Fasilitasi Pengguna Park and Ride, Transjakarta Adakan Rute Baru

Berita Kawasan

Fasilitasi Pengguna Park and Ride, Transjakarta Adakan Rute Baru

Pengamat memandang kemacetan di Ibu Kota bisa dikurangi jika warga Jakarta atau kota satelit mau untuk meninggalkan kendaraan pribadi mereka dan naik moda transportasi umum. Oleh karena itulah konsep park and ride pun disebut dapat membantu proses peralihan ini. Konsep ini pun tampaknya didukung oleh PT Intiland Development Tbk. dan PT Transjakarta. Pasalnya, baru-baru kedua perusahaan tersebut meresmikan fasilitas Park and Ride South Quarter yang lengkap dengan layanan rute baru Transjakarta.

Sekadar informasi, park and ride merupakan konsep yang di mana pengendara bisa memakirkan kendaraan pribadinya di lokasi yang sudah ditentukan. Kemudian melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan transportasi publik yang tersedia di sana.

Bus Transjakarta.jpg

Rute baru yang disediakan PT Transjakarta di fasilitas Park and Ride South Quarter adalah rute MR9. “MR9 akan mengantarkan pelanggan MRT setiap 10 menit sekali melalui halte South Quarter yang berlokasi di depan lapangan parkir Park And Ride South Quarter,” ucap Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono, sebagaimana dikutip dari transjakarta.co.id (16/8/2019).

[Baca Juga: Tentang Perluasan Ganjil-Genap, Ini Pandangan Pengamat Tata Kota]

Pada momen peresmian Park and Ride South Quarter pada 15 Agustus 2019 itu juga turut hadir Executive Director Business Development PT Intiland Development TBK. Permadi Indra Yoga. Park and Ride South Quarter dapat menampung sekitar 75 mobil dan 30 sepeda motor dengan biaya Rp5.000 untuk mobil sedangkan motor Rp2.000 per harinya.

Sebagaimana dilansir dari ekonomi.bisnis.com (16/8/2019), Permadi menyebut, lokasi park and ride ini memang dibangun untuk para pengguna MRT yang menggunakan mobil dapat memarkirkan kendaraannya di sini dan beralih menggunakan bus pengumpan Transjakarta untuk menuju stasiun MRT Lebak Bulus atau Stasiun MRT Fatmawati.

[Baca Juga: Ahok Pertama Kali Naik MRT Jakarta Bersama Nicholas Purnama]

Direktur Utama PT Transjakarta menuturkan, pihaknya menyediakan sekitar 15 armada minitrans yang mampu menampung 32 penumpang dengan titik pemberangkatannya adalah di Park and Ride South Quarter. “Kami berharap dengan telah dibukanya ruter MR9 ini akan membantu menambah kemudahan masyarakat yang tinggal maupun berkegiatan di kawasan perkantoran South Quarter dan sekitarnya dapat menggunakan layanan MRT dengan mudah, murah, dan nyaman,” tambahnya.

Minitrans di rute baru ini beroperasi setiap hari dari pukul 06.00 – 22.00 WIB pada hari kerja dan pada akhir pekan dari pukul 05.00 – 22.00 WIB. Sedangkan Untuk rutenya sendiri, minitrans MR9 mulai berangkat dari South Quarter - Mayapada Hospital - Haji Jaya 1 – Haji Jaya 2 – area seberang Komplek Koperasi Cilandak – Simpang Lebak Bulus 1 Fatmawati – Kantor Pos Fatmawati – Stasiun MRT Ratmawati – Gang Ampera BMW Astra – Jalan Karimun Jaya – Rumah Sakit Siloam – Point Square – Carrefour Lebak Bulus – Sekolah Bakti Mulya 400 – RA Kartini – Gelanggang TB Simatupang – Beverly Tower – Haji Nawi Jalan Madrasah – Prasetya Mulya – Stasiun MRT Fatmawati dan kembali ke rute awal hingga South Quarter.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.