Festival Ciliwung 3, Upaya Kembalikan Fungsi Sungai.jpg

Berita Kawasan

Festival Ciliwung 3, Upaya Kembalikan Fungsi Sungai

Sejak Tahun 2018, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan rutin menggelar event yang diadakan demi terus mendekatkan diri masyarakat di wilayahnya dengan Sungai Ciliwung melalui kegiatan bernama Festival Ciliwung. Pada tahun ini, festival ini memasuki usianya yang ketiga ini kembali digelar Pemkot Jakarta Selatan. Tapi berbeda dengan festival sebelumnya, event bertajuk Festival Ciliwung 3 atau FC 3 ini lebih berfokus demi mengembalikan fungsi alami dari Sungai Ciliwung.

Festival Ciliwung 3 digelar pada 9-10 November 2021 dengan lima titik lokas pelaksanaan yang dimulai dari kawasan Srengseng Sawah Jakarta Selatan sampai Condet Jakarta Timur. Bagi Pemkot Jakarta Selatan, mereka ingin kegiatan ini memang dapat produktif agar bisa mendorong Sungai Ciliwung seperti sediakala contohnya adalah sungai yang berisi ikan-ikan sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat.

Festival Ciliwung 3, Upaya Kembalikan Fungsi Sung ai.jpg

Upaya pengembalian fungsi itu terlihat dalam pembukaan Festival Ciliwung 3 dengan menebarkan benih-benih ikan. “Untuk itu dalam kegiatan ini dilakukan penebaran 1.000 benih ikan nila dan penanaman pohon produktif yang bermanfaat buat warga,” ungkap Camat Jagakarsa Alamsyah, sebagaimana dikutip dari Selatan.Jakarta.go.id (9/11/2021).

Dari sisi pihak penyelenggara FC3, mereka masih memegang teguh tujuan utama digelarnya kegiatan ini untuk mengakrabkan masyarakat, khususnya yang tinggal dekat Sungai Ciliwung, terhadap sungai mereka. Tentu saja ini sesuai dengan pepatah ‘tak kenal maka tak sayang’, melalui FC3 terdapat harapan masyarakat dapat melindungi dan menjaga keberadaan Sungai Ciliwung untuk mengejar target menjadikan sungai ini sebagai lokasi wisata ke depannya.

[Baca Juga: Forum Pemuda Beji Berhasil Pungut 270 Kilo Sampah Kali Ciliwung]

“Kegiatan kali ini berfokus pada kesadaran masyarakat terhadap kondisi sungai sekitarnya. FC3 bertujuan membangun semangat warga dalam melindungi sungai secara utuh, serta mengangkat geliat ekonomi rakyat di sepanjang bantaran sungai. Pelestarian sumber air dan ekosistem Sungai Ciliwung kemudian dapat diteruskan secara bersama, agar tercapainya wilayah ini sebagai destinasi wisata baru DKI Jakarta,” sebut Wakil Ketua II Festival Ciliwung 3 Rizki.

Dalam mengejar target itu, pihak penyelenggara FC3 juga berisi beragam kegiatan yang bisa menarik perhatian masyarakat. Dari mulai pengajian budaya tasawuf sungai, pemutaran film, pertunjukan kesenian Betawi, memanah, hingga menyusuri sungai melalui kegiatan Arung Ciliwung.


Read More

Artikel Lainnya

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Wow! Westlife Siapkan Konser Tambahan di Surabaya dan Sentul pada September 2022

04 July 2022, 13:33

Setelah pengumuman tiket konser Westlife The Wild Dreams Tour di 11 Februari 2023 ludes terjual, ternyata boyband asal Irlandia itu akan menggelar konser tambahan lebih cepat di Indonesia pada tahun ini!

asuransi_anak_1.jpg

Kesehatan

Begini Langkah Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik Untuk Anak

04 July 2022, 13:00

Para orang tua tentu akan merasa lebih tenang jika buah hati kesayangannya telah memiliki proteksi kesehatan sejak dini.

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini.jpg

Pendidikan

Dear Orangtua, Pendaftaran PPDB SD Kota Depok 2022 Mulai Hari Ini

04 July 2022, 10:32

Bagi Anda yang memiliki buah hati yang memasuki usia sekolah SD maka persiapkan segala dokumen yang dibutuhkan mulai hari ini untuk pendaftaran PPDB.


Comments


Please Login to leave a comment.