Festival Cisadane Jadi Sarana Pendidikan Warga Tangerang Tentang Sampah

Berita Kawasan

Festival Cisadane, Sarana Pendidikan Warga Tangerang Tentang Sampah

Kemeriahan Festival Cisadane 2019 juga tidak lepas dengan berbagai kegiatan yang menarik dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang. Salah satu program menarik adalah sedekah sampah untuk pendidikan. Bagi pengunjung yang datang di stan DLH, terdapat rangkaian acara menarik, seperti lomba selfie, penampilan komunitas reptil, komunitas pendaki, komunitas pecinta lingkungan sampai dengan sedekah sampah untuk pendidikan.

Melansir laman tangerangkota.go.id (30/07/2019). Kabid Kebersihan DLH Buceu Gartina mengatakan, sedekah sampah yang sudah terkumpul akan disumbangkan untuk masyarakat yang membutuhkan atau anak putus sekolah melalui Baznas Kota Tangerang.

Festival Cisadane Jadi Sarana Pendidikan Warga Tangerang Tentang Sampah

Selain itu, para pengunjung yang datang ke stan DLH juga dapat menukar 20 sampah botol plastik ukuran 600 ml, 20 kantong plastik atau dua kilogram kardus dengan mendapatkan barang berupa satu tumbler atau satu merchandise menarik lainnya. "Bisa disedekahkan atau pun ditukarkan dengan tumbler, dan lainnya," ucap Gartina.

Tidak hanya dapat menukar sampah plastik, pengunjung juga dapat menukarkan sampah anorganiknya dengan sembako atau pun makanan ringan. Kegiatan ini juga bekerjasama dengan Baznas melalui program Zmart. "Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak masyarakat memilah sampah dari rumah, terutama sampah anorganik yang memiliki nilai ekonomis jika dikelola dengan baik," ujarnya.

[Baca Juga: Masyarakat Tangerang Selatan Peduli Sampah Dengan Sistem 3R]

Gartina mengakui kehadiran stan DLH di Festival Cisadane menjadi sarana edukasi pentingnya menjaga lingkungan bagi masyarakat. Salah satunya dengan melakukan pemilahan sampah. "Kami sediakan drop box khusus botol plastik, drop box barang elektronik bekas dan edukasi kebersihan lainnya," urainya.

Sementara itu, Sekretaris DLH, Agus Henra Fitrahiyana menjelaskan, telah menyiapkan 30 unit tong sampah sebesar 660 liter, 140 unit tong sampah 100 liter dan drop box anorganik 30 unit. "Ada dua jenis drop box di Festival Cisadane, drop box hitam dan kuning khusus sampah anorganik" jelasnya.

[Baca Juga: Pemkot Tangerang Hadirkan Jembatan Apung di Festival Cisadane 2019]

Untuk diketahui, guna memberikan kenyamanan bagi pengunjung Festival Cisadane 2019, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) siapkan media dan pasukan kebersihan. Pasukan kebersihan yang disiapkan sebanyak 70 orang, mulai pukul 06.00-23.00 WIB untuk menyisir area Festival Cisadane.

Harapannya, pengunjung tidak lagi membuang sampah sembarangan. Masyarakat akan diedukasi terus mengenai pentingnya menjaga kebersihan dan memilah sampah dalam tiap kesempatan yang ada. "Ayo kita selalu budayakan membuang sampah pada tempatnya dan peduli pada lingkungan," tambah Agus Henra.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.