SERPONG_KESEHATAN_FASILITAS RAWAT INAP PUSKESMAS KECAMATAN DI KOTA TANGERANG_OCI-01.jpg

Kesehatan

Fasilitas Rawat Inap Puskesmas Kecamatan di Kota Tangerang

Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan pertama. Meskipun demikian, bukan berarti fasilitasnya terbatas. Mari kita coba layanan lengkap Puskesmas.

Para pengguna BPJS Kesehatan akan semakin terbantu dengan hadirnya Puskesmas berfasilitas lengkap di tingkat kecamatan dan kelurahan. Bukan hanya puskesmas kecamatan di Kota Tangerang, puskesmas rawat inap sudah ada di kelurahan Manis Jaya dan siap melayani masyarakat sekitarnya.

Puskesmas rawat inap Manis Jaya menjadi rujukan bagi 6 kelurahan di wilayah kecamatan Jatiuwung dengan area kerja meliputi kelurahan Gandasari, Jatake dan Manis Jaya. Seperti dilansir dari situs resmi Pemkot Tangerang, dengan dilengkapi fasilitas gedung 3 lantai, 12 tempat tidur, IGD 24 jam, ambulans, dan mobil puskesmas keliling.

Fasilitasnya yang sudah lengkap dan memadai itu bisa diperoleh masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan secara gratis dengan hanya membawa KTP dan kartu BPJS.

[Baca Juga : Layanan Bersalin 24 Jam di Puskesmas Terdekat]

Pemerintah juga terus mendorong agar puskesmas rawat inap bisa dibangun di tiap kecamatan. Terutama untuk melayani warga kurang mampu. Karena saat ini, puskesmas hanya beroperasi hingga pukul 14.00 WIB. Kalau malam-malam warga sakit bagaimana? Jadi ini untuk mengatasi kalau warga tidak bisa ke rumah sakit. Pemkot Tangerang targetkan pada 2018, puskesmas rawat inap ada di 13 kecamatan di Kota Tangerang.

Diketahui, saat ini Kota Tangerang memiliki 32 Puskesmas dengan satu di antaranya merupakan Puskesmas rawat inap. Sedangkan Puskesmas Pembantu dan Posyandu mencapai 1.061 unit yang tersebar di tiap RW.

Kepala Dinas Bangunan Pemkot Tangerang mengalokasikan anggaran sebesar Rp7 miliar untuk pembangunan puskesmas yang akan dilengkapi fasilitas seperti di rumah sakit, untuk menunjang pengoperasian selama 24 jam. Puskesmas rawat inap lanjutan akan dilaksanakan di Kelurahan Gebang Raya, Kecamatan Periuk dan Kelurahan Peninggilan, Kecamatan Ciledug. Untuk alokasi pembangunan lanjutan tersebut masing-masing sekitar Rp6 miliar. Jadi total ada empat puskesmas rawat inap dibangun.

Dengan semakin banyaknya puskesmas rawat inap maka akan memberikan kemudahan kepada masyarakat karena tak perlu ke RSUD tetapi bisa ditangani secara dini di puskesmas. Adapun lima lokasi puskesmas rawat inap tersebut yakni di Kecamatan Cibodas untuk menjangkau warga di Jatiung dan Periuk. Kemudian di Neglasari untuk menjangkau wilayah Batuceper dan Benda.

Selanjutnya di Kecamatan Karawaci untuk menjangkau warga Kecamatan Tangerang sekaligus juga ada RSUD. Untuk di Kecamatan Larangan yang sudah terbangun, bisa melayani warga dari Ciledug. Kemudian di Karang Tengah untuk menjangkau Cipondoh dan Pinang.

UGD dan Persalinan

Selain layanan rawat inap, layanan Obstetri Neonatologi Emergensi Dasar (PONED), Unit Gawat Darurat (UGD) 24 jam dan persalinan di Puskemas, adalah bentuk komitmen Pemkot Tangerang untuk senantiasa memberikan pelayanan optimal kepada seluruh masyarakat.

