Fasilitasi Pengguna Park and Ride, Transjakarta Adakan Rute Baru

Berita Kawasan

Fasilitasi Pengguna Park and Ride, Transjakarta Adakan Rute Baru

Pengamat memandang kemacetan di Ibu Kota bisa dikurangi jika warga Jakarta atau kota satelit mau untuk meninggalkan kendaraan pribadi mereka dan naik moda transportasi umum. Oleh karena itulah konsep park and ride pun disebut dapat membantu proses peralihan ini. Konsep ini pun tampaknya didukung oleh PT Intiland Development Tbk. dan PT Transjakarta. Pasalnya, baru-baru kedua perusahaan tersebut meresmikan fasilitas Park and Ride South Quarter yang lengkap dengan layanan rute baru Transjakarta.

Sekadar informasi, park and ride merupakan konsep yang di mana pengendara bisa memakirkan kendaraan pribadinya di lokasi yang sudah ditentukan. Kemudian melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan transportasi publik yang tersedia di sana.

Bus Transjakarta.jpg

Rute baru yang disediakan PT Transjakarta di fasilitas Park and Ride South Quarter adalah rute MR9. “MR9 akan mengantarkan pelanggan MRT setiap 10 menit sekali melalui halte South Quarter yang berlokasi di depan lapangan parkir Park And Ride South Quarter,” ucap Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono, sebagaimana dikutip dari transjakarta.co.id (16/8/2019).

[Baca Juga: Tentang Perluasan Ganjil-Genap, Ini Pandangan Pengamat Tata Kota]

Pada momen peresmian Park and Ride South Quarter pada 15 Agustus 2019 itu juga turut hadir Executive Director Business Development PT Intiland Development TBK. Permadi Indra Yoga. Park and Ride South Quarter dapat menampung sekitar 75 mobil dan 30 sepeda motor dengan biaya Rp5.000 untuk mobil sedangkan motor Rp2.000 per harinya.

Sebagaimana dilansir dari ekonomi.bisnis.com (16/8/2019), Permadi menyebut, lokasi park and ride ini memang dibangun untuk para pengguna MRT yang menggunakan mobil dapat memarkirkan kendaraannya di sini dan beralih menggunakan bus pengumpan Transjakarta untuk menuju stasiun MRT Lebak Bulus atau Stasiun MRT Fatmawati.

[Baca Juga: Ahok Pertama Kali Naik MRT Jakarta Bersama Nicholas Purnama]

Direktur Utama PT Transjakarta menuturkan, pihaknya menyediakan sekitar 15 armada minitrans yang mampu menampung 32 penumpang dengan titik pemberangkatannya adalah di Park and Ride South Quarter. “Kami berharap dengan telah dibukanya ruter MR9 ini akan membantu menambah kemudahan masyarakat yang tinggal maupun berkegiatan di kawasan perkantoran South Quarter dan sekitarnya dapat menggunakan layanan MRT dengan mudah, murah, dan nyaman,” tambahnya.

Minitrans di rute baru ini beroperasi setiap hari dari pukul 06.00 – 22.00 WIB pada hari kerja dan pada akhir pekan dari pukul 05.00 – 22.00 WIB. Sedangkan Untuk rutenya sendiri, minitrans MR9 mulai berangkat dari South Quarter - Mayapada Hospital - Haji Jaya 1 – Haji Jaya 2 – area seberang Komplek Koperasi Cilandak – Simpang Lebak Bulus 1 Fatmawati – Kantor Pos Fatmawati – Stasiun MRT Ratmawati – Gang Ampera BMW Astra – Jalan Karimun Jaya – Rumah Sakit Siloam – Point Square – Carrefour Lebak Bulus – Sekolah Bakti Mulya 400 – RA Kartini – Gelanggang TB Simatupang – Beverly Tower – Haji Nawi Jalan Madrasah – Prasetya Mulya – Stasiun MRT Fatmawati dan kembali ke rute awal hingga South Quarter.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.