FW-Puri-Kembangan-Kawasan-Festival-Budaya-Betawi-Digelar-di-Sentra-Primer-Barat-Emil-02.jpg

Berita Kawasan

Festival Budaya Betawi Digelar di Sentra Primer Barat

Pihak Pemerintah Jakarta tampaknya tidak lelah untuk terus berusaha memelihara dan terus mengenalkan budaya Betawi kepada masyarakat umum. Salah satunya terlihat dari langkah Pemerintah Kota Jakarta Barat yang menggelar Festival Budaya Betawi. Acara ini digelar selama dua hari di kawasan Sentra Primer Barat, Jalan Puri Ayu, Kembangan, Jakarta Barat.

Acara ini sejalan dengan Perda Nomor 4 tahun 2015 dan Pergub Nomor 11 tahun 2017 terkait pelestarian budaya Betawi. Festival tersebut dibuka oleh Wakil Walikota Jakarta Barat, Muhammad Zen pada Jumat sore 9 November 2018. Ia pun menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini.

[Baca Juga: Melestarikan Budaya Betawi Lewat Festival Condet]

“Penyelenggaraan event ini untuk mempromosikan budaya asli Jakarta dari aspek kesenian, makanan dan minuman dan sebagainya,” tutur pria yang akrab disapa Pak Zen tersebut, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (10/11/2018).

Festival Budaya Betawi di Kembangan Jakarta Barat

Pada acara ini terdapat bazaar, lomba masak dan panggung pertujukan serta seminar mengenai budaya Betawi. Kegiatan ini juga mengobati rasa rindu warga Jakarta Barat dan sekitarnya dengan pertunjukan lenong, palang pintu, gambang kromo serta manusia petasan.

Selain bertujuan untuk melestarikan, festival ini juga diadakan demi mengembangkan dan memanfaatkan seni budaya Betawi untuk masyarakat umum. Hal itu disampaikan oleh Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jakarta Barat, Linda Enriany. Ia juga memandang bahwa selain melalui gelaran acara seperti ini, budaya Betawi juga dapat dipelihara serta dikembangkan melalui kegiatan dan pelatihan yang diadakan di ruang publik terpadu ramah anak serta sanggar budaya.

[Baca Juga: Nikmatnya Tempat Makan Khas Betawi dekat Rawamangun Jakarta]

Linda menyampaikan bahwa Festival Budaya Betawi juga memiliki peran demi mempromosikan kawasan Sentra Primer Barat sebagai destinasi unggulan di Kota Jakarta Barat. Ia menambahkan, selama 2018 memang ada 10 kegiatan serupa yang diadakan demi mengangkat nama kebudayaan asli Betawi.

Selain Festival Budaya Betawi yang digelar di Sentra Primer Barat ini, acara serupa kerap diadakan di berbagai lokasi di DKI Jakarta. Sebut saja Festival Condet yang diadakan pada akhir Juli 2018 dengan memanfaatkan area seluas 1 kilometer di Jalan Condet Raya untuk mengadakan pesta rakyat. Selain itu ada juga Festival Ondel-Ondel Bintaro Jilid 2 yang diadakan di area Bintaro Sektor 1 pada 26-26 Agustus 2018.

Read More

Artikel Lainnya

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

Bisnis

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

19 February 2020, 21:00

Keluarga teranyar dari C Series dengan julukan Triple Camera, Game Monster akhirnya resmi diluncurkan di pasar Indonesia.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Kamu Kapan

Berita Kawasan

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan?

19 February 2020, 20:00

Revolusi industri 4.0 hampir menyentuh di segala lini. Kemajuan zaman telah menghasilkan disrupsi atau inovasi, sistem lama yang serba fisik pun kini tergantikan sistem baru yang serba digital dan efisien.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Berita Kawasan

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

19 February 2020, 19:00

Ternyata terdapat makna budaya yang kuat di dalam eksistensi dari Kampung Betawi Setu Babakan. Pembangunannya memang ditujukan untuk menguatkan akar budaya Betawi di Jakarta.

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

Berita Kawasan

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

19 February 2020, 18:00

Pemerintah Kota Jakarta Timur akan bangun gedung baru Kantor Kelurahan Kramat Jati. Pemerintah Kota Jakarta Timur sedang mempersiapkan proses lelang.


Comments


Please Login to leave a comment.