Festival Ramadan Bernuansa Betawi Akan Digelar di Setu Babakan

Berita Kawasan

Festival Ramadan Bernuansa Betawi Akan Digelar di Setu Babakan

Selama bulan Ramadan, berbagai acara mulai dari Safari Ramadan, Buka Puasa Bersama, Bazar Ramadan banyak diselenggarakan. Bahkan, pada 17 Mei 2019 akan diselenggarakan Festival Ramadan 1440 H yang bernuansa Betawi.

Jika berbicara tentang budaya Betawi, tentu salah satu lokasi yang sering mengadakan acara bernuansa Betawi adalah Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Ya, lokasi tersebut memang akan digelar Festival Ramadan bernuansa Betawi sebagaimana dilansir selatan.jakarta.go.id (15/5/2019).

[Baca Juga: Melestarikan Tarian Betawi di Setu Babakan]

Acara ini digelar Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) melalui Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang rencananya diselenggarakan di Zona A UPK Perkampungan Budaya Betawi Situ Babakan, Kecamatan Jagakarsa. Nuansa Betawi yang diangkat dalam festival ini sesuai dengan permintaan Pemkot Jaksel.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan Mukhlisin mengatakan, pihaknya ingin menampilkan suasana kebudayaan Betawi baik dalam keseniannya, dan juga kehidupan masyarakat Betawi dalam menjalankan Bulan Suci Ramadan. Dia juga menuturkan, Pemkot Jaksel ingin mengajak masyarakat lebih mengenal kebudayaan Betawi selama di bulan Ramadan dan juga berbagi kepada sesama melalui santunan.

[Baca Juga: PD Pasar Jaya Adakan Bazar Pangan Ramadan di Pasar Santa]

"Kita ingin mengajak masyarakat lebih mengenal kebudayaan Betawi dalam menjalankan Bulan Suci Ramadan, dan juga berbagi kepada sesama melalui santunan. Festival kali ini kita mengambil tema 'Ngabuburitnya Orang Betawi," ujarnya.

Festival ini bisa menjadi pelengkap suasana yang semakin religi dan juga memperkenalkan budaya Betawi pada anak-anak generasi kita yang akan datang. Sehingga, dia berharap agar masyarakat mau datang mengajak keluarga atau beramai-ramai menyaksikan festival ini.

[Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta Bergabung Dalam Acara Safari Ramadan]

Beragam kesenian religi bernuansa Betawi seperti hadroh dan marawis akan hadir mengisi acara Festival Ramadan di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Tak hanya itu, festival yang akan dimulai pukul 13.45 ini juga menampilkan teatrikal yang bercerita tentang suasana kehidupan di perkampungan budaya Betawi dalam menjalankan Bulan Suci Ramadan.

"Penampilan teatrikal yang menampilkan masyarakat Betawi yang dikemas dalam bentuk cerita, dapat mengajak kita larut dalam suasana religi. Sebelum hari pelaksanaan juga akan ada arak ondel-ondel keliling kampung untuk mengajak masyarakat menyaksikan Festival Ramadan ini", terangnya.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.