Festival Sastra Internasional Pertama di Jakarta akan Jadi Acara Tahunan

Pendidikan

Festival Sastra Internasional Pertama di Jakarta akan Jadi Acara Tahunan

Dalam mengembangkan sastra Indonesia mencapai skala internasional, Jakarta sebagai Ibu kota akan menghadirikan festival Jakarta International Literary Festival (JILF) 2019 pada tanggal 20-24 Agustus di Theater Jakarta dan kompleks Taman Ismail Marzuki, Menteng, Jakarta Pusat. Festival yang digagas Komite Sastra Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) ini rencananya akan akan menjadi acara tahunan.

JILF adalah festival sastra yang pertama kali didukung langsung Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. "Kami mendukung sekali kegiatan ini. Dan yang tidak kalah penting, ekosistem yang sehat bisa memfasilitasi hadirnya pelaku-pelaku berkaliber dunia untuk hadir, untuk bisa berkembang, bersama-sama," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Festival Sastra Internasional Pertama di Jakarta akan Jadi Acara Tahunan

Melalui identitas yang menitikberatkan pada pembacaan antarnegara Selatan, JILF memberi kesempatan untuk lebih saling mengenal karya dan penulis di wilayah ini. Lebih dari 60 penulis dan pelaku sastra dari dalam dan luar negeri akan terlibat. Selama lima hari berturut-turut, JILF 2019 akan menggelar program utama simposium dan bincang-bincang yang menampilkan tema-tema menarik dan penting dalam sastra Selatan.

[Baca Juga: Prince Claus Award Celebration, Rayakan Karya Eka Kurniawan]

Simposium akan diadakan dua kali setiap hari yang dilanjutkan oleh perbincangan yang lebih cair mengenai tema-tema tertentu, dan perbincangan khusus dengan penulis terpilih. JILF 2019 juga mengajak pelaku maupun pecinta sastra di Indonesia untuk lebih jauh terlibat dan menikmati program-program utama lainnya yang tak kalah menarik. 

Melansir laman beritajakarta.id (06/08/2019), Anies mengapresiasi kegiatan JILF 2019. Sebab, ajang kebudayaan berskala internasional ini akan menghadirkan para pelaku sastra dan penulis dari dalam maupun luar negeri. 

[Baca Juga: Ayu Utami & Anya Rompas Tentang Pentingnya Sasta Indonesia Mendunia]

Di samping itu, Anies juga menginginkan agar JILF kelak bisa menjadi salah satu kegiatan kebudayaan rutin di Jakarta. "Ini kesempatan bagi kita semua untuk mengintensifkan dialog, tukar pikiran, dan tukar gagasan. Insya Allah, Jakarta International Literary Festival ini akan menjadi sebuah milestone baru bagi kegiatan kebudayaan di Jakarta," tandasnya. 

Jakarta menjadi tempat di mana sastrawan lintas suku bangsa berkarya dan bersama-sama membangun Indonesia. Adanya kegiatan JILF 2019 ini merupakan ajang kesempatan bertemu para pelaku sastra dan penulis dari dalam maupun luar negeri. 


Read More

Artikel Lainnya

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.


Comments


Please Login to leave a comment.