FASILITAS KESEHATAN TANPA ANTRE DI PUSKESMAS KELAPA GADING

Kesehatan

Fasilitas Kesehatan Tanpa Antre di Puskesmas Kelapa Gading

Mengapa warga malas berobat ke Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat)? Tentunya bukan karena harga layanannya yang terjangkau, bahkan gratis jika memiliki kartu BPJS (Badan Penyelanggara Jaminan Sosial) Kesehatan. Antrean yang panjang biasanya menjadi alasan warga enggan ke Puskesmas. Keluhan inilah yang membuat Puskesmas Kelapa Gading menyediakan layanan daftar via Short Messages Service (SMS), sehingga warga tidak perlu antre di loket.

Sistem pendaftaran yang diterapkan Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, Jakarta Utara, ini membuat pasien lebih mudah nyaman. Layanan ini berlaku sejak Februari 2015 lalu. Menurut artikel yang dimuat di detik.com, sebelum berkunjung pasien cukup mengirim SMS dengan format Daftar # Poli tujuan # Tanggal berobat # Nama # Nomor rekam medis ke nomor 08111853300.

[Baca Juga : 5 Layanan Andalan RSUD Matraman]

Setelah mengirim SMS, pasien akan menerima nomor antrean. Layanan ini berlaku bagi pasien yang sudah pernah berobat di Puskesmas Kelapa Gading. Keuntungannya layanan ini, pasien bisa mendapat kepastian kapan akan dilayani dan lebih cepat. Pasien yang mendaftar lewat SMS nantinya akan diurutkan berdasarkan kapan waktu pesan dikirim. Pasien yang mengirimkan pesan terlebih dahulu akan mendapat urutan awal dalam antrian di hari ia datang berobat ke Puskesmas. Dalam sehari bisa terdapat sekitar 200-300 pasien yang datang ke Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading.

Menurut situs berita resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta layanan pendaftaran lewat SMS ini baru diterapkan di beberapa tempat saja. Selain di Puskesmas Kelapa Gading, sistem pendaftaran lewat SMS diterapkan juga di Puskesmas Penjaringan dan Puskesmas Cengkareng.

Pengguna BPJS

Di Puskesmas dengan fasilitas kesehatan kelas 1 yang beralamat di Jl. Pelepah Elok Blok HF7, Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading, RT.4/RW.7, Klp. Gading Barat, Klp. Gading, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240 ini, setiap hari ada sekitar 50 pasien pengguna kartu BPJS dan Kartu Jakarta Sehat (KJS).

Pasien pengguna kedua kartu tersebut tak sedikit pun dipungut biaya. Kecuali, bagi pasien yang tidak memiliki atau tidak sesuai rekomendasi awal pembuatan kedua kartu. Terkadang ada pasien yang tidak mengetahui atau lupa dimana Puskesmas yang dirujuk kartu BPJS. Sesuai ketentuan, pasien semacam itu tetap dikenakan biaya administrasi dan pengobatan. Namun, masih bertarif relatif murah.

[Baca Juga : Rujukan BPJS Daring Permudah Layanan di Fasilitas Kesehatan]

Peningkatan Layanan

Di Puskesmas Kelapa Gading, ada beberapa pelayanan, seperti Instalasi Gawat Darurat, Poli Umum, dan Poli Gigi. Layanan Puskesmas sekarang sudah lebih komplit dengan peralatan kesehatan tak kalah dengan rumah sakit.

Selain Puskesmas Kelapa Gading yang meningkatkan layananannya, Puskesmas Kecamatan Kebon Jeruk yang pernah viral di media sosial juga memiliki fasilitas yang baik setelah renovasi. Banyak pasien memuji pelayanan Puskesmas yang kini modern dan rapi. Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta dr. Koesmedi Priharto SpOT, MKes, di situs berita yang sama pernah mengatakan renovasi Puskesmas merupakan salah satu program yang telah direncanakan. Nantinya akan ada 18 Puskemas lagi yang mendapat renovasi di tingkat kecamatan dan kelurahan.

Semua Puskesmas akan disetarakan seperti standar yang baru. Dinas Kesehatan telah membangun 18 Puskesmas di tingkat kecamatan dan kelurahan untuk meningkatkan standar layanan. Peningkatan layanan Puskesmas Kelapa Gading dan Puskesmas lain bertujuan agar masyarakat menjadi lebih percaya dan nyaman untuk datang berobat. Dengan demikian penumpukan pasien yang terjadi di rumah sakit juga dapat berkurang.

Read More

Artikel Lainnya

Dukung Usaha Penanganan COVID-19, Pomelo Cares Diluncurkan

Kecantikan dan Fashion

Dukung Usaha Penanganan COVID-19, Pomelo Cares Diluncurkan

07 April 2020, 15:00

Brand Pomelo telah meluncurkan program khususnya yang ditujukan mendukung usaha penanganan pendemi COVID-19 di tiga negara.

Pastikan Social Distancing, Pemkot Medan Turun Langsung

Berita Kawasan

Pastikan Social Distancing, Pemkot Medan Turun Langsung

07 April 2020, 14:00

Demi memastikan penerapan social distancing, Plt Wali Kota Medan pun turun langsung ke lapangan dan tak segan membubarkan kerumunan warga.

Pemkot Semarang Beri Keringanan Biaya PDAM di Masa Pandemi

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Beri Keringanan Biaya PDAM di Masa Pandemi

07 April 2020, 13:00

Pemkot Semarang meringankan biaya PDAM dan menggratiskan retribusi PKL serta Rusunawa karena lemahnya perekonomian di tengah pandemi COVID-19

Bantu Usaha di Tengah Pendemi, Fit Gourmet Hadirkan 2 Aksi Sosial

Kuliner

Bantu Usaha di Tengah Pendemi, Fit Gourmet Hadirkan 2 Aksi Sosial

07 April 2020, 12:00

Fit Gourmet saat ini tengah mengalihkan fokusnya ke arah aksi sosial yang ditargetkan untuk para driver ojol dan tenaga medis.


Comments


Please Login to leave a comment.