Festival Pantun Kampung Pela Digelar Dalam Rangka Bulan Bahasa

Pendidikan

Festival Pantun Kampung Pela Digelar dalam Rangka Bulan Bahasa

Festival Pantun Kampung Pela akan kembali digelar. Festival ini, memiliki visi menjadikan Pela Mampang sebagai salah satu destinasi atau tujuan budaya, dan bertujuan untuk mengenang momentum dari Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa.

Bulan bahasa dilaksanakan setiap bulan Oktober. Pada peringatan bulan bahasa, biasanya banyak kegiatan yang berkenaan dengan bahasa seperti puisi, lomba menulis cerpen, lomba pidato, dan lomba lainnya. bulan Oktober dipilih sebagai Bulan Bahasa merujuk pada sejarah bangsa, di mana setiap tanggal 28 Oktober terdapat peringatan Hari Sumpah Pemuda. Dalam ikrar sumpah pemuda dinyatakan, Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi yang digunakan untuk bermasyarakat.

[Baca Juga: Kemendikbud Gelar Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia]

Melalui Sumpah Pemuda, Bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pemersatu bangsa mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki 719 bahasa daerah. Bahasa Indonesia diciptakan untuk menghubungkan setiap suku yang ada di Indonesia. Sebagaimana dilansir dari blog.mizanstore.com, Bahasa Indonesia dipercaya mampu meruntuhkan sekat-sekat perbedaan dan menjaga kesatuan bangsa sebagai identitas nasional.

Ketua Panitia Festival Pantun Kramat Pela 2019 Hadi Wibowo menjelaskan, acara Festival Pantun Kramat Pela sudah diselenggarakan sebanyak tiga kali. Rencananya acara ini digelar kembali pada 19 dan 20 Oktober 2019 di Pondok Jaya Kelurahan Pela Mampang. Hal tersebut dituturkan Hadi saat beraudiensi dengan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, di Ruang Rapat Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Pejuang Bahasa Indonesia M Tabrani Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional]

Melansir dari selatan.jakarta.go.id (10/10/2019) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan Mukhlisin mengatakan, agar semua kebutuhan untuk acara festival ini disiapkan terlebih dahulu, termasuk perizinan. “Saya minta agar nantinya panitia bisa menjaga hubungan dengan masyarakat agar jangan sampai timbul gejolak ketika acara ini dilaksanakan,” ujar Mukhlisin.

Camat Mampang Prapatan Nasrudin Abu Bakar menambahkan, karena sudah yang ketiga kalinya, tentu panitia sudah memiliki cara yang tepat dalam mengatasi permasalahan yang ada. Sehingga diharapkan tidak ada permasalahan di masyarakat, apalagi sampai menutup jalan menuju rumahnya. Pastikan tempat penggunaan festival disetujui oleh semua elemen masyarakat dan tidak mengganggu kegiatan lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.