Puskesmas rawat inap dan persalinan terdapat di Puskesmas Larangan Utara. Pelayanan Obstetri Neonatologi Esensial Dasar (PONED) yaitu di Puskesmas Gembor dan Cipondoh. Puskesmas rawat inap ini mampu menyelenggarakan pelayanan obstetric dan neonatal emergensi tingkat dasar dalam 24 jam sehari dan tujuh hari dalam seminggu.

Sementara pelayanan Puskesmas Unit Gawat Darurat (UGD) 24 jam di Puskesmas meliputi pelayanan kegawatdaruratan yang bisa ditangani di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Contohnya, kasus kejang demam pada anak, kecelakaan ringan, penanganan penyakit yang sifatnya mendesak dan terjadi secara tiba-tiba.

[Baca Juga :Mengenal Layanan IGD di Rumah Sakit Dekat Cilandak KKO]

Puskesmas persalinan melayani persalinan normal pada kehamilan normal yang telah dinyatakan melalui pemeriksaan Antenatal Care (ANC). Selain itu, Puskesmas persalinan ini juga juga melayani para ibu yang kehamilannya sebelumnya telah diawasi oleh bidan dan dokter.

Dengan motto, "Kami Datang, Kami Layani", Pemkot Tangerang, melalui Dinas Kesehatan, juga mencanangkan layanan Home Care. Layanan ini memungkinkan para petugas kesehatan di seluruh Puskesmas Kota Tangerang mendatangi rumah warga untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Layanan ini berupa edukasi kesehatan maupun pengobatan, sekaligus mengumpulkan data yang berkaitan dengan kesehatan di masing-masing keluarga. Pendataan dilakukan berbasis Information and Technology (IT) yang menggunakan dukungan software khusus, dengan sasaran pendataan yaitu setiap anggota keluarga yang tinggal dalam satu rumah atau setiap kepala keluarga.

Adapun rumah yang sudah dilakukan pendataan diberikan tanda stiker "Kami Datang Kami Layani", sebagai bukti telah dikunjungi dan dilakukan pendataan. Data ini, nantinya akan diolah dan dipergunakan untuk memetakan permasalahan kesehatan serta dapat pula digunakan untuk perbaikan atau penanggulangan terhadap berbagai masalah kesehatan kecamatan di Kota Tangerang.

Read More

Artikel Lainnya

Tidak Hanya untuk Kulit, Kolagen Juga Bermanfaat pada Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Tidak Hanya untuk Kulit, Kolagen Juga Bermanfaat untuk Tubuh

24 August 2019, 16:00  |  7 Views

Kolagen memiliki banyak fungsi penting termasuk pada kulit dan tulang Anda, mengonsumsi kolagen dapat memiliki beragam manfaat kesehatan.

Begini Cara Membuat Deterjen yang Dibuat Sendiri

Properti dan Solusi

Begini Cara Membuat Deterjen yang Dibuat Sendiri

24 August 2019, 15:00  |  8 Views

Mencintai bumi dengan melakukan zero waste atau mengurangi bahan-bahan limbah yang dapat mencemari lingkungan berdampak positif bagi kesehatan manusia dan makhluk hidup sekitarnya.

Cari Bibit Atlet eSports, Ini Mekanisme yang Diterapkan First Warriors

Berita Kawasan

Cari Bibit Atlet eSports, Ini Mekanisme yang Diterapkan First Warriors

24 August 2019, 14:00  |  12 Views

First Warriors telah menetapkan mekanisme serta timeline untuk kompetisi Free Fire guna mencari bibit atlet eSports Indonesia.

Secerah Masa Depan Anda, Wajah Anda Juga Harus Cerah dari Bahan Alami Ini

Kecantikan dan Fashion

Wajah Dapat Secerah Masa Depan dengan Bahan Alami Ini!

24 August 2019, 13:00  |  10 Views

Sering berada di luar rumah bisa menyebabkan kulit wajah cepat kusam karena jarang dibersihkan maupun dirawat dengan baik.


Comments


Please Login to leave a comment.