Festival Sastra Internasional Pertama di Jakarta akan Jadi Acara Tahunan

Pendidikan

Festival Sastra Internasional Pertama di Jakarta akan Jadi Acara Tahunan

Dalam mengembangkan sastra Indonesia mencapai skala internasional, Jakarta sebagai Ibu kota akan menghadirikan festival Jakarta International Literary Festival (JILF) 2019 pada tanggal 20-24 Agustus di Theater Jakarta dan kompleks Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta Pusat. Festival yang digagas Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) ini rencananya akan akan menjadi acara tahunan.

JILF adalah festival sastra yang pertama kali didukung langsung Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. "Kami mendukung sekali kegiatan ini. Dan yang tidak kalah penting, ekosistem yang sehat bisa memfasilitasi hadirnya pelaku-pelaku berkaliber dunia untuk hadir, untuk bisa berkembang, bersama-sama," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Festival Sastra Internasional Pertama di Jakarta akan Jadi Acara Tahunan

Melalui identitas yang menitikberatkan pada pembacaan antarnegara Selatan, JILF memberi kesempatan untuk lebih saling mengenal karya dan penulis di wilayah ini. Lebih dari 60 penulis dan pelaku sastra dari dalam dan luar negeri akan terlibat. Selama lima hari berturut-turut, JILF 2019 akan menggelar program utama simposium dan bincang-bincang yang menampilkan tema-tema menarik dan penting dalam sastra Selatan.

[Baca Juga: Prince Claus Award Celebration, Rayakan Karya Eka Kurniawan]

Simposium akan diadakan dua kali setiap hari yang dilanjutkan oleh perbincangan yang lebih cair mengenai tema-tema tertentu, dan perbincangan khusus dengan penulis terpilih. JILF 2019 juga mengajak pelaku maupun pecinta sastra di Indonesia untuk lebih jauh terlibat dan menikmati program-program utama lainnya yang tak kalah menarik. 

Melansir laman beritajakarta.id (06/08/2019), Anies mengapresiasi kegiatan JILF 2019. Sebab, ajang kebudayaan berskala internasional ini akan menghadirkan para pelaku sastra dan penulis dari dalam maupun luar negeri. 

[Baca Juga: Ayu Utami & Anya Rompas Tentang Pentingnya Sasta Indonesia Mendunia]

Di samping itu, Anies juga menginginkan agar JILF kelak bisa menjadi salah satu kegiatan kebudayaan rutin di Jakarta. "Ini kesempatan bagi kita semua untuk mengintensifkan dialog, tukar pikiran, dan tukar gagasan. Insya Allah, Jakarta International Literary Festival ini akan menjadi sebuah milestone baru bagi kegiatan kebudayaan di Jakarta," tandasnya. 

Jakarta menjadi tempat di mana sastrawan lintas suku bangsa berkarya dan bersama-sama membangun Indonesia. Adanya kegiatan JILF 2019 ini merupakan ajang kesempatan bertemu para pelaku sastra dan penulis dari dalam maupun luar negeri. 


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.