Sertifikasi Halal Kota Depok.jpg

Bisnis

Fasilitas Sertifikat Halal Memicu Daya Saing Daerah

Berbagai Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota dan lembaga lain di daerah maupun di lembaga negara secara rutin memfasilitasi sertifikat halal bagi para pelaku usaha. Mayoritas yang mendapatkan fasilitas sertifikat halal adalah pengusaha yang bergerak di bidang kuliner.

Sertifikat halal difasilitasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) kepada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Depok seperti dilansir depok.go.id (22/2/2019). Pemberian sertifikat halal untuk 11 pelaku IKM di Kota Depok telah berlangsung pada akhir Januari lalu. Sertifikat halal yang di berikan pada 11 pelaku IKM merupakan realisasi program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan yang bermintra dengan Pemprov Jabar.

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna yang turut hadir dalam pembagian sertifikat halal pada saat itu mengaku mengapresiasi fasilitas yang diberikan kepada pelaku IKM Depok oleh Pemprov Jabar. Dia berharap dengan fasilitas sertifikat halal yang telah diberikan bisa memberikan manfaat dan motivasi bagi para pelaku di IKM. Selain itu, Pradi Supriatna juga berharap khususnya IKM Kuliner untuk terus meningkatkan standardisasi produk sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Kota Depok.

[Baca Juga: Perkembangan Apartemen Syariah di Sekitar Plaza Depok]

Berdasarkan tuturan Pradi, sertifikat halal telah dimiliki 250 IKM dari bidang usaha kuliner dari total 1055 IKM yang berada di Kota Depok.

Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengapresiasi atas difasilitasinya pelaku IKM Depok dalam mendapatkan sertifikat halal. Melalui fasilitas tersebut, diharapkan memberikan manfaat dan memotivasi pelaku IKM. Khususnya IKM kuliner untuk terus meningkatkan standardisasi produk, sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Kota Depok.

Pemprov Kota Depok juga terus berupaya memfasilitasi pelaku IKM memperoleh sertifikat halal melalui APBD Kota Depok. Seperti dikatakan Pradi, dari tahun 2011 sampai 2018 sudah sebanyak 210 IKM yang difasilitasi oleh Pemprov Kota Depok.

[Baca Juga: Ini 2 Coworking Space di Depok untuk Bisnis Startup]

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Provinsi Jawa Barat Arifin Soedjayana yang hadir juga menuturkan, tahun ini pihaknya memfasilitasi sebanyak 300 IKM melalui dana CSR. Ratusan IKM tersebut berasal dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

Arifin juga menambahkan, hingga tahun 2013 sampai 2018 sudah sebanyak 6.545 sertifikat halal yang diberikan kepada pelaku IKM di Jawa Barat, termasuk yang berasal dari dana CSR. Dia berharap dengan fasilitas ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat.

Dengan mayoritas masyarakat muslim, maka perlu ada sertifikasi halal pada produk-produk UMKM dan IKM yang ada di berbagai daerah agar bisa terus meningkatkan promosi produknya. Selain itu, pemberian sertifikat halal tentu berguna agar masyarakat merasa aman bahwa makanan atau minuman yang dikonsumsi sudah memiliki sertifikat halal.

Read More

Artikel Lainnya

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital.jpg

Kesehatan

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital

24 September 2020, 18:28

Dengan tren mengalihkan kegiatan kebugaran dari gym ke rumah di masa pandemi seperti sekarang, R Fitness baru-baru ini meluncurkan kelas digitalnya.

LanggananDisney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

Bisnis

Langganan Disney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

24 September 2020, 16:09

OVO sebagai platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terkemuka berkolaborasi dengan Disney+ Hotstar dan Spotify untuk memberikan kemudahan akses hiburan selama pandemi.

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia.jpg

Hobi dan Hiburan

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia

24 September 2020, 15:06

Usai sukses menggelar konser drive-in, Berlian Entertainment siap kembali menghadirkan konser dengan konsep unik di tengah pandemi COVID-19.

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation.jpg

Pendidikan

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation

24 September 2020, 14:08

Guru Digital dihadirkan Garena, YCAB Foundation dan DJ Alok demi mendorong keterampilan digital generasi muda di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.