Festival Kota LamaOK.jpg

Hobi dan Hiburan

Festival Kota Lama Semarang 2021, Upaya Bangkitkan Pariwisata

Hingga tahun ini, Festival Kota Lama Semarang telah diselenggarakan selama 10 tahun. Pada tahun 2021, tema yang diusung dalam Festival Kota Lama Semarang adalah “Living Heritage in Harmony”. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang hadir dalam opening ceremony pada 17 September 2021 lalu berharap jika acara yang dilaksanakan setiap tahunnya ini akan menjadi kalender event nasional bahkan bisa masuk event internasional.

“Apalagi ini sudah penyelenggaraan yang ke-10, artinya festival ini sudah berusia 10 tahun. Capaiannya seberapa? Teman-teman yang bisa mengukur itu. Saya sering berangan-angan kota lama ini punya satu kalender event yang dinanti minimal oleh teman-teman berbagai daerah di seluruh tanah air. Syukur-syukur bisa masuk dalam kalender event internasional,” harap Ganjar dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (17/9/2021).

Opening ceremony Festival Kota Lama dilakukan secara daring dan luring pada 16/9/2021 lalu bertempat di Gedung Marabunta dan disiarkan melalui channel YouTube Semarang Pemkot dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Dihadiri oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia raya oleh Surya Vocalia dan iringan musik dari Surya Vista Orchestra.

Festival Kota LamaOK3.jpg

Dalam sambutannya, Hendi sapaan akrab Wali kota Semarang mengatakan jika kawasan cagar budaya kota Semarang khususnya Kota Lama telah ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya peringkat Nasional sesuai dengan keputusan menteri pendidikan dan kebudayaan tahun 2020 lalu. Ia pun mengungkapkan bahwa saat ini terdapat lima kelurahan di kota Semarang yang menjadi kawasan cagar budaya dengan luas total 70.07 hektare antara lain Bandarharjo, Tanjung Mas, Rejo Mulyo, Kemijen dan Purwodinata.

Acara Festival Kota Lama Semarang yang juga menampilkan Tarian Pesona Jawa Tengah oleh Tirang Community hingga lagu-lagu daerah dan nasional ini memang bertujuan untuk mengajak masyarakat mengenang dan melestarikan budaya kota Semarang. Terkait dengan kondisi saat ini, event ini diharapkan dapat menghidupkan kembali geliat sektor pariwisata. “Festival Kota Lama Semarang 2021 menjadi ikhtiar kita bersama terutama untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata pascapandemi COVID-19,” ujar Hendi.

Ganjar Pranowo dalam dialog yang digelar oleh Direktorat Informasi dan Komunikasi Publik, Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik pada Rabu 15 September 2021 lalu mengatakan jika sasaran utama revitalisasi Kota Lama adalah anak muda, maka akan sangat menarik jika hal tersebut dilakukan melalui digitalisasi. Selain menjadi sarana pengenalan sejarah, cara ini juga bisa menjadi sarana mensosialisasikan nilai-nilai pancasila kepada generasi muda.

Festival Kota LamaOK2.jpg

Setali tiga uang dengan orang nomor satu di Jawa Tengah, Profesor Haryono selaku Wakil Ketua Badan Pembinaan Ideologi Pancasila berharap dengan adanya digitalisali dalam Festival Kota Lama Semarang yang digelar dari tanggal 16-26 September 2021 ini dapat menjadi langkah untuk lebih mencintai tanah air dalam bentuk edukasi yang kreatif dan inspiratif. ''Konsep-konsep edukasi yang lebih kreatif dan inspiratif termasuk memanfaatkan situs Kota lama Semarang, menjadi sangat dibutuhkan,'' ungkap sang Profesor.

Jika pointers ingin mencari tahu informasi tentang Festival Kota Lama Semarang, kalian bisa mengaksesnya di beberapa platform media sosial antara lain Instagram @fklsemarang2021, Twitter @fklsemarang, YouTube Festival Kota Lama 2021. Berikut Agenda Festival Kota Lama Semarang tahun 2021 yang bisa kalian ikuti secara daring ataupun luring.

  • 16 September 2021 / Opening Ceremony/ 19.00 WIB - 20.30 WIB
  • 17 september 2021 / Sarasehan Kota Semarang Lama/ Pagi (08.45 WIB-11.00 WIB), Siang (13.45 WIB-16.00 WIB).
  • 18-19 September 2021 / Festival Inovasi UMKM/ Gedung Soesmans/ 10.00 WIB- 20.00 WIB
  • 18-26 September 2021 / IKM Expo/ Gedung Industri Kreatif/ 10.00 WIB-18.00 WIB
  • 23 September 2021 / Webinar Festival Kota Lama dalam Semangat Kebangsaaan/ 09.00 WIB-13.00 WIB
  • 25 September 2021 / Tur Virtual/ 15.30 WIB – Selesai

Read More

Artikel Lainnya

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.

Bogor Street Festival CGM 2023 Lebih Meriah, Jangan Sampai Ketinggalan

Berita Kawasan

Bogor Street Festival CGM 2023 Lebih Meriah, Jangan Sampai Ketinggalan!

01 February 2023, 13:56

Bogor Street Festival Cap Go Meh yang akan digelar pada 5 Februari mendatang, selain memberikan keberkahan dalam hal ekonomi, juga menjadi simbol kebersamaan dan persatuan.

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.


Comments


Please Login to leave a comment.