Festival Kuliner Serpong 2018 Hadirkan Nuansa Kalimantan

Kuliner

Festival Kuliner Serpong 2018 Hadirkan Nuansa Kalimantan

Festival Kuliner Serpong (FKS) hadir pada 16 Agustus hingga 16 September 2018 di area parkir selatan Summarecon Mall Serpong (SMS) dengan menghadirkan kuliner khas Kalimantan, antara lain Nasi Campur & Nasi Kari Asan 333, Bakso Ikan Telur Asin AHAN, Bubur Ikan Aweng, Aming Coffee, Bubur Pedas Sambas by Sang Tasa, Soto Banjarmasin & Sate Tulang Borneo, dan Rujak Idola Singkawang.

Dengan tema Semangat Makanan Nasional Indonesia, festival ini menampilkan dekorasi khas pesona bumi Borneo. Pengunjung akan merasa seakan berada di Tanah Kalimantan. Dekorasi berupa ukiran, corak pakaian adat, perisai atau tameng khas Kalimantan menghiasi area festival. Seperti dikutip dari situs resmi SMS (07/09/2018), suasana FKS tentunya semakin semarak dengan adanya penampilan spektakuler tarian adat dan alunan musik Sape sebagai alat musik khas Kalimantan, serta aksi panggung band papan atas Radja dan Element yang dipersembahkan spesial untuk Anda.

Event ini menjadi salah satu aksi nyata Summarecon dalam mendukung pelestarian kebudayaan nasional.Setelah sukses mengusung tema budaya Jawa Barat di tahun sebelumnya, FKS kali ini akan kembali membuat Anda terpukau dengan menghadirkan nuansa Kalimantan di area parkir selatan Summarecon Mall Serpong.

Kawasan terpadu Summarecon Serpong senantiasa memberikan fasilitas terbaik dan pembangunan berkelanjutan dalam mendukung aktivitas sehari-hari masyarakatnya. Salah satu fasilitasnya yaitu pusat perbelanjaan Summarecon Mal Serpong yang selain memberikan pengalaman kenyamanan berbelanja, juga secara konsisten menyuguhkan hiburan untuk Anda melalui Festival Kuliner Serpong (FKS) yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya.

Event ini menjadi salah satu aksi nyata Summarecon dalam mendukung pelestarian kebudayaan nasional. Setelah sukses mengusung tema budaya Jawa Barat di tahun sebelumnya, FKS kali ini akan kembali membuat Anda terpukau dengan menghadirkan nuansa Kalimantan di area parkir selatan Summarecon Mall Serpong.

Makanan Khas Kalimantan

Berikut beberapa khas Kalimantan yang patut untuk Anda coba saat datang ke FKS.

  • Nasi Campur Asan 333

Nasi campur khas Pontianak dengan kuah kentalnya. Makanan ini termasuk salah satu sajian kuliner khas Kalimantan Barat, Kota Pontianak. Sebutan dialek lokal Pontianak (tiociu) untuk menu ini adalah “koi peng” yang secara harafiah artinya nasi ayam. Nasi campur ini selalu menjadi pilihan banyak orang ketika perut keroncongan terutama untuk acara makan siang. Di dalam sebuah porsi Nasi Campur Kalimantan bisa ditemukan, sosis babi (lapcong), ayam kecap, babi kecap, telur kecap, babi panggang, babi merah, acar mentimun, sayur asin, dan sebagainya.

  • Bakso Ikan Telur Asin AHAN

Tempat ini menyediakan bakso ikan dan menu khas Pontianak, mulai dari yong tahu, yong fuka, hingga bubur ikan. Khusus untuk bakso ikan tersedia pilihan polos dan campuran. Pada pilihan campuran, bakso ikan disajikan bersama bakso ikan isi telur asin, yong fuka, dan yong tahu. Agar makin enak, kuah bakso ikan bisa ditambahkan kecap asin. Buat juga saus cocolan bakso ikan menggunakan cabai hijau dan perasan jeruk nipis.

  • Bubur Ikan Aweng

Berasal dari Pontianak, hidangan bubur ikan ini terbuat dari campuran bubur nasi, sayuran segar, potongan daging ikan, dan telur. Perpaduan lembutnya daging ikan dan kaldu nan gurih menjadikannya kombinasi yang sangat pas untuk disantap saat sore ataupun malam hari.

  • Sate Kuah Pontianak

Bila biasanya hidangan sate disiram menggunakan saus kacang nan kental, berbeda halnya dengan sajian sate kuah. Ya, sate khas Pontianak ini justru menggunakan tambahan kuah gulai sebagai saus pelengkapnya. Kuah kaldu tersebut terbuat dari aneka rempah seperti ketumbar, merica, kunyit, kapulaga, pekak, jintan, dan bunga lawang.

Sedangkan, untuk sajian dagingnya menggunakan daging sapi atau kambing yang sudah dibumbui terlebih dahulu hingga meresap sempurna.

  • Rujak Singkawang

Bisa dibilang, makanan yang satu ini merupakan hidangan idola masyarakat Singkawang. Kios yang menjajakan rujak dengan campuran ebi ini lebih dikenal dengan nama ‘Thai Pu Ji’, yang memiliki arti Aci Gendut. Nama tersebut melekat karena sang pemilik, A Kian, memiliki tubuh yang gempal. Keistimewaan dalam sajian rujak legendaris Singkawang terletak pada saus rujak yang dicampur dengan ebi serta kacang tanah nan melimpah. Tak cuma itu, taburan emping juga ditambahkan untuk menciptakan tekstur renyah saat disantap. Menu segar ini cocok seklai disantap saat mengunjungi FKS di Summarecon Mall Serpong.

Read More

Artikel Lainnya

GOJEK, #MenangkanIndonesia Untuk Dukung Atlet SEA Games 2019

Bisnis

GOJEK, #MenangkanIndonesia Untuk Dukung Atlet SEA Games 2019

20 November 2019, 20:00

Gojek, mengajak masyarakat Indonesia mendukung putra-putri kebanggaan tanah air yang berlaga di SEA Games 2019, melalui kampanye #MenangIndonesia.

Begini Cara yang Tepat Menikmati dan Mengolah Shabu Shabu

Kuliner

Begini Cara yang Tepat Menikmati dan Mengolah Shabu Shabu

20 November 2019, 19:00

Ternyata menikmati dan memasak shabu shabu ada tips dan triknya. Menurut chef dari Jepang, ini dia cara yang tepat.

Brand realme Segera Hadirkan Ponsel dengan Julukan Flagship Killer

Bisnis

Brand realme Segera Hadirkan Ponsel dengan Julukan Flagship Killer

20 November 2019, 18:00

Digadang-gadang sebagai flagship killer, pihak realme tengah mempersiapkan meluncurkan realme X2 Pro di Indonesia.

Mizzu Luncurkan Lip Cream Aroma Kopi Hasil Kolaborasi dengan Fore

Kecantikan dan Fashion

Mizzu Luncurkan Lip Cream Aroma Kopi Hasil Kolaborasi dengan Fore

20 November 2019, 17:00

Pernah bayangkan jika lip cream beraroma kopi? Mizzu dan Fore berkolaborasi untuk ciptakan lip cream dengan hasil velvet yang terinspirasi dari kopi.


Comments


Please Login to leave a comment.