Festival Palang Pintu Kemang Segera Hadir di Akhir April

Berita Kawasan

Festival Palang Pintu Kemang Segera Hadir di Akhir April

Palang Pintu adalah salah satu tradisi yang menjadi identitas budaya Betawi di Jakarta. Jika mendengar nama Palang Pintu, sebagian orang mungkin akan teringat dengan acara pernikahan adat Betawi. Ya, memang tradisi ini hingga kini masih dilestarikan orang-orang Betawi dengan mengadakan tradisi Palang Pintu untuk menggambarkan kekhasan adat Betawi.

Mengutip dari indonesiakaya.com (10/4/2019), perpaduan silat dan seni pantun yang jenaka menjadi keunikan tersendiri dalam tradisi Palang Pintu. Keunikan itu yang kemudian menjadi sebuah gagasan untuk digelarnya festival tahunan bernama Festival Palang Pintu yang bertempat di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Baju Sadariah Khas Betawi, Hasil Akulturasi Beragam Budaya]

Seni budaya Betawi menjadi sajian utama dalam acara Festival Palang Pintu Kemang. Awalnya, festival ini diselenggarakan karena melihat kondisi budaya masyarakat asli Jakarta yang semakin tergeser budaya luar. Sehingga festival ini dihadirkan untuk mempertahankan dan melestarikan seni budaya Betawi.

Sesuai namanya, festival ini selalu menampilkan segala sesuatu yang berkaitan dengan tradisi Palang Pintu. Selain itu, berbagai macam bazar dan kuliner selalu meramaikan acara tahunan ini sehingga tidak heran jika ribuan pengunjung akan selalu memadati Festival Palang Pintu Kemang.

[Baca Juga: Omzet Penjualan Batik Betawi di Setu Babakan Meningkat]

Festival Palang Pintu Kemang tahun ini menjadi acara ke 14 yang diselenggarakan di sepanjang Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan. Acara di tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 27-28 April 2019 berdasarkan informasi dari agendakota.id (11/4/2019). Selain sebagai bentuk menjaga dan melestarikan budaya Betawi, acara ini juga merupakan salah satu rangkaian menyambut HUT DKI Jakarta pada 22 Juni mendatang.

Bagi Anda yang tinggal di kawasan Kemang dan sekitarnya, atau bahkan penasaran karena belum pernah mengunjungi acara tahunan ini, catat tanggalnya dan datang ke Jalan Kemang Raya, ya.

Read More

Artikel Lainnya

Tips Menambah Jaringan Bisnis Selama Pandemi COVID-19

Bisnis

Walau Pandemi, Jalani Tips ini untuk Menambah Jaringan Bisnis

29 November 2020, 18:11

Meskipun tidak bertemu langsung, ada banyak peluang untuk memperluas jaringan bisnis dan membangun hubungan profesional baru.

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

Kecantikan dan Fashion

Koleksi T-shirt Supreme Diperkirakan Terjual 2 Juta USD

29 November 2020, 12:01

Koleksi T-shirt Bogart ini akan disajikan sebagai penjualan pribadi bersamaan dengan lelang online barang-barang Supreme langka lainnya.

Tentang Bulimia, Gangguan Makan yang Diderita Putri Diana

Kesehatan

Kenali Bulimia, Gangguan Makan Putri Diana

28 November 2020, 17:08

Alur cerita The Crown Season 4 telah menghidupkan kembali pembicaraan tentang gangguan makan tersebut dalam kehidupan nyata Putri Diana, Princess of Wales.

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

Kuliner

3 Resep Masakan Beraroma Segar dengan Daun Kemangi

28 November 2020, 10:08

Orang Sunda mengenal kemangi dengan sebutan seraung atau lampes. Lampes juga nama yang dikenal bagi orang Jawa. Selain di Pulau Jawa, daun kemangi juga banyak dipakai dalam masakan di Indonesia bagian timur.


Comments


Please Login to leave a comment.