Festival di Pasar Pagi Mangga Dua Puaskan Pecinta Durian

Kuliner

Festival di Pasar Pagi Mangga Dua Puaskan Pecinta Durian

Area lobby utama outdoor Pasar Pagi Mangga Dua yang biasanya digunakan lalu-lalang kendaraan untuk menurunkan para calon konsumen selama dua minggu diubah fungsinya. Area tersebut pada 2-14 April 2019 mendadak dipenuhi tenda-tenda beserta meja dengan aroma durian yang menyengat. Tentu saja ini dikarenakan oleh gelaran Festival Durian yang menawarkan bermacam-macam olahan serta buah berduri tersebut yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Festival Durian digelar atas kerjasama antara EO Republik Durian dengan pihak manajemen Pasar Pagi Mangga Dua, Jakarta Utara. Acara yang diadakan selama dua pekan ini merupakan kali keenamnya Republik Durian menyelenggarakannya di wilayah Jabodetabek pada tahun 2019. Pada awalnya diadakan di CBD Cileduk kemudian dilanjutkan ke Pesona Square Depok, Transmart Cilandak, Blok M Square, Pluit Village, dan Pasar Pagi Mangga Dua secara berurutan.

[Baca Juga: Wisata Belanja Seru di Pasar Pagi Mangga Dua]

Festival di Pasar Pagi Mangga Dua Puaskan Pecinta Durian

“Sesuai dengan nama kita, Republik Durian, kita mengadakan acara kuliner Festival Durian serta beberapa lomba. Kita setiap event selalu mengadakan lomba, kayak pekan lalu, kita ngadain lomba pilih durian. Sedangkan untuk hari ini (13/4/2019) kita mengadakan lomba makan durian, kita mencari yang tercepat,” ucap perwakilan dari Republik Durian Jemmy Purnawan kepada PingPoint.co.id di Pasar Pagi Mangga Dua (13/4/2019).

Menariknya adalah lomba ini sebenarnya masuk ke dalam kategori ‘tantangan durian’. Di mana para peserta tidak mengetahui jenis durian apa yang mereka makan saat lomba dan tidak selalu manis. Tapi Jemmy menegaskan, durian yang disajikan kepada peserta masuk kategori layak makan jadi tidak ada buah yang busuk atau masih muda.

[Baca Juga: Mengintip Toko Game Ternama di ITC Mangga Dua (Bagian I)]

Selain lomba, tentu saja yang menjadi daya tarik utama dari acara ini adalah kehadiran durian-durian yang dijajakan di tenda venue Festival Durian. Para pengunjung bisa melihat beragam durian yang mereka inginkan serta berdialog dengan para pedagang terkait jenis-jenis buah berduri itu yang dijual di sana.

Festival di Pasar Pagi Mangga Dua Puaskan Pecinta Durian

“Semuanya durian lokal, kita tidak ada durian impor. Monthong juga ada tapi lokal. (Karena) kita berdayakan buah-buah lokal. Namun karena ini masuk April, banyak jenis-jenis durian yang mulai langka jadi pas ada monthong, pasti langsung habis. Kebanyakan durian yang kita bawa saat ini dari Sumatera dan Jawa,” jelasnya.

[Baca Juga: Inilah Aplikasi Penjual Sayur dan Buah Segar Secara Online]

Mengingat saat PingPoint.co.id datang ke Pasar Pagi Mangga Dua, gelaran Festival Durian telah masuk ke akhir sehingga hampir sekira 90 persen durian telah habis. Hanya tinggal tersisa beberapa penjual saja yang masih memiliki stok. Namun Jemmy mengatakan bahwa saat masih awal, durian yang ditawarkan di sini memiliki kisaran harga dari Rp60.000 per kilogram sampai Rp400.000 per buahnya.

Pihak Republik Durian menyatakan, mereka ingin segera kembali mengadakan acara serupa di area lainnya di Jabodetabek. Namun, mereka harus menunggu ketika stok durian dari berbagai wilayah Indonesia kembali bagus dan siap dinikmati publik. “Target kita di bulan Juli-Agustus-September, biasanya mulai ada (durian) lagi,” pungkasnya.

Read More

Artikel Lainnya

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

Properti dan Solusi

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

30 September 2020, 16:07

Memilih palet warna monokromatik berarti berkomitmen pada satu warna, tentu saja, tetapi penggemar warna sejati tidak akan menghindar tantangan itu.

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik Ini 3 Tendensi Penentunya

Kesehatan

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik? Ini 3 Tendensi Penentunya

30 September 2020, 15:03

Mengartikan tingkat narsistik "normal" itu rumit, tetapi tiga tendensi penentu berikut dapat lebih memperjelas apa masalah yang Anda hadapi.

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam .jpg

Bisnis

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam

30 September 2020, 14:02

Pepen baru-baru ini mengumpulkan semua pengusaha kafe hingga hiburan malam demi mencegah keadaan seperti di Kafe Broker Galaxy Bekasi kembali terjadi.

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok .jpg

Berita Kawasan

Bodebek Zona Merah, Ridwan Kamil Turun Langsung untuk Ngantor di Depok

30 September 2020, 13:05

Mulai pekan depan Gubernur Jawa Barat akan berkantor di Kota Depok untuk langsung mengawasi penangangan COVID-19 di wilayah Bodebek.


Comments


Please Login to leave a comment.