Festival Teater Jakarta Timur Meriah dengan 12 Peserta

Hobi dan Hiburan

Festival Teater Jakarta Timur Meriah dengan 12 Peserta

Sebanyak 12 sanggar teater meriahkan Festival Teater Jakarta Timur di Gedung Pusat Pelatihan Seni Budaya (PPSB) Pondok Kelapa, Duren Sawit. Rencananya festival yang berlangsung 5-26 Oktober 2019. Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta (Sudin Parbud) Jakarta Timur Iwan Henry Wardana mengatakan, kegiatan ini sebagai salah satu cara memberikan kesempatan tampil kepada para pelaku seni teater.

"Festival Teater Jakarta Timur kali ini diikuti 12 sanggar teater," ujar Iwan seperti dilansir dari beritajakarta.id (6/10/2019). Menurutnya, dalam kegiatan kali ini pihaknya menggandeng Ikatan Teater Jakarta Timur agar semua sanggar teater yang ada dilibatkan. Peserta lomba mulanya ada 20 sanggar. Setelah dilakukan seleksi atau kurasi, ada delapan grup yang tereliminasi. Sehingga tersisa 12 sanggar yang berhak mengikuti lomba tersebut.

Festival Teater Jakarta Timur Meriah dengan 12 Peserta

Disebutkan, pemenang lomba, akan mendapatkan hadiah berupa piagam, piala dan uang pembinaan. Bagi juara pertama mendapatkan hadiah sebesar Rp12,5 juta, kedua Rp10 juta, ketiga Rp8,5 juta. "Kemudian juara harapan pertama Rp7,5 juta dan harapan kedua Rp6,5 juta," jelasnya.

[Baca Juga: Pesan Tersirat dalam Pentas Tunggal Teater Kinasih]

Sementara, Ine Febriyanti, salah satu pelaku seni teater, menambahkan festival seperti ini menjadi wadah dan ajang bergengsi bagi para pelaku seni teater untuk menunjukkan kebolehannya. Selain itu, festival ini juga dapat meningkatkan kreativitasnya dalam dunia seni teater. "Kami sangat mengapresiasi dengan festival teater ini karena para pelaku seni jadi merasa lebih dihargai dan diberikan wadah untuk berkreasi," ujar Ine masih dari sumber yang sama.

Festival Teater Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur ini merupakan upaya turut berperan serta dalam mengembangkan seni budaya bangsa serta meningkatkan apresiasi masyarakat terutama para generasi penerus terhadap keragaman seni khususnya seni teater.

[Baca Juga: Dapatkan Tiket Produksi ke-158 Teater Koma Sebelum Kehabisan!]

Wadah kreasi penting agar seniman dapat menunjukan bakat-bakat potensial yang mereka miliki dan dapat lebih memotivasi generasi penerus untuk ikut melestarikan dan mengembangkan kesenian. Festival ini merupakan event tahunan yang secara rutin diselenggarakan secara berjenjang di lima wilayah DKI Jakarta, yaitu empat Kota Administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu .


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.