Sertifikasi Halal Kota Depok.jpg

Bisnis

Fasilitas Sertifikat Halal Memicu Daya Saing Daerah

Berbagai Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota dan lembaga lain di daerah maupun di lembaga negara secara rutin memfasilitasi sertifikat halal bagi para pelaku usaha. Mayoritas yang mendapatkan fasilitas sertifikat halal adalah pengusaha yang bergerak di bidang kuliner.

Sertifikat halal difasilitasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) kepada pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di Depok seperti dilansir depok.go.id (22/2/2019). Pemberian sertifikat halal untuk 11 pelaku IKM di Kota Depok telah berlangsung pada akhir Januari lalu. Sertifikat halal yang di berikan pada 11 pelaku IKM merupakan realisasi program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan yang bermintra dengan Pemprov Jabar.

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna yang turut hadir dalam pembagian sertifikat halal pada saat itu mengaku mengapresiasi fasilitas yang diberikan kepada pelaku IKM Depok oleh Pemprov Jabar. Dia berharap dengan fasilitas sertifikat halal yang telah diberikan bisa memberikan manfaat dan motivasi bagi para pelaku di IKM. Selain itu, Pradi Supriatna juga berharap khususnya IKM Kuliner untuk terus meningkatkan standardisasi produk sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Kota Depok.

[Baca Juga: Perkembangan Apartemen Syariah di Sekitar Plaza Depok]

Berdasarkan tuturan Pradi, sertifikat halal telah dimiliki 250 IKM dari bidang usaha kuliner dari total 1055 IKM yang berada di Kota Depok.

Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengapresiasi atas difasilitasinya pelaku IKM Depok dalam mendapatkan sertifikat halal. Melalui fasilitas tersebut, diharapkan memberikan manfaat dan memotivasi pelaku IKM. Khususnya IKM kuliner untuk terus meningkatkan standardisasi produk, sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Kota Depok.

Pemprov Kota Depok juga terus berupaya memfasilitasi pelaku IKM memperoleh sertifikat halal melalui APBD Kota Depok. Seperti dikatakan Pradi, dari tahun 2011 sampai 2018 sudah sebanyak 210 IKM yang difasilitasi oleh Pemprov Kota Depok.

[Baca Juga: Ini 2 Coworking Space di Depok untuk Bisnis Startup]

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Provinsi Jawa Barat Arifin Soedjayana yang hadir juga menuturkan, tahun ini pihaknya memfasilitasi sebanyak 300 IKM melalui dana CSR. Ratusan IKM tersebut berasal dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat.

Arifin juga menambahkan, hingga tahun 2013 sampai 2018 sudah sebanyak 6.545 sertifikat halal yang diberikan kepada pelaku IKM di Jawa Barat, termasuk yang berasal dari dana CSR. Dia berharap dengan fasilitas ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat.

Dengan mayoritas masyarakat muslim, maka perlu ada sertifikasi halal pada produk-produk UMKM dan IKM yang ada di berbagai daerah agar bisa terus meningkatkan promosi produknya. Selain itu, pemberian sertifikat halal tentu berguna agar masyarakat merasa aman bahwa makanan atau minuman yang dikonsumsi sudah memiliki sertifikat halal.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.