5 Minuman Tradisional Ini Sudah Mulai Jarang Ditemukan di Jakarta Es Dawet

Kuliner

Fakta Unik Seputar Minuman Cendol di Indonesia

Cendol merupakan salah satu jajanan khas Indonesia yang sudah ada selama bertahun-tahun lamanya. Meski begitu, minuman cendol sering di klaim negara lain, seperti Singapura sempat yang mengklaim minuman cendol sebagai kuliner khas mereka. Menilik dari beberapa sumber nibble.com (26/11/2019), PingPoint.co.id menemukan beberapa fakta sejarah seputar lahirnya minuman legendaris cendol di Indonesia.

Jakarta jadi salah satu kota yang sempat merasakan kejayaan minuman cendol. Sebagai minuman tradisional, cendol memiliki karakteristik yang menarik serta rasa yang unik. Karena rasanya yang nikmat tak heran jika cendol masih tetap eksis di Jakarta hingga saat ini.

5 Minuman Tradisional Ini Sudah Mulai Jarang Ditemukan di Jakarta

Cendol sudah menjadi jajanan pencuci mulut khas Indonesia yang terkenal dengan cita rasa manisnya yang menyegarkan. Karena hal tersebut, CNN pernah menempatkan cendol sebagai top 50 dessert in the world. Sayangnya, yang terpilih dalam top 50 dari CNN adalah cendol asal Singapura yang diklaim sebagai cendol terbaik.

Hal tersebut tentunya menimbulkan perdebatan yang berlangsung cukup panas di media sosial. Namun tahukan Anda bahwa cendol merupakan kuliner yang cukup familiar di Asia. Adaptasi kuliner yang menyebar secara luas di Asia menjadi salah satu alasan banyaknya jenis-jenis kuliner tradisional yang mirip pada setiap negara, hanya saja dalam komponen atau bentuk yang berbeda.

[Baca Juga: Cicipi Bir Kotjok Asli Bogor, Hangatkan Tapi Tak Memabukkan]

Pada dasarnya, cendol memiliki banyak sekali varian berbeda di setiap negara. Contohnya seperti di Singapura, cendol di kondimen sebagai es campur yang dihidangkan dengan kacang merah. Sedangkan di Indonesia, cendol biasanya dihidangkan dengan nangka sebagai pewangi alami.

Pada dasarnya, minuman cendol terbuat tepung beras atau biasa disebut "Hunkwe" yang dicampur dengan daun pandan dan suji. Campuran ini lah yang memberikan warna hijau terang pada cendol yang biasa Anda lihat. Adonan cendol dicetak dengan bentuk panjang atau lonjong seperti potongan mi dan memiliki tekstur yang sangat lembut. Cendol akan Biasanya, cendol dicampur dengan gula merah, santan dan es batu.

[Baca Juga: Minuman Jahe Merah Tangerang Tembus Pasar Hingga Ke Jepang]

Karena jenis minuman cendol sangat variatif di Asia, bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas cendol yang berbeda-beda. Mulai dari segi bahan, warna hingga cara menghidangkannya.

Read More

Artikel Lainnya

Wow Event Nonton Konser Musik dari Mobil Siap Hadir di Indonesia

Hobi dan Hiburan

Wow! Event Nonton Konser Musik dari Mobil Siap Hadir di Indonesia

26 May 2020, 12:00

Sebentar lagi konsep nonton konser musik unik yang diadaptasi dari kondisi new normal akan segera hadir di Indonesia.

Bridgestone Indonesia Bagikan Bantuan Sembako Selama Pandemi

Bisnis

Bridgestone Indonesia Bagikan Bantuan Sembako Selama Pandemi

26 May 2020, 11:00

Mendukung gerakan Lawan Covid, Brigedstone membantu warga sekitaran fasilitas mereka dengan memberikan bahan kebutuhan pokok.

Tiga Lokasi di Jakarta Utara Ini Jadi Tempat Jaring Pelanggar PSBB

Berita Kawasan

Permprov Wajibkan Surat Izin Keluar-Masuk Khusus Wilayah DKI

26 May 2020, 10:00

Demi meminimalisir Kembali mobilitas masyarakat selama pandemi Covid-19, Pemprov DKI berikan surat izi khusus Keluar-Masuk Wilayah DKI

Tim Indonesia Akan Berlaga di AOV Premier League 2020

Hobi dan Hiburan

Tim Indonesia Akan Berlaga di AOV Premier League 2020

26 May 2020, 09:00

Rencananya akan ada dua tim yang mewakilkan Indonesia dalam kompetisi eSports internasional AOV Premier League 2020.


Comments


Please Login to leave a comment.