Museum Rekor Dunia Indonesia.jpg

Pendidikan

Fakultas Ini Meraih Penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia

Fakultas ini meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Penghargaan dari MURI ini diberikan atas rekor “Webinar dengan Pembicara Guru Besar Terbanyak dari Departemen dan Fakultas yang Sama”.

Fakultas yang meraih penghargaan dari MURI tersebut adalah Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM).

Dekan FKUI Ari Fahrial Syam mengungkapkan kebanggaan atas penghargaan ini. “Departemen Ilmu Kesehatan Anak dengan jumlah Guru Besarnya yang terus meningkat, semakin berprestasi, membanggakan, dan membaktikan diri untuk masyarakat.”

“Dengan jumlah Guru Besar yang besar itu dalam waktu satu bulan Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM bisa menghasilkan webinar dengan ribuan peserta sehingga bisa mendapatkan penghargaan rekor MURI,” lanjut Ari Fahrial Syam.

Webinar itu secara keseluruhan ada 24 topik yang dibagi menjadi lima sesi. Demikian dikutip dari situs Universitas Indonesia pada Selasa (14/12/2021).

akultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo

Sebanyak 25 guru besar dilibatkan untuk mengisi 30 posisi narasumber dan moderator. Rangkaian kegiatan webinar dilaksanakan pada Agustus 2021 dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional dan menyambut HUT ke-76 Republik Indonesia.

Kegiatan yang diselenggarakan Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM ini bertujuan untuk menyebarkan informasi ilmu kesehatan anak secara maksimal dan terpadu sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi kesehatan.

Juga sebagai sarana menciptakan pusat rujukan kesehatan anak dan memberikan informasi lengkap mengenai ilmu kesehatan anak baik baik kepada dokter, tenaga medis lainnya, dan masyarakat.

Ketua Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM Aryono Hendarto menerangkan banyaknya jumlah guru besar di Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM merupakan berkah dan tidak boleh disia-siakan.

“Untuk itu kami di departemen berpikir, apa yang bisa kami kontribusikan untuk FKUI dan masyarakat. Tentu secara individu para guru besar ini sesuai kepakarannya sudah berkontribusi aktif baik untuk FKUI, RSCM, maupun pemangku kepentingan yang lain seperti Kementerian Kesehatan. Namun secara unit kami merasa perlu memfasilitasi para guru besar tersebut dalam bentuk kegiatan seperti ini,” terangnya.

[Baca Juga: Laboratorium FKUI Ditunjuk Sebagai Salah Satu Lab Pemeriksa COVID-19]

Sementara Ketua Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan Departemen Ilmu Kesehatan Anak (PKB IKA) FKUI-RSCM, Sudung O. Pardede menyebutkan kegiatan yang diselenggarakan ini merupakan rangkaian dari kegiatan pendidikan kedokteran berkelanjutan Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM.

“Tujuannya untuk berbagi ilmu kepada para dokter, spesialis, dan masyarakat awam. Totalnya hampir 8000 peserta selama lima seri yang kami lakukan,” tuturnya.

Penghargaan dari MURI ini sudah diserahterimakan perwakilan MURI di Aula Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta pada 29 November 2021.

Penghargaan yang diperoleh ini menambah koleksi rekor MURI bagi FKUI.

FKUI sebelumnya memperoleh penghargaan sebagai Fakultas dengan Penambahan Jumlah Guru Besar Terbanyak pada 2020. Kemudian rekor atas Lomba Tumpeng Pertama dari Rangkaian Alat Kesehatan pada Februari 2021 dan rekor sebagai Fakultas yang Menyumbangkan Narasumber Terbanyak dalam Satu Program Radio pada September 2021.

MURI didirikan pada 27 Januari 1990 oleh kelompok perusahaan Jamu Jago atas prakarsa budayawan dan pengusaha Jaya Suprana. Keberadaan MURI diharapkan mampu menginspirasi putra-putri bangsa untuk menciptakan rekor-rekor dunia.


Read More

Departemen Ilmu Kesehatan Anak

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

+62213148610
None

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.