Kampung Ondel-ondel, Kampung Para Perajin Ondel-ondel

Berita Kawasan

Festival Kampoeng Kemayoran Dijadwalkan Digelar pada Akhir Februari

Yayasan Budaya Kampoeng Kemayoran pada 29 Januari 2020 melakukan kunjungan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat serta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta. Dalam kunjungan ini, pihak yayasan membahas mengenai rencana mereka untuk mengelar festival kebudayaan di kawasan Kemayoran. Di mana kegiatan ini digelar bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-204 Kemayoran dan akan berlangsung selama satu minggu.

Menurut Ketua Yayasan Budaya Kampoeng Kemayoran Ahmad Suep di depan Pemkot Jakarta Pusat, kegiatan yang Bertajuk Mengembalikan Budaya yang Hilang ini akan dilengkapi dengan hal-hal yang berhubungan dengan budaya adat Betawi. Dari mulai penampilan tarian serta mainan tradisional khas Betawi, hingga kegiatan yang melibatkan pengunjung seperti cara membatik ala Betawi dan cara membuat ondel-ondel.

Festival Kampoeng Kemayoran Dijadwalkan Digelar pada Akhir Februari 2020

Ahmad melanjutkan, jika sesuai rencana maka tokoh-tokoh penting juga akan diundang untuk menghadiri Festival Kampoeng Kemayoran yang akan digelar pada 22 Februari hingga 29 Februari 2020 itu. Dengan lokasi kegiatannya di area bekas terminal kedatangan Bandara Kemayoran.

“Direncanakan akan dihadiri DKI 1 Anies Baswedan, tokoh budaya Betawi Rano Karno, Dedi Mizwar, dan tokoh-tokoh lainnya,” ucapnya di Ruang Rapat Wali Kota Jakarta Pusat, sebagaimana dikutip dari pusat.jakarta.go.id (29/1/2020).

[Baca Juga: Parade Ondel-ondel Jadi Perhatian Para Pengunjung Kawasan Kota Tua]

Dari pihak Pemkot Jakarta Pusat sendiri sangat mendukung dengan rencana digelarnya Festival Kampoeng Kemayoran. Menurut Sekretaris Kota Pemerintah Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin, kegiatan ini merupakan langkah yang baik dalam menjaga kelestarian budaya Betawi.

Festival Kampoeng Kemayoran Dijadwalkan Digelar pada Akhir Februari 2020

Di DPRD DKI Jakarta, Yayasan Budaya Kampoeng Kemayoran Suhadi bertemu dengan pihak Komisi E dan membahas rencana kegiatan Festival Kampoeng Kemayoran. Menurut Suhadi, kunjungan ini penting guna mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Selain kepada DPRD, Suhadi juga menjelaskan, telah menyampaikan rencana pihaknya untuk menggelar festival ini kepada Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta.

[Baca Juga: Kampung Ondel-ondel, Kampung Para Perajin Ondel-ondel]

Dari sisi Komisi E DPRD DKI Jakarta sendiri memberikan “lampu hijau” dengan Festival Kampoeng Kemayoran, apalagi sesuai tajuknya, kegiatan ini memang untuk melestarikan kebudayaan Betawi. Namun, selain kepada pihak Pemkot Jakarta Pusat dan Pemprov DKI Jakarta, kegiatan ini juga disebut harus mendapatkan izin dari pemerintah pusat.

“Hal ini menjadi salah satu perhatian serius kami. Terkait pengelolaan kawasan Kemayoran akan dikomunikasikan dengan dinas terkait serta pemerintah pusat, karena sebagian kewenangannya ada di pemerintah pusat,” tambah Ketua Komisi E DPRD DKI Jakarta Imam Satria, sebagaimana dilansir dari beritajakarta.id (29/1/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 2 years, 8 months lalu
    Natasya88

    Banyak orang yang telah ambil Hadiah Angpao 5% Hingga meraih puluhan juta rupiah hanya dengan bermain game di dupa88,net sekarang saatnya giliran kamu untuk seperti mereka kunjungi situsnya dan bergabunglah sekarang juga (tinggal klik tulisan "Click Disini" <ahref="https://dupa88.co/promotion" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>