Pondok-Indah-Kawasan-Festival-Pesona-Lokal-Meriahkan-Akhir-Pekan-Warga-Jakarta-Emil-02.jpg

Berita Kawasan

Festival Pesona Lokal Meriahkan Akhir Pekan Warga Jakarta

Setelah memeriahkan suasana di Bandung, Solo, Bali, Makassar, Pontiakan, Malang, Medan, Palembang, Festival Pesona Lokal kembali hadir. Jakarta pun dipilih menjadi lokasi digelarnya acara ini sekaligus untuk mengakhiri tur Festival Pesona Lokal di Indonesia. Acara yang diadakan pada Minggu, 11 November 2018 di area pintu selatan Gelora Bung Karno tersebut disambut dengan antusias para pengunjungnya.

Jumlah peserta yang turut hadir dalam rangkaian kegiatan yang juga diadakan untuk memperingati ulang tahun Adira Finance ke-28, sebagaimana dilansir dari inews.id (11/11/2018), setidaknya ada 10.000 peserta yang tergabung dalam Festival Pesona Lokal. Mereka mengikuti rangkaian acara yang terdiri dari parade karnaval budaya, lomba mural, kreasi masakan khas Nusantara, UMKM dan pasar rakyat.

Festival Pesona Lokal di Gelora Bung Karno

Mengingat yang menjadi tempat digelarnya acara ini di Jakarta maka tidak heran bila budaya Betawi menjadi highlight utama dalam Festival Pesonal Lokal di Gelora Bung Karno. Dari mulai musik hingga makanan tradisional yang terkenal sebagai oleh-oleh khas Jakarta tersedia di acara ini. Tidak lupa ondel-ondel yang menjadi ikon dari Betawi juga hadir dan semakin memeriahkan suasana festival tersebut.

[Baca Juga: Bintaro Sektor 1 Lestarikan Budaya Betawi Melalui Festival Ondel-Ondel]

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang turut hadir dalam acara ini memandang tidak banyak wadah atau kesempatan bagi para seniman untuk dapat mengekspresikan karya mereka. Karena itu Anies memberikan apresiasinya kepada para panitia Festival Pesona Lokal karena sudah menjadikan Gelora Bung Karno sebagai tempat untuk para seniman memamerkan hasil karyanya. “Festival seni (seperti ini-red) adalah kesempatan bagi masyarakat untuk menunjukkan kreasi-kreasi yang selama ini dikembangkan,” ucapnya kepada para jurnalis.

Festival Pesona Lokal di Gelora Bung Karno

Acara masakan khas Nusantara yang menjadi bagian dari festival ini juga diserbu oleh para pengunjung. Mereka mengerubungi tenda yang berisi para peserta lomba masak yang saling beradu kreativitas untuk memodifikasi semur jengkol. Menu ini dipilih karena menjadi representasi sebagai masakan khas asli Betawi.

[Baca Juga: Mencoba Tangas Betawi, Spa Tradisional Asal Jakarta]

“Karena Betawi sekali Jakarta itu. Dari setiap daerah kami memilih (tema lomba) dengan komunitas kuliner, apa budaya yang mau diangkat. Kalau contohnya kemarin di Jawa Timur ada cwie mie, harus diolah out of the box jangan yang seperti biasa. Demikian pula hari ini, semur jengkolnya ini dibuat dengan menu dan bumbu yang baru,” ucap Head of Brand & Communication Adira Finance Wirdati Handayangi pada Festival Pesona Lokal di Gelora Bung Karno, sebagaimana dikutip dari viva.co.id.

Read More

Artikel Lainnya

Warga Tambakrejo Dapat Segera Tempati Kampung Nelayan Semarang

Properti dan Solusi

Warga Tambakrejo dapat Segera Tempati Kampung Nelayan Semarang

26 January 2021, 20:09

Kini sesuai janji Wali Kota Semarang, Kampung Nelayan sekarang telah didirikan Pemerintah Kota Semarang yang diperuntukkan bagi warga Tambakrejo.

Di Bawah Rp2 Jutaan! Realme Watch S Pro Sudah Bisa Dibeli Hari Ini.jpg

Properti dan Solusi

Di Bawah Rp2 Jutaan! Realme Watch S Pro Sudah Bisa Dibeli Hari Ini

26 January 2021, 19:09

Hadir dengan desain yang lebih premium serta fitur yang lebih oke dibandingkan pendahulunya, realme Watch S Pro dibanderol di bawah Rp2 jutaan.

Krematorium Wahana Mulia Abadi Beroperasi Kebali dengan Alat Ramah Lingkungan

Berita Kawasan

Krematorium di Yogyakarta Gunakan Alat Ramah Lingkungan

26 January 2021, 18:09

Wali kota pun sangat mengapresiasi keberadaan krematorium dan berharap tempat tersebut memang disiapkan sehingga bermanfaat untuk masyarakat, khususnya di Kota Yogyakarta.

Penambahan Satu Jam Operasional untuk Mal di Jakarta Tak Berdampak

Bisnis

Penambahan Satu Jam Operasional untuk Mal Tidak Tingkatkan Bisnis

26 January 2021, 18:05

Penambahan jam operasi pusat perbelanjaan dan restoran sebanyak satu jam di PPKM tahap dua dinilai tidak akan membawa dampak signifikan.


Comments


Please Login to leave a comment.