Foto Makara UI.jpg

Kesehatan

Wisma Makara UI, Fasilitas Lokasi Isolasi Mandiri dengan Layanan Pemeriksaan

Wisma Makara yang terletak di antara hutan kota kawasan kampus Universitas Indonesia (UI) Depok ini, menjadi tempat isolasi COVID-19. Dikutip dariwebsite ui.ac.id, Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil mengatakan, “Wisma Makara UI ini merupakan salah satu tempat karantina mandiri yang paling bagus se-JawaBarat, mengingat Wisma Makara ini memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan terhadap pasien dengan gejala klinis.”

Wisma Makara UI terdiri atas empat lantai dan memiliki 67 unit kamar yang setara dengan penginapan bintang tiga. Fasilitas yang tersedia di Wisma Makara UI di ataranya adalah 120 tempat tidur, laundry, kulkas, TV, wifi dan telepon agar mempermudah komunikasi petugas dengan pasien isolasi.

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok .jpg

Selain itu, Wisma Makara terdapat beberapa program yang dapat dinilai mampu meningkatkan imun pasien COVID-19 dalam masa penyembuhan, yaitu wajib berjemur setiap hari dan senam yang dilakukan seminggu tiga kali. Pasien isolasi juga mendapat konsumsi makan tiga kali sehari selama masa isolasi.

Pasien COVID-19 dengan gejala klinis dapat melakukan isolasi selama 10 hari dari tanggal terakhir melakukan swab PCR. Setelah 10 hari isolasi dan sudah tidak mengalami gejala klinis, artinya sudah dinyatakan sembuh dan boleh beraktivitas kembali dengan catatan tetap melakukan protokol kesehatan guna mencegah terinfeksi virus COVID-19 kembali.

[Baca Juga: Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasi OTG di Depok]

Setiap hari, pasien isolasi wajib untuk melakukan tes kesehatan seperti cek suhu, tensi, dan cek saturasi guna untuk melihat perkembangan kondisi setiap harinya. Selain itu, pasien juga diperbolehkan konsultasi dengan dokter mengenai gejala atau keluhan yang dirasa selama isolasi mandiri di Wisma Makara.

Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP) mengatakan, “Jika sudah tidak bergejala seperti batuk, flu, atau pun sesak nafas maka sudah dinyatakan sembuh dan diperbolehkan untuk pulang tanpa harus melakukan tes PCRl agi, sedangkan pasien yang masih mengalami gejala masa isolasi akan ditambah selama tiga hari.”

Foto Makara UI.jpg

Adapun syarat administrasi yang diperlukan untuk rujukan isolasi mandiri di Wisma Makara UI diantaranya adalah hasil test swab, KTP, dan Kartu Keluarga. Jika KTP bukan warga Depok, maka boleh menyertakan surat keterangan domisili Depok yang diminta melalui RT dan RW setempat. Tak usah khawatir biaya isolasi, karena tempat isolasi mandiri Wisma Makara ini sudah dianggarkan dari pemerintah Kota Depok.

Satu kamar terdapat dua kasur, sehingga tidak perlu khawatir akan mendapat kabar bahwa kamar penuh. Lingkungan baik dapat mempengaruhi pasien satu dengan lainnya, sehingga tetap semangat dalam melawan virus COVID-19 ini. “Bersyukur di sini sudah kamarnya enak, dapat makan, lingkungannya bikin semangat, gratis pula. Alhamdulilah,” ucap Desi salah satu pasien isolasi mandiri COVID-19 Makara UI.


Read More

Artikel Lainnya

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

Berita Kawasan

Launching TV Desa, Kota Batu Adakan Lomba Film Pendek

27 September 2021, 22:08

Lomba film pendek yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

BNS 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Potret Pasar Malam yang Dimodernisasi Batu Night Spectacular

27 September 2021, 21:09

Desain-desain modern yang ditemukan di Jatim Park Grup kini bisa ditemukan di berbagai tempat wisata di Kota Batu.

Henju-2

Kecantikan dan Fashion

Henju By Gracy, Aksesori Jogja Sukses Taklukkan Pasar Dunia

27 September 2021, 20:08

Sampai saat ini Henju sudah tersebar di pasar-pasar aksesoris di berbagai negara. Konsumen terbesarnya berasal dari Amerika, Perancis , Inggris dan beberapa negara Eropa.

Penduduk Lansia Pada Masa Pandemi, Antara Meningkatnya Harapan Hidup dan Masuk Dalam Kelompok Rentan

Kesehatan

Lansia Kala Pandemi, Harapan Meningkat tapi Masih Kelompok Rentan

27 September 2021, 19:07

Lansia di Kota Semarang terus bertambah dengan semakin meningkatnya harapan hidup, di sisi lain mereka masuk kelompok rentan. Pelayanan kesehatan pada kelompok lansia pun terus ditingkatkan.


Comments


Please Login to leave a comment.