Akulah Samudera.jpg

Hobi dan Hiburan

Film Akulah Samudera Ungkapkan Pentingnya Peran Laut

Dengan garis pantai yang panjangnya mencapai 99.093 kilometer, potensi sumberdaya kelautan dan perikanan serta ekosistem Indonesia sangat berlimpah. Di sisi lain, pengelolaan sumberdaya pesisir belum memberikan manfaat yang berarti untuk kesejahteraan masyarakat sekitarnya, sementara keberadaannya semakin rentan. Kerentanan inilah yang diangkat dalam film cerita pendek berjudul Akulah Samudera.

“Berbicara masalah pesisir dan laut, mau tidak mau akan mengulas potensi sumber daya, masyarakat, dan permasalahan yang ada di dalamnya. Luas laut kita menguasai hampir 2/3 wilayah Indonesia,” kata Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Dirjen PRL) Aryo Hanggono, dalam keterangan pers yang diterima PingPoint.co.id (13/7/20).

Pesan utamanya adalah penyadartahuan terhadap pentingnya ekosistem pesisir dan laut bagi masyarakat. Laut adalah sumber kehidupan, ekosistem adalah inti dari semuanya yang harus dijaga untuk keberlanjutan. Kondisi pesisir yang semakin menurun dan degradasi ekosistem menjadi awal dari cerita Sang Biru untuk mengetahui sejarah Desa Kaliwlingi di Kabupaten Brebes dengan hutan mangrove yang sudah menjadi kawasan Ekowisata Desa Wisata Mangrove Sari. Desa wisata ini telah memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat sekitarnya.

Film Akulah Samudera Ungkapkan Pentingnya Peran Laut

Mangrove memiliki berbagai nilai dan manfaat, di antaranya sebagai pendukung dan habitat keanekaragaman hayati, serta sumber nafkah masyarakat. Mangrove sebagai peredam banjir, mencegah intrusi air laut ke darat, menstabilkan garis pantai dan kontrol erosi, menciptakan sabuk hijau di pesisir (coastal