Festival Ondel-Ondel TMII Diikuti 150 Peserta

Berita Kawasan

Festival Ondel-Ondel TMII Diikuti 150 Peserta

Dalam rangka menyambut HUT ke-44 Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Festival Ondel-ondel diselenggarakan pada 20 April 2019 di Anjungan Provinsi DKI Jakarta. Sebanyak 150 peserta mengikuti Festival Ondel-ondel dan diwajibkan mendekorasi boneka raksasa khas Betawi ini.

Dekorasi ondel-ondel dilakukan selama 30 menit oleh para peserta dan dinilai tim juri dari Lembaga Kebudayaan Betawi. Setelah merias atau mendekorasi ondel-ondel, para peserta kemudian melakukan atraksi di Plaza Tugu Api pada 21 April 2019 sesuai ketentuan pihak panitia penyelenggara Festival Ondel-ondel.

[Baca Juga: Ondel-ondel, Pertujukan Sakral Betawi yang Jadi Pengamen Jalanan]

Kepala Anjungan Provinsi DKI dan Graha Wisata DKI Fadlan Zuhran mengatakan, festival ini bertujuan untuk melestararikan kebudayaan Betawi. Dia juga menjelaskan, pemenang dalam festival ini dipilih berdasarkan kerapian pada dekorasi ondel-ondel yang dibuat peserta. Selain itu, ondel-ondel yang apik dan melakukan atraksi yang bagus juga termasuk ke dalam penilaian.

Ketua Komunitas Ondel-ondel Jakarta Yogi Ahmad menambahkan, peserta Festival Ondel-ondel merupakan para anggota sanggar dari lima wilayah DKI Jakarta. Pihaknya juga mengapresiasi pada panitia yang telah menyelenggarakan festival. Karena selain dapat eksis di depan publik juga untuk melestarikan budaya Betawi.

[Baca Juga: Baju Sadariah Khas Betawi, Hasil Akulturasi Beragam Budaya]

"Kami berharap festival seperti ini rutin diadakan setiap tahun. Kami bangga karena ikut andil melestarikan warisan budaya bangsa," ujar Yogi.seperti dikutip dari beritajakarta.id (21/4/2019).

Juara pertama pada Festival Ondel-ondel mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp10 juta yang diraih anggota sanggar Irma Irama berdasarkan unggahan video Youtube Syafa Zahra Kids. Sedangkan juara kedua mendapatkan Rp8,5 juta dan juara ketiga mendapatkan Rp7,5 juta. Selain itu, masing-masing pemenang juga mendapatkan piagam dan piala sebagaimana dikatakan Fadlan.

[Baca Juga: Makna Ornamen Gigi Balang dalam Arsitektur Betawi]

Kepala Bidang Seni Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Gumilar juga turut berbicara. Dia mengatakan, festival ini merupakan yang pertama kali digelar dan pihaknya akan mengusulkan agar Festival Ondel-ondel di TMII menjadi agenda rutin tahunan. Melihat antusias masyarakat yang tinggi, Gumilar berupaya untuk mengadakan kembali Festival Ondel-ondel di tahun depan, "Ke depan akan diupayakan agar ini menjadi agenda rutin tahunan."

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.