FTJ; Grid.id.jpg

Hobi dan Hiburan

Festival Teater Jakarta Kembali Digelar Pekan Ini

Berangsur-angsur aktivitas kesenian dan kebudayaan di Jakarta kembali berjalan mengingat semakin membaiknya kondisi kehidupan pasca pandemi COVID-19. Setelah hampir dua tahun berhenti, kini Festival Teater Jakarta (FTJ) kembali digelar di sepanjang pekan ini.

Mengeksplorasi kondisi yang ada, kehadiran kembali FTJ mengangkat tema “Adaptasi”. Tema tersebut diangkat mengingat dalam momen FTJ kali ini, Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) beserta pelaku teater di Jakarta berkomitmen mengarungi keniscayaan masa transisi dan menjadikannya ruang ekspresi dalam menuju keberlangsungan hidup teater di Jakarta.

[Baca Juga: Pekan Raya Jakarta 2020 Akan Hadirkan Teater Musikal Upin & Ipin]

“Maka ‘Adaptasi’ menjadi ruang di mana pertunjukkan mencari pintu kolektif sembari merefleksikan diri dengan berbagai pertanyaan. Seperti ‘Bagaimana pelaku teater dan karyanya tidak sekadar merespon keadaan untuk bertahan?’ dan ‘Sejauh mana daya adaptasi pelaku teater, karya, dan penontonnya dapat mengatasi situasi dan kondisi tak menentu ini di masa mendatang?’, FTJ kali ini berambisi menciptakan pintu menuju ruang adaptasi para pelaku teater,” dikutip dari rilis Festival Teater Jakarta (FTJ) Tahun 2021 yang diterima Pingpoint.co.id.

FTJ; Detik HOT.jpeg

Melalui tema ini, FTJ akan mengajak para penikmat kesenian dan kebudayaan, terutama teater, untuk mengonsumsi bentuk pertunjukkan besar melalui media platform digital. Tak hanya itu, FTJ kali ini juga menjadi titik transisi terpenting dalam dunia teater, peralihan dari sentuhan menjadi penjarakan, dari kolektif menjadi personal. Hal ini diberlakukan untuk membangkitkan kembali gairah kreatif yang sempat terpuruk.

Festival teater terbesar dan tertua di Asia Tenggara, FTJ, akan diselenggarakan mulai tanggal 4 sampai 9 Desember 2021. Melakukan Garapan produksi secara langsung di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta dengan penonton terbatas, seluruh karya yang dipentaskan dapat dinikmati secara terbuka melalui kanal Youtube Dewan Kesenian Jakarta, https://youtube.com/jakartacouncil.

[Baca Juga: Festival Teater Jakarta Timur Meriah dengan 12 Peserta]

“Selain pertunjukkan teater yang akan ditampilkan dari tanggal 4-9 Desember 2021 melalui kanal Youtube, ada berbagai kegiatan lain yang akan hadir dalam kegiatan FTJ tahun 2021, yaitu tiga diskusi. Diantaranya ‘Sosial Politik Lintas Batas’, ‘Tubuh dan Sejarah Eksperimen’, dan ‘Membaca Kembali Manusia Melalui Panggung’.”

FTJ; Kultural.id.jpeg

Setelah dibuka secara resmi oleh Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta, gelaran FTJ ke-48 ini akan diramaikan 15 komunitas teater finalis yang telah dipilih melalui kurasi panjang sebelumnya. Mulai dari Mata Art Community, Teater Dalam Nada Dasar C, Sun Community, Teater Asa, Teater Jannien, Sindikat Aktor Jakarta, Amatirujan, Teater Cahaya Mulia, Marooned Actor Society, Teater Sembilu, Teater ATAS, Teater Kandang Kuda, Teater Gunadarma, Kantor Teater, sampai Teater Petra.

[Baca Juga: Ini Kisah Mistis yang Bayangi Teater Jakarta di Taman Ismail Marzuki]

Rencananya, mulai dalam momen FTJ tahun ini sampai kedepannya, DKJ akan mendudukan FTJ bukan lagi sebagai platform rumah besar bagi kelompok dan pelaku teater amatir Jakarta seperti yang selama ini terbentuk. Melampauinya, sebagai bagian dari ekosistem baru yang akan dibentuk sebagai jalur baru lintas usia dan jalur luar lomba untuk kemudian dipertemukan dalam satu perhelatan puncak apresiasi dalam tajuk ‘Lebaran Teater Jakarta’.

Hal ini dicanangkan untuk membangun ekosistem teater yang jauh lebih besar dan inklusif, yang mampu menopang perkembangan sumber daya manusia teater di Jakarta dari hulu sampai ke hilir.


Read More

Taman Ismail Marzuki

Pusat Kesenian

+622131934740
None

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.