Evaluasi PSBB, Anies Beberkan Pos Pemeriksaan di Sejumlah Tempat

Berita Kawasan

Evaluasi PSBB, Anies Beberkan Pos Pemeriksaan di Sejumlah Tempat

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta sudah diberlakukan sejak 10 April 2020 dan masih dilaksanakan hingga hari ini. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi DKI Jakarta mengevaluasi selama tiga hari pertama bersamaan dengan libur nasional dan akhir pekan, Jakarta relatif lengang tapi pada hari Senin terjadi pergerakan dari wilayah luar Jakarta.

“Hari Senin terdapat pergerakan masyarakat yang lebih tinggi dari luar ke dalam wilayah Jakarta. Sementara, wilayah penyangga yang terdiri atas Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Banten belum menerapkan PSBB,” ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, seperti dilansir beritajakarta.id (14/04/2020).

Evaluasi PSBB, Anies Beberkan Pos Pemeriksaan di Sejumlah Tempat

Oleh karena itu, pihaknya akan lakukan sinkronisasi dengan kawasan daerah Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang. "Ini yang nanti akan kita lakukan sinkronisasi dengan kawasan sekitar kita. Insya Allah, Rabu di Jabar sudah melaksanakan, mudah-mudahan di Banten segera, sehingga penegakan aturan menjadi jauh lebih mudah," ujar Anies.

Lebih lanjut, Anies menyebutkan beberapa pos pemeriksaan atau check point untuk mengawasi jalannya masa PSBB. Hal tersebut telah disiapkan Pemprov DKI Jakarta bersama jajaran Polda dan TNI. 11 check point di perbatasan, 13 check point di stasiun dan terminal, 5 check point di pintu masuk tol, dan 4 check point di dalam kota.

[Baca Juga: Demi Kelancaran PSBB, Pemprov DKI Salurkan 29.831 Paket Bansos]

"Secara bertahap kita akan tambah check point. Begitu PSBB sinkron, maka proses penindakan atas pelanggaran jauh lebih leluasa. Kita akan tindak tegas semua yang melanggar aturan di PSBB," terangnya.

Anies kembali menegaskan, terkait aturan mengenai ojek atau kendaraan bermotor roda dua, peraturan yang dijalankan di Jakarta tetap merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 9 Tahun 2020 terkait Pelaksanaan PSBB. Karena itu, Pemprov DKI Jakarta akan meneruskan kebijakan bahwa motor bisa mengangkut barang secara aplikasi, tetapi tidak diperbolehkan mengangkut penumpang.

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga akan mengevaluasi, melihat kembali, dan menindak tegas perusahaan-perusahaan di luar sektor dikecualikan yang tetap beroperasi selama masa PSBB ini. Tindakan tegas tersebut dapat berbentuk pencabutan izin usaha.

[Baca Juga: PSBB DKI Jakarta, Ini 6 Hal yang Dibatasi Mulai 10 April]

“Penting disadari, PSBB bukan tentang pemerintah, ini tentang melindungi warga Jakarta dari penularan. Bila melakukan pelanggaran dan berulang terus bisa kita cabut izin usaha. Kami harap itu tidak terjadi, maka ini harus ditaati," ungkapnya.

Anies mengimbau agar seluruh masyarakat tetap menjaga jarak fisik, berada di rumah, dan jika keluar rumah maka wajib menggunakan masker. Dirinya juga berharap hal ini dapat dilakukan bersama oleh seluruh komponen masyarakat sehingga dapat memutus rantai penyebaran COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.