Festival Beduk di Jakarta Selatan Telah Dilaksanakan

Berita Kawasan

Festival Beduk di Jakarta Selatan Telah Dilaksanakan

Festival Beduk merupakan kegiatan yang telah jadi masyarakat Indonesia saat bulan Ramadan tiba. Festival ini dilaksanakan untuk menyemarakan bulan Ramadan dan mengikat silaturahmi antarwarga melalui instrumen musik yang dihasilkan beduk.

Maka dari itu, kegiatan positif ini dilaksanakan oleh berbagai kota yang ada di Indonesia, salah satunya Jakarta Selatan. Festival Beduk 2019 yang dilaksanakan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan dilaksanakan di Halaman Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan (22/5/2019).

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (24/5/2019), festival tersebut dibuka secara langsung oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali, didampingi Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Isnawa Adji, para asisten dan seluruh camat se-Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Tim dari Pulau Harapan Raih Juara di Festival Bedug Kepulauan Seribu]

Dalam sambutannya, Wali Kota mengungkapkan, beduk merupakan instrumen musik tradisional yang telah digunakan masyarakat sejak puluhan tahun, kaitannya juga sangat dekat dengan bulan Ramadan. "Mudah-mudahan festival beduk yang telah kami gelar selama dua tahun terakhir ini terus dapat dikembangkan serta bisa jadi kebanggaan masyarakat Jakarta," kata Marullah.

Marullah melanjutkan, beduk adalah alat perkusi yang kini sudah jarang dikenalkan oleh anak, khususnya kaum milenial yang kurang mengenal alat yang satu ini. Sebab itu, pemerintah merasa bertanggung jawab untuk mengenalkan kembali beduk ke khalayak luas, tentunya upaya ini dilakukan agar tradisi dan instrumen pukul ini tak lekang oleh waktu.

[Baca Juga: Pemkot Jaktim Adakan Cerdas Cermat di Festival Ramadan 1440 H]

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Selatan Imron Yunus menambahkan, Festival Pukul Beduk 2019 diikuti seluruh kecamatan se-Jakarta Selatan. Tujuan dari festival ini, adalah untuk membina mengembangkan dan melestarikan seni budaya islami. Peserta festival terbaik nantinya akan diikutsertakan pada Festival Beduk tingka Provinsi yang akan dilaksanakan pada 29 Mei 2019 mendatang.

"Untuk para peserta, selamat berlomba. Semoga juaranya nanti bisa mewakilkan Jakarta Selatan jadi juara di tingkat Provinsi. Tunjukkan kemampuan, krativitas dan inovasi yang terbaik," ujar Marullah.

[Baca Juga: Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Adakan Festival Kuliner Ramadan]

Setelah dilaksanakannya festival, akhirnya terpilihlah tim dari Kecamatan Pasar Minggu untuk mewakilkan Jakarta Selatan ketingkat provinsi. Pemilihan tim Kecamatan Pasar Minggu ini didasarkan oleh juri yang menilai beberapa aspek, yaitu penampilan, intonasi, serta penutupan penampilan beduk.

Perwakilan Tim Beduk Pasar Minggu Amri Rosyad menyebutkan, jika dirinya dan tim sangat senang karena berhasil meraih Juara I dan mewakili Kota Jakarta Selatan ke tingkat provinsi. “Kita akan terus latihan menuju tingkat Provinsi mendatang,” katanya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.