5 Minuman Tradisional Ini Sudah Mulai Jarang Ditemukan di Jakarta Es Dawet

Kuliner

Fakta Unik Seputar Minuman Cendol di Indonesia

Cendol merupakan salah satu jajanan khas Indonesia yang sudah ada selama bertahun-tahun lamanya. Meski begitu, minuman cendol sering di klaim negara lain, seperti Singapura sempat yang mengklaim minuman cendol sebagai kuliner khas mereka. Menilik dari beberapa sumber nibble.com (26/11/2019), PingPoint.co.id menemukan beberapa fakta sejarah seputar lahirnya minuman legendaris cendol di Indonesia.

Jakarta jadi salah satu kota yang sempat merasakan kejayaan minuman cendol. Sebagai minuman tradisional, cendol memiliki karakteristik yang menarik serta rasa yang unik. Karena rasanya yang nikmat tak heran jika cendol masih tetap eksis di Jakarta hingga saat ini.

5 Minuman Tradisional Ini Sudah Mulai Jarang Ditemukan di Jakarta

Cendol sudah menjadi jajanan pencuci mulut khas Indonesia yang terkenal dengan cita rasa manisnya yang menyegarkan. Karena hal tersebut, CNN pernah menempatkan cendol sebagai top 50 dessert in the world. Sayangnya, yang terpilih dalam top 50 dari CNN adalah cendol asal Singapura yang diklaim sebagai cendol terbaik.

Hal tersebut tentunya menimbulkan perdebatan yang berlangsung cukup panas di media sosial. Namun tahukan Anda bahwa cendol merupakan kuliner yang cukup familiar di Asia. Adaptasi kuliner yang menyebar secara luas di Asia menjadi salah satu alasan banyaknya jenis-jenis kuliner tradisional yang mirip pada setiap negara, hanya saja dalam komponen atau bentuk yang berbeda.

[Baca Juga: Cicipi Bir Kotjok Asli Bogor, Hangatkan Tapi Tak Memabukkan]

Pada dasarnya, cendol memiliki banyak sekali varian berbeda di setiap negara. Contohnya seperti di Singapura, cendol di kondimen sebagai es campur yang dihidangkan dengan kacang merah. Sedangkan di Indonesia, cendol biasanya dihidangkan dengan nangka sebagai pewangi alami.

Pada dasarnya, minuman cendol terbuat tepung beras atau biasa disebut "Hunkwe" yang dicampur dengan daun pandan dan suji. Campuran ini lah yang memberikan warna hijau terang pada cendol yang biasa Anda lihat. Adonan cendol dicetak dengan bentuk panjang atau lonjong seperti potongan mi dan memiliki tekstur yang sangat lembut. Cendol akan Biasanya, cendol dicampur dengan gula merah, santan dan es batu.

[Baca Juga: Minuman Jahe Merah Tangerang Tembus Pasar Hingga Ke Jepang]

Karena jenis minuman cendol sangat variatif di Asia, bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas cendol yang berbeda-beda. Mulai dari segi bahan, warna hingga cara menghidangkannya.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.