Festival Ondel-Ondel TMII Diikuti 150 Peserta

Berita Kawasan

Festival Ondel-Ondel TMII Diikuti 150 Peserta

Dalam rangka menyambut HUT ke-44 Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Festival Ondel-ondel diselenggarakan pada 20 April 2019 di Anjungan Provinsi DKI Jakarta. Sebanyak 150 peserta mengikuti Festival Ondel-ondel dan diwajibkan mendekorasi boneka raksasa khas Betawi ini.

Dekorasi ondel-ondel dilakukan selama 30 menit oleh para peserta dan dinilai tim juri dari Lembaga Kebudayaan Betawi. Setelah merias atau mendekorasi ondel-ondel, para peserta kemudian melakukan atraksi di Plaza Tugu Api pada 21 April 2019 sesuai ketentuan pihak panitia penyelenggara Festival Ondel-ondel.

[Baca Juga: Ondel-ondel, Pertujukan Sakral Betawi yang Jadi Pengamen Jalanan]

Kepala Anjungan Provinsi DKI dan Graha Wisata DKI Fadlan Zuhran mengatakan, festival ini bertujuan untuk melestararikan kebudayaan Betawi. Dia juga menjelaskan, pemenang dalam festival ini dipilih berdasarkan kerapian pada dekorasi ondel-ondel yang dibuat peserta. Selain itu, ondel-ondel yang apik dan melakukan atraksi yang bagus juga termasuk ke dalam penilaian.

Ketua Komunitas Ondel-ondel Jakarta Yogi Ahmad menambahkan, peserta Festival Ondel-ondel merupakan para anggota sanggar dari lima wilayah DKI Jakarta. Pihaknya juga mengapresiasi pada panitia yang telah menyelenggarakan festival. Karena selain dapat eksis di depan publik juga untuk melestarikan budaya Betawi.

[Baca Juga: Baju Sadariah Khas Betawi, Hasil Akulturasi Beragam Budaya]

"Kami berharap festival seperti ini rutin diadakan setiap tahun. Kami bangga karena ikut andil melestarikan warisan budaya bangsa," ujar Yogi.seperti dikutip dari beritajakarta.id (21/4/2019).

Juara pertama pada Festival Ondel-ondel mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp10 juta yang diraih anggota sanggar Irma Irama berdasarkan unggahan video Youtube Syafa Zahra Kids. Sedangkan juara kedua mendapatkan Rp8,5 juta dan juara ketiga mendapatkan Rp7,5 juta. Selain itu, masing-masing pemenang juga mendapatkan piagam dan piala sebagaimana dikatakan Fadlan.

[Baca Juga: Makna Ornamen Gigi Balang dalam Arsitektur Betawi]

Kepala Bidang Seni Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Gumilar juga turut berbicara. Dia mengatakan, festival ini merupakan yang pertama kali digelar dan pihaknya akan mengusulkan agar Festival Ondel-ondel di TMII menjadi agenda rutin tahunan. Melihat antusias masyarakat yang tinggi, Gumilar berupaya untuk mengadakan kembali Festival Ondel-ondel di tahun depan, "Ke depan akan diupayakan agar ini menjadi agenda rutin tahunan."


Read More

Artikel Lainnya

carro_1.jpg

Bisnis

Gerai CARRO di PRJ Suguhkan Pengalaman Menarik Beli Mobil Bekas

06 July 2022, 17:00

CARRO memiliki harapan untuk dapat semakin menjangkau masyarakat luas melalui layanan pembelian mobil bekas yang berkualitas.

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.