Festival Taman Sari 2021

Berita Kawasan

Festival Wisata, Langkah Taktis Pemkot Yogya Pacu Kunjungan Wisatawan

Sebagai upaya memperkuat daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata Tamansari, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Jumat (9/4/2021) menggelar Festival Wisata dan Belanja Tamansari 2021. Kegiatan yang menampilkan berbagai kerajinan, batik,kuliner tradisional dan atraksi seni budaya. ini diikuti oleh penggiat dan pelaku usaha kecil dan menengah yang terkait dengan industri pariwisata yang ada di kawasan wisata Tamansari.

Pembukaan Festival dilakukan oleh Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi yang ditandai dengan pemukulan kentongan dan dilanjutkan dengan kunjungan stand pameran.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan, kegiatan Festival sebagai langkah promosi serta langkah taktis yang dilakukan Pemkot Yogyakarta bersama masyarakat sekitar kawasan Tamansari dalam menghadapi pademi COVID-19. Oleh karenanya Festival ini diharapkan mampu menjadikan para pelaku wisata tetap berdaya ditengah kondisi yang serba terbatas ini.

“ Pandemi yang melanda beberapa negara sekarang ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi bersama dengan sikap optimis. Oleh karenanya, Festival ini merupakan salah satu upaya memanfaatkan beberapa peluang dan potensi yang dimiliki masyarakat di sekitar kawasan Tamansari. “ ujar Wahyu kepada wartawan disela-sela berlangsungnya kegiatan.

[Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Dorong Geliat Pariwisata dengan Wisata Sepeda]

Selanjutnya Wahyu menjelaskan, Festival Wisata dan Belanja Tamansari ini merupakan Festival yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Untuk tahun ini , Festival melibatkan sebanyak 15 stand UMKM dan dikemas secara hybrid. Untuk menyaksikan beberapa produk unggulan dapat disaksikan secara langsung di lokasi festival sedangkan sejumlah atraksi seni ditampilkan secara daring lewat media sosial.

“Untuk kunjungan tatap muka dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat serta ada pembatasan pengunjung," tandas Wahyu.

Wahyu berharap, melalui kegiatan festival dan pameran semacam ini, iklim pariwisata di Kota Yogyakarta dapat kembali tumbuh sehingga Kota Yogyakarta dapat kembali menemukan jati dirinya.

[Baca Juga: Pemkot Jogja Optimis Kunjungan Wisatawan Segera Pulih]

Sementara itu, Wakil Walikota Yogyakarta Drs.Heroe Poerwadi MA menyampaikan, sepanjang masyarakat mampu menjaga protokol kesehatan Pemkot Yogyakarta bukan sekadar mengijinkan tetapi juga mendukung masyarakat yang bermaksud menyelenggarakan event maupun festival UMKM. Syaratnya , disamping adanya ketercukupan fasilitas protokol kesehatan di lokasi festival, tetapi yang terpenting penyelenggara mampu mengondisikan pengunjung juga tertib menerapkan protokol kesehatan .

“ Sekarang ini kita sudah mulai bergerak maju. Kalau kita tidak disiplin, kita akan mundur lagi . Kita tidak bisa lagi bebas, kita tidak bisa lagi semaunya.“ tandas Heroe.

Lebih lanjut Heroe mengungkapkan, wisata belanja dan kuliner merupakan salah satu daya tarik wisata yang memberi kontribusi cukup besar terhadap perekonomian rakyat. Kota Yogyakarta juga memiliki potensi besar dalam perkembangan kuliner. Untuk itu , Festival Pengembangan Wisata Belanja dan Kuliner hadir sebagai sebuah event istimewa yang telah ditunggu berbagai kalangan untuk melihat dan menikmati secara langsung kekayaan kreativitas dan kuliner dari Kota Yogya.

Atraksi Budaya Tari Edan-edanan Menyemarakkan Festival Wisata dan Belanja Tamansari 2021

“Melalui kegiatan ini, kita dapat melihat pemetaan wisata belanja dan kuliner di Kota Yogyakarta. Selanjutnya mampu lebih mengangkat potensi yang dimiliki oleh masing-masing wilayah tanpa melupakan protokol kesehatan sesuai dengan arahan pemerintah,” jelasnya.

Heroe menegaskan, penyelenggaraan Festival di Tamansari ini sebagai uji coba untuk penyelenggaraan festival serupa di wilayah yang lain. Dengan demikian pihaknya berharap pengelola wisata Tamansari dapat memberikan kenyamanan terhadap wisatawan sehingga objek wisata yang ada di Kota Yogyakarta khususnya objek wisata Tamansari dapat menjadi destinasi wisata idaman. (*)


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.