FIB UI Salurkan Buku Ajar Bahasa Inggris Dasari di Kampung Papanggo .jpg

Pendidikan

FIB UI Salurkan Buku Ajar Bahasa Inggris di Kampung Papanggo

Tim Pangabdian atau Pengmas Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) baru-baru ini melakukan inovasi terhadap kampung binaannya. Di mana inovasi itu dalam bentuk buku pelajaran Bahasa Inggris tingkat dasar untuk anak-anak yang saat ini dummy-nya dalam proses pengajuan ISBN buku. Dengan pihak FIB UI yang merancang buku bahasa Inggris dengan sedemikian rupa agar sesuai dengan anak-anak yang nanti menerima buku tersebut.

Inisiasi penyusunan dua buku bahasa Inggris ini dipimpin oleh Dosen FIB UI Sisilia Setiawati Halimi, S.S., M.A., Ph.D. bersama tim pengabdi lainnya seperti Chysanti Arumsari, M.A dan para mahasiswa. Buku ini terdiri dari Learning English With Thea and Tommy A (jilid hijau) dan Learning English With Thea and Tommy B (jilid kuning). Kedua buku ini pun sudah dihibahkan untuk anak-anak tingkat sekolah dasar yang bermukim di Kampung Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

FIB UI Salurkan Buku Ajar Bahasa Inggris di Kampung Papanggo

“Sebelumnya, tim pengmas kami berencana turun ke lapangan untuk mengajar dan mendampingi langsung anak murid di Kampung Papanggo, namun karena pandemi COVID-19 turut melanda negeri, akhirnya kami selaku pengabdi berinisiatif menyusun buku,” jelas Sisilia, sebagaimana dikutip dari ui.ac.id (30/12/2020).

“Buku yang kami rancang sengaja kami sesuaikan untuk anak-anak di lokasi binaan, agar anak-anak tetap dapat belajar dari rumah masing-masing. Kami juga melihat fakta di lapangan bahwa tidak semua anak-anak di kampung bersekolah dan mendapatkan pelajaran bahasa Inggris formal,” sambungnya.

[Baca Juga: Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming]

Dalam penyusunan buku bahasa Inggris ini, tim Pengmas FIB membuat kedua serinya secara tematis dengan tingkat kesulitan yang berurutan. Topiknya terbilang dekat dengan keseharian anak-anak yang menjadi target dari buku tersebut dari mulai kegiatan di kategori what are you doing atau menentukan waktu melalui what time is it. Pihak FIB UI menjelaskan bajwa buku ini bisa dikatakan setingkat dengan pelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar hingga tingkat kelas lima.

“Kami ingin anak-anak di Kampung Papanggo dapat mempraktikkan percakapan-percapakan di buku sehingga apa yang dipelajari bisa menjadi skill yang berharga,” tambah Sisilia.

Seperti yang dijelaskan di atas, tim Pengmas FIB UI saat ini berusaha untuk menerbitkan buku bahasa Inggris ini dan telah diajukan untuk pengajuan ISBN buku sejak Desember 2020 dan disinyalir Januari 2021 sudah selesai. Tujuan utama penerbitan ini memang ditargetkan untuk para anak-anak yang tinggal di area yang masuk kawasan marjinal yang nantinya akan diberikan kepada mereka tanpa dipungut biaya.

Read More

Artikel Lainnya

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021.jpg

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021

11 April 2021, 08:06

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022. Meskipun pemerintah sudah memberikan lampu hijau agar sekolah tatap muka dilaksanakan segera, namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih belum bisa melaksanakan.

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.


Comments


Please Login to leave a comment.