Festival Ondel-Ondel TMII Diikuti 150 Peserta

Berita Kawasan

Festival Ondel-Ondel TMII Diikuti 150 Peserta

Dalam rangka menyambut HUT ke-44 Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Festival Ondel-ondel diselenggarakan pada 20 April 2019 di Anjungan Provinsi DKI Jakarta. Sebanyak 150 peserta mengikuti Festival Ondel-ondel dan diwajibkan mendekorasi boneka raksasa khas Betawi ini.

Dekorasi ondel-ondel dilakukan selama 30 menit oleh para peserta dan dinilai tim juri dari Lembaga Kebudayaan Betawi. Setelah merias atau mendekorasi ondel-ondel, para peserta kemudian melakukan atraksi di Plaza Tugu Api pada 21 April 2019 sesuai ketentuan pihak panitia penyelenggara Festival Ondel-ondel.

[Baca Juga: Ondel-ondel, Pertujukan Sakral Betawi yang Jadi Pengamen Jalanan]

Kepala Anjungan Provinsi DKI dan Graha Wisata DKI Fadlan Zuhran mengatakan, festival ini bertujuan untuk melestararikan kebudayaan Betawi. Dia juga menjelaskan, pemenang dalam festival ini dipilih berdasarkan kerapian pada dekorasi ondel-ondel yang dibuat peserta. Selain itu, ondel-ondel yang apik dan melakukan atraksi yang bagus juga termasuk ke dalam penilaian.

Ketua Komunitas Ondel-ondel Jakarta Yogi Ahmad menambahkan, peserta Festival Ondel-ondel merupakan para anggota sanggar dari lima wilayah DKI Jakarta. Pihaknya juga mengapresiasi pada panitia yang telah menyelenggarakan festival. Karena selain dapat eksis di depan publik juga untuk melestarikan budaya Betawi.

[Baca Juga: Baju Sadariah Khas Betawi, Hasil Akulturasi Beragam Budaya]

"Kami berharap festival seperti ini rutin diadakan setiap tahun. Kami bangga karena ikut andil melestarikan warisan budaya bangsa," ujar Yogi.seperti dikutip dari beritajakarta.id (21/4/2019).

Juara pertama pada Festival Ondel-ondel mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp10 juta yang diraih anggota sanggar Irma Irama berdasarkan unggahan video Youtube Syafa Zahra Kids. Sedangkan juara kedua mendapatkan Rp8,5 juta dan juara ketiga mendapatkan Rp7,5 juta. Selain itu, masing-masing pemenang juga mendapatkan piagam dan piala sebagaimana dikatakan Fadlan.

[Baca Juga: Makna Ornamen Gigi Balang dalam Arsitektur Betawi]

Kepala Bidang Seni Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Gumilar juga turut berbicara. Dia mengatakan, festival ini merupakan yang pertama kali digelar dan pihaknya akan mengusulkan agar Festival Ondel-ondel di TMII menjadi agenda rutin tahunan. Melihat antusias masyarakat yang tinggi, Gumilar berupaya untuk mengadakan kembali Festival Ondel-ondel di tahun depan, "Ke depan akan diupayakan agar ini menjadi agenda rutin tahunan."

Read More

Artikel Lainnya

Sosok KH.Tubagus Muhammad Falak yang Dijadikan Nama Jalan di Kota Bogor

Berita Kawasan

Sosok KH.Tubagus Muhammad Falak yang Dijadikan Nama Jalan di Kota Bogor

24 October 2020, 18:03

Peresmian dilakukan Wali Kota Bogor Bima Arya usai mengikuti peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020 Tingkat Kota Bogor di Pondok Pesantren Al Falak, Pagentongan, Bogor Barat, Kota Bogor.

Maybelline X Janji Jiwa Luncurkan Superstay Matte Ink Coffee Edition

Kecantikan dan Fashion

Maybelline X Janji Jiwa Luncurkan Superstay Matte Ink Coffee Edition

24 October 2020, 15:08

Masih sama dengan edisi sebelumnya, Maybelline Superstay Matte Ink Coffee Edition diklaim memiliki formula lip cream yang intens, tahan lama hingga 16 jam, dan transferproof.

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

Berita Kawasan

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

24 October 2020, 12:21

Lahan seluas sekitar 500 meter persegi tersebut dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT) Hijau Daun RW 09, Kelurahan Warakas, Tajung Priok, Jakarta Utara.

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia.jpg

Kuliner

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia

23 October 2020, 17:21

Dengan berbagai menu yang tak ditemukan di gerai lainnya, Naughty by Nature hadir sebagai KFC tematik pertama yang ada di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.