Festival Palang Pintu Kemang Dibuka Gubernur DKI Jakarta

Berita Kawasan

Festival Palang Pintu Kemang Dibuka Gubernur DKI Jakarta

Festival Palang Pintu XIV telah berlangsung selama dua hari pada 27-28 April 2019. Acara ini dibuka Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan pada hari pertama. Pembukaan festival yang berlangsung di Jalan Raya Kemang Jakarta ini didukung penuh Anies dan Pemprov DKI Jakarta. Bahkan, Anies berpesan pada acara pembukaan agar terus menggelar festival yang bertemakan budaya Betawi.

"Kita mendukung penuh, dan kita berharap budaya Betawi bukan saja dilestarikan, tapi dikembangkan. Sehingga budaya Betawi terus menerus ada terobosan dan terus menerus ada kebaruan," ujarnya sebagaimana dilansir selatan.jakarta.go.id (29/4/2019).

[Baca Juga: Makna Ornamen Gigi Balang dalam Arsitektur Betawi]

Anies juga mengatakan, Pemprov DKI Jakarta percaya bahwa ide-ide baru masyarakat Betawi sangat banyak. Sehingga ke depannya, mereka akan terus melestarikan dan mengembangkan budaya Betawi. Menurut Anies, kawasan Kemang sudah menjadi salah satu sentra kegiatan wisata, terutama wisata kuliner. Sehingga dia berharap, dengan adanya penataan jalan di wilayah Kemang, juga bisa menjadi salah satu pusat kegiatan kebudayaan.

Senada dengan yang disampaikan Anies, Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar yang turut hadir pada acara pembukaan Festival Palang Pintu, juga mendukung penuh budaya Betawi agar dapat terus dikenalkan kepada masyarakat. "Jawaban untuk DKI masa depan adalah DKI yang berbudaya, DKI yang mengedepankan kebudayaan," ujarnya.

Festival Palang Pintu Kemang Dibuka Gubernur DKI Jakarta

Sementara, Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Marullah Matali menyampaikan, Kota Administrasi Jakarta Selatan sebagai bagian dari Pemprov DKI Jakarta akan terus berupaya dalam peningkatan pariwisata dan budaya. Hal tersebut akan dilakukan melalui program dan kegiatan prioritas daerah dalam bentuk penyelenggaraan festival dan penataan kota.

[Baca Juga: Bisnis IKM Bir Pletok Capai Omzet Jutaan Rupiah]

Selain itu, Marullah juga mengapresiasi adanya Festival Palang Pintu yang telah memasuki tahun ke 14 di tahun 2019. Menurutnya, festival ini menjadi identitas pariwisata dan budaya kota Jakarta Selatan.
“Festival Palang Pintu menjadi identitas pariwisata dan budaya kota Jakarta Selatan, yang harus terus kita dukung agar tetap menjadi kegiatan unggulan Jakarta Selatan setiap tahunnya," tuturnya.

Ketua Penyelenggara Festival Palang Pintu Edy Mulyadi menyampaikan melalui festival ini, pihaknya ingin terus mengenalkan dan mempromosikan palang pintu kepada masyarakat. Tujuannya agar mereka juga terus kenal dengan kebudayaan Betawi. Tak lupa dia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi festival ini.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.