seminar2.jpg

Pendidikan

Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta Adakan Seminar Nasional Tentang HAM

Isu hak asasi manusia (HAM) memang masih menjadi pembahasan yang pelik. Pasalnya, banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut selalu hangat untuk diperbincangan. Isu pelanggaran HAM ini, tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga negara-negara lain. Namun, dengan semangat kemanusiaan, negara-negara saling bahu membahu untuk menyelesaikan permasalahan hak asasi manusia.

Karena hal tersebut, banyak komunitas yang bergerak dalam isu-isu kemanusiaan dan terorisme turut membantu menyuarakan persoalan-persoalan Hak Asasi Manusia. Salah satunya adalah Indonesian Muslim Crisis Center (IMCC) yang berkantor di Blok Dahu No.15, Jl. Legoso Raya, Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan.

seminar1.jpg

Tidak hanya komunitas, akademisi-akademisi kampus seperti Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta juga turut aktif menyoroti isu-isu hak asasi manusia ini.

Dalam menyuarakan persoalan HAM, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta bekerja sama dengan IMCC, telah melaksanakan seminar nasional pada Selasa, 4 Mei 2021 di Swiss-Bel Hotel Pondok Indah Jakarta Selatan.

Acara tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, Lc. Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, sebagai Keynote Speaker. Dr. Ahmad Tholabi Kharli, Dekan Syariah dan Hukum UIN Jakarta, Irfan R. Hutagalung, Dosen Hubungan Internasional UIN Jakarta, Rafendi Djamin, Aktivis HAM, dan Meutya Hafid, Ketua Komisis I DPR RI. Serta dimoderatori oleh Fathudin Kalimas, Dosen FSH UIN Jakarta

Seminar nasional dengan tema Menyoal Pelanggaran HAM Militer di Afganistan itu dilaksanakan secara daring dan luring dengan 50 peserta langsung dan 78 peserta hadir secara virtual.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Selatan Gelar Kegiatan Peningkatan Kesadaran HAM]

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr. Hj. Amany Burhanuddin Umar Lubis, Lc. Rektor UIN Jakarta, menyampaikan bahwa diperlukan tenaga-tenaga baru untuk membatu persoalan HAM di Afganistan. "Karena orang-orang Afganistan sangat menghargai orang-orang Indonesia," ujarnya dalam siaran YouTube IMCC (8/5/2021).

Selain itu, hubungan bilateral Indonesia dan Afganistan pun cukup baik dalam bidang ekonomi, sosial budaya dan perdamaian. Dengan program women empowerment (pemberdayaan perempuan), Indonesia turut membantu pembangunan ekonomi dan perdamaian di Afganistan.

Oleh karena itu, segala lapisan elemen masyarakat perlu bersama-sama untuk menyuarakan hak asasi manusia dan semangat kemanusiaan, supaya tidak terjadi konflik yang berkepanjangan.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.