusan di saat krisis. Oleh karena itu, kami meligat bahwa platform ini akan terus berguna bagi perencanana kami kedepannya. Setiap kali kami menemukan lubang jalan dan titik banjir, kami dapat langsung memberitahu pihak-pihak terkait untuk mengatasi masalah tersebut,” pungkas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat Setiaji.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.