Fasilitas Umum di BKT Terbuat dari Bahan Kemasan Daur Ulang

Berita Kawasan

Fasilitas Umum di BKT Terbuat dari Bahan Kemasan Daur Ulang

Kemasan pada minuman dan makanan yang beredar dapat didaur ulang. Kemasan minuman dan makanan yang bisa didaur ulang tersebut berasal dari PT Tetra Pak Indonesia sebuah perusahaan pemrosesan makanan dan minuman. Pasalnya, kemasan karton Tetra Pak memiliki lapisan kertas 74 persen, polietilen 21 persen, dan aluminium 5 persen yang keseluruhannya dapat didaur ulang. Proses daur ulang kemasan karton diawali di pabrik kertas untuk memisahkan lapisan kertas dari lapisan polietilen dan aluminium.

Fasilitas Umum di BKT Terbuat dari Bahan Kemasan Daur Ulang

Jadi, lapisan-lapisan yang terurai dapat diolah menjadi produk baru. Seperti yang diterapkan ke berbagai fasilitas umum di sekitar kawasan Jakarta Timur. Inovasi ini muncul pada kegiatan yang dilakukan Tetra Pak dalam sebuah program Tetra Pak Inspiaction: Kemasan Rendah Karbon Daur Ulang. Kegiatan tersebut dijalankan para pengusaha industri makanan dan minuman di Jakarta Timur di area jalur lari, kawasan Banjir Kanal Timur, Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur pada 10 Desember 2019.

[Baca Juga: 6 Jenis Sampah yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mendaur Ulang]

Melansir laman timur.jakarta.go.id (11/12/2109). Dalam rangka untuk menciptakan fasilitas umum yang ramah lingkungan, PT Tetra Pak berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur. Fasilitas umum yang dijalankan di antaranya, 2 perpustakaan baca, 30 bangku taman, dan 5 selter di lokasi tersebut. Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Admnistrasi Jakarta Timur Syofian Thaher mengatakan, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak merusak fasilitas tersebut dan jangan dicorat-coret.

Fasilitas Umum di BKT Terbuat dari Bahan Kemasan Daur Ulang

Sementara itu, Substainability Manager Tetra Pak Reza Andreanto menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan manifestasi dan komitmen dari Tetra Pak, pemerintah, dan brand owner yaitu pemain industri makanan dan minuman lainnya untuk meningkatkan kesadaran konsumen tentang pemilahan kemasan karton bekas minum. Selanjutnya kemasan karton bekas tersebut didaur ulang yang sudah tercipta di kawasan BKT.

[Baca Juga: Sudah Saatnya Anda Pahami Kode Angka 1-7 pada Kemasan Plastik]

Reza juga mengatakan fasilitas ini akan bertahan selama 5 tahun, ia pun berharap fasilitas tersebut tidak dirusak. "Tetra Pak bekerjasama dengan Pemerintah dan brand owner untuk menciptakan perpustakaan, bangku taman, dan shelter yang telah terpasang di kawasan BKT ini semua berbahan daur ulang, dengan tujuan memfasilitasi kawasan BKT ini," ujar Reza.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.