Festival Ramadan Bernuansa Betawi Akan Digelar di Setu Babakan

Berita Kawasan

Festival Ramadan Bernuansa Betawi Akan Digelar di Setu Babakan

Selama bulan Ramadan, berbagai acara mulai dari Safari Ramadan, Buka Puasa Bersama, Bazar Ramadan banyak diselenggarakan. Bahkan, pada 17 Mei 2019 akan diselenggarakan Festival Ramadan 1440 H yang bernuansa Betawi.

Jika berbicara tentang budaya Betawi, tentu salah satu lokasi yang sering mengadakan acara bernuansa Betawi adalah Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Ya, lokasi tersebut memang akan digelar Festival Ramadan bernuansa Betawi sebagaimana dilansir selatan.jakarta.go.id (15/5/2019).

[Baca Juga: Melestarikan Tarian Betawi di Setu Babakan]

Acara ini digelar Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) melalui Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang rencananya diselenggarakan di Zona A UPK Perkampungan Budaya Betawi Situ Babakan, Kecamatan Jagakarsa. Nuansa Betawi yang diangkat dalam festival ini sesuai dengan permintaan Pemkot Jaksel.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Selatan Mukhlisin mengatakan, pihaknya ingin menampilkan suasana kebudayaan Betawi baik dalam keseniannya, dan juga kehidupan masyarakat Betawi dalam menjalankan Bulan Suci Ramadan. Dia juga menuturkan, Pemkot Jaksel ingin mengajak masyarakat lebih mengenal kebudayaan Betawi selama di bulan Ramadan dan juga berbagi kepada sesama melalui santunan.

[Baca Juga: PD Pasar Jaya Adakan Bazar Pangan Ramadan di Pasar Santa]

"Kita ingin mengajak masyarakat lebih mengenal kebudayaan Betawi dalam menjalankan Bulan Suci Ramadan, dan juga berbagi kepada sesama melalui santunan. Festival kali ini kita mengambil tema 'Ngabuburitnya Orang Betawi," ujarnya.

Festival ini bisa menjadi pelengkap suasana yang semakin religi dan juga memperkenalkan budaya Betawi pada anak-anak generasi kita yang akan datang. Sehingga, dia berharap agar masyarakat mau datang mengajak keluarga atau beramai-ramai menyaksikan festival ini.

[Baca Juga: Gubernur DKI Jakarta Bergabung Dalam Acara Safari Ramadan]

Beragam kesenian religi bernuansa Betawi seperti hadroh dan marawis akan hadir mengisi acara Festival Ramadan di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Tak hanya itu, festival yang akan dimulai pukul 13.45 ini juga menampilkan teatrikal yang bercerita tentang suasana kehidupan di perkampungan budaya Betawi dalam menjalankan Bulan Suci Ramadan.

"Penampilan teatrikal yang menampilkan masyarakat Betawi yang dikemas dalam bentuk cerita, dapat mengajak kita larut dalam suasana religi. Sebelum hari pelaksanaan juga akan ada arak ondel-ondel keliling kampung untuk mengajak masyarakat menyaksikan Festival Ramadan ini", terangnya.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.