Favipiravir, Obat yang Disebut Ampuh Menangani Pasien COVID-19

Kesehatan

Avigan, Obat yang Disebut Ampuh Menangani Pasien COVID-19

Sampai saat ini belum ada vaksin untuk menangani penyakit COVID-19. Namun, China, negara pertama kali ditemukannya SARS-CoV-2 mengakui obat produksi Jepang dapat mengobati gejala-gejala yang timbul akibat infeksi virus tersebut.

Obat itu adalah favipiravir dan Jepang memberinya merek dagang Avigan. Favipiravir disebut China ampuh mengobati gejala COVID-19 seperti pneumonia, batuk, dan demam. Diberitakan Nikkei Asian Review (19/3/2020), setelah mengonsumsi favipiravir, pasien COVID-19 di Wuhan dan Shenzhen berstatus negatif dari infeksi virus dan gejala pneumonia yang dialami mereka berkurang.

Favipiravir, Obat yang Disebut Ampuh Menangani Pasien COVID-19

Untuk gejala demam, percobaan lain di Wuhan membuktikan, bila mereka yang diberi favipiravir tak lagi demam dalam 2,5 hari, waktu yang lebih singkat dibandingkan mereka yang tak mengonsumsi. Batuk pun demikian. Penderita yang mengalami gejala batuk dan diberi favipiravir sembuh lebih cepat 1,4 hari dibandingkan yang tidak. “Sangat aman dan efektif,” tutur Direktur Pusat Nasional Kementerian Sains China Zhang Xinmin.

Xinmin juga menjelaskan bahwa tak ada efek samping yang nyata dari konsumsi obat asal Negeri Matahari Terbit itu.

[Baca Juga: Ilmuwan Dunia Berlomba-lomba Temukan Vaksin COVID-19]

Namun, ada pernyataan yang datang langsung dari negara pembuat favipiravir terkait pemberian obat ini kepada pasien COVID-19.

“Kami sudah memberikan Avigan kepada tujuh sampai delapan puluh orang, dan terlihatnya itu [Avigan] tidak bekerja dengan baik saat virus sudah memperbanyak diri,” terang sumber dari Kementerian Kesehatan Jepang kepada Surat Kabar Nasional Mainichi Shimbun, dikutip The Guardian (19/03/2020).

Sumber tersebut menegaskan bahwa favipiravir tak efektif menyembuhkan gejala pasien yang sudah parah.

Berbeda kiblat dengan China, Korea Selatan dikabarkan belum mengimpor obat ini ke negara mereka. Pertimbangannya adalah pernyataan para ahli penyakit menular terkait belum adanya data yang menjadi bukti kemanjuran obat tersebut.

[Baca Juga: Bisakah Pasien COVID-19 Sembuh Tanpa Bantuan Tenaga Medis?]

Sebagai pengetahuan, favipiravir merupakan obat yang dibuat untuk mengobati flu oleh perusahaan asal Jepang bernama Fujifilm Toyama Chemical. Perusahaan itu telah mengembangkan obat ini sejak 2014 dan Jepang sudah memberikannya kepada pasien COVID-19 sejak Februari lalu. Pada tahun 2016, Jepang juga memberikan obat ini kepada para penderita Ebola di Guinea.

Mengutip Live Science (19/03/2020) kini, perusahaan China bernama Zhejiang Hisun Pharmaceutical sedang memproduksi favipiravir secara serius, tetapi Fujifilm Toyama Chemical yang memproduksi Avigan mengaku tak ikut dalam produksi tersebut. Obat ini disebut telah mendapatkan persetujuan dari Pemerintah China untuk mengobati pasien COVID-19.


Read More

Artikel Lainnya

Ini Cara Maybank Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah di Tanah Ai r.jpg

Bisnis

Ini Cara Maybank Dukung Pengembangan Ekonomi Syariah di Tanah Air

05 October 2022, 16:09

Maybank turut mendukung upaya pemerintah dalam menumbuhkan ekonomi syariah di Indonesia dan ini dilakukan melalui salah satu unit usahanya yang bernama UUS.

Besok! Infinix Indonesia Siap Rilis Produk Flagship Terbarunya.jpg

Hobi dan Hiburan

Besok! Infinix Indonesia Siap Rilis Produk Flagship Terbarunya

05 October 2022, 14:10

Pihak Infinix Indonesia akan merilis produk di segmen premiumnya pada 6 Oktober 2022 dengan konten kreator serta para multitasker yang jadi target pasarnya.

2 Minggu Sekali! Warga Kota Bandung Dapat Layanan KB MKJP Gratis.jpg

Kesehatan

2 Minggu Sekali! Warga Kota Bandung Dapat Layanan KB MKJP Gratis

05 October 2022, 10:41

Bagi Anda warga Kota bandung yang sudah berkeluarga dan mempertimbangkan untuk mengikuti program KB maka bisa memanfaatkan program gratis ini.

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.


Comments


Please Login to leave a comment.