PONDOK INDAH-PENDIDIKAN-FILANTROPI INDONESIA DAN TANOTO FOUNDATION LUNCURKAN KLASTER PENDIDIKAN-RACHLI-1100 px X 600 px-01.jpg

Pendidikan

Filantropi Indonsia dan Tanoto Foundation Luncurkan Klaster Pendidikan

Pendidikan merupakan kunci untuk memperbaiki kehidupan di masa depan, sehingga pendidikan berkualitas harus dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat. Melihat hal itu, Filantropi Indonesia dan Tanoto Foundation meluncurkan Klaster Pendidikan pada acara Filantropi Indonesia Festival (FIFest) 2018 di Jakarta Convention Hall, Jakarta, Sabtu (17/11/18).

Klaster Pendidikan ini merupakan sebuah forum antara lembaga filantropi pendidikan dan pemerintah untuk membahas sinergi program peningkatan kualitas dan penguatan sistem pendidikan di Indonesia.

Dikatakan Ketua Badan Pengurus Perhimpunan Filantropi Indonesia Timotheus Lesmana Wanadjaja, kolaborasi di sektor pendidikan juga sebagai upaya mewujudkan tujuan pemerintah dalam Indonesia mencapai 17 Sustainable Development Goals (SDGs) di tahun 2030.

[Baca Juga: Pendidikan Media Literasi Kritis untuk Remaja di Tebet Jakarta]

Dengan begitu, Filantropi Indonesia membuat Klaster Pendidikan karena pendidikan merupakan hal yang sangat utama. Pihaknya memilih Tanoto Foundation karena memandang bahwa setiap orang harus mendapatkan kesempatan untuk merealisasikan potensinya secara penuh. Hal itu senada dengan keyakinan didirikannya Tanoto Foundation.

“Dibuat Klaster Pendidikan karena pendidikan merupakan hal utama, dan kami memilih Tanoto Foundation sebagai pemimpin klaster ini," kata Timotheus, Sabtu (17/11/2018).

Klaster Pendidikan di FIFest 2018, Jakarta

Sementara itu, CEO Global Tanoto Foundation Satrijo Tanudjojo juga mengatakan, pihaknya mengembangkan potensi individu dan dan memperbaiki taraf hidup melalui pendidikan yang berkualitas mulai dari usia dini sampai usia produktif.

Untuk peningkatan kualitas pendidikan yang lebih efektif dan berdampak luas, Asia Philanthropy Circle (APC), sebuah organisasi yang beranggotakan organisasi filantropi di Asia menerbitkan buku panduan Katalisasi Penghidupan Produktif: Panduan Intervensi Pendidikan Melalui Jalur Akselerasi untuk Skala Besar dan Dampak Masimal.

Dalam buku tersebut ditekankan empat bidang yang bisa dilakukan, yaitu kualitas guru, kepemimpinan guru dan tata kelola sekolah, pendidikan kejuruan, serta pendidikan dan pengembangan anak usia dini.

[Baca Juga: Pendidikan Usia Dini Berbasis Lifestyle dan Technology]

“Tanoto Foundation meyakini bahwa organisasi filantropi berperan mendukung pemerintah Indonesia dalam implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs),” ujar Satrijo.

Lanjutnya, komitmen Tanoto Foundation di bidang pendidikan selaras dengan SDGs nomor empat, yaitu memastikan pendidikan berkualitas yang layak dan inklusif serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi semua orang.

Dengan diluncurkannya Kalster Pendidikan ini diharapkan Tanoto Foundation bersama dengan organisasi filantropi lainnya dapat memperbaiki taraf kehidupan masyarakat di Indonesia melalui pendidikan yang berkualitas.

Festival Filantropi Indonesia 2018 (FiFest) mengusung tema From Innovation to Impact. Festival yang diselenggarakan per dua tahun ini dibuka sejak 15-17 November 2018. Hingga hari terakhir FiFest, terdapat 85-90 booth yang diisi dari berbagai perusahaan, universitas, pemerintah, dan komunitas.

Read More

Artikel Lainnya

3 Masterpiece Sutradara Mouly Surya Bisa Ditonton di Netflix

Hobi dan Hiburan

3 Masterpiece Sutradara Mouly Surya Bisa Ditonton di Netflix

01 December 2020, 18:49

Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak, fiksi., Yang Tidak Dibicarakan Ketika Membicarakan Cinta, ketiganya bisa Anda tonton mulai Desember 2020 ini di Netflix.

Aplikasi Si Poltak Permudah Warga Medan yang Alami Kecelakaan

Berita Kawasan

Aplikasi Si Poltak Permudah Warga Medan yang Alami Kecelakaan

01 December 2020, 17:28

Angka kecelakaan di Kota Medan cukup tinggi sehingga perlunya penanganan yang cepat bagi korban kecelakaan agar korban dapat segera ditangani dan diselamatkan.

Warganya Mulai “Kendor” Protokol Kesehatan, Risma Peringatkan Gelombang Kedua COVID-19.jpg

Kesehatan

Warganya Mulai “Kendor” Protokol Kesehatan, Risma Peringatkan Gelombang Kedua COVID-19

01 December 2020, 16:42

Wali Kota Risma khawatir dengan masyarakat Kota Surabaya yang semakin menurun tingkat kesadaran protokol kesehatannya padahal terdapat potensi gelombang kedua COVID-19.

Bandara Abdulrachman Saleh Tidak Terpengaruh Aktivitas Gunung Semeru

Berita Kawasan

Bandara Abdulrachman Saleh Tidak Terpengaruh Aktivitas Gunung Semeru

01 December 2020, 15:57

Aktivitas di Bandara Abdulrachman Saleh Malang, Jawa Timur, masih berlangsung normal dan belum terpengaruh oleh aktivitas vulkanik Semeru.


Comments


Please Login to leave a comment.