FW-Puri-Kembangan-Kawasan-Festival-Budaya-Betawi-Digelar-di-Sentra-Primer-Barat-Emil-02.jpg

Berita Kawasan

Festival Budaya Betawi Digelar di Sentra Primer Barat

Pihak Pemerintah Jakarta tampaknya tidak lelah untuk terus berusaha memelihara dan terus mengenalkan budaya Betawi kepada masyarakat umum. Salah satunya terlihat dari langkah Pemerintah Kota Jakarta Barat yang menggelar Festival Budaya Betawi. Acara ini digelar selama dua hari di kawasan Sentra Primer Barat, Jalan Puri Ayu, Kembangan, Jakarta Barat.

Acara ini sejalan dengan Perda Nomor 4 tahun 2015 dan Pergub Nomor 11 tahun 2017 terkait pelestarian budaya Betawi. Festival tersebut dibuka oleh Wakil Walikota Jakarta Barat, Muhammad Zen pada Jumat sore 9 November 2018. Ia pun menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan ini.

[Baca Juga: Melestarikan Budaya Betawi Lewat Festival Condet]

“Penyelenggaraan event ini untuk mempromosikan budaya asli Jakarta dari aspek kesenian, makanan dan minuman dan sebagainya,” tutur pria yang akrab disapa Pak Zen tersebut, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id (10/11/2018).

Festival Budaya Betawi di Kembangan Jakarta Barat

Pada acara ini terdapat bazaar, lomba masak dan panggung pertujukan serta seminar mengenai budaya Betawi. Kegiatan ini juga mengobati rasa rindu warga Jakarta Barat dan sekitarnya dengan pertunjukan lenong, palang pintu, gambang kromo serta manusia petasan.

Selain bertujuan untuk melestarikan, festival ini juga diadakan demi mengembangkan dan memanfaatkan seni budaya Betawi untuk masyarakat umum. Hal itu disampaikan oleh Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jakarta Barat, Linda Enriany. Ia juga memandang bahwa selain melalui gelaran acara seperti ini, budaya Betawi juga dapat dipelihara serta dikembangkan melalui kegiatan dan pelatihan yang diadakan di ruang publik terpadu ramah anak serta sanggar budaya.

[Baca Juga: Nikmatnya Tempat Makan Khas Betawi dekat Rawamangun Jakarta]

Linda menyampaikan bahwa Festival Budaya Betawi juga memiliki peran demi mempromosikan kawasan Sentra Primer Barat sebagai destinasi unggulan di Kota Jakarta Barat. Ia menambahkan, selama 2018 memang ada 10 kegiatan serupa yang diadakan demi mengangkat nama kebudayaan asli Betawi.

Selain Festival Budaya Betawi yang digelar di Sentra Primer Barat ini, acara serupa kerap diadakan di berbagai lokasi di DKI Jakarta. Sebut saja Festival Condet yang diadakan pada akhir Juli 2018 dengan memanfaatkan area seluas 1 kilometer di Jalan Condet Raya untuk mengadakan pesta rakyat. Selain itu ada juga Festival Ondel-Ondel Bintaro Jilid 2 yang diadakan di area Bintaro Sektor 1 pada 26-26 Agustus 2018.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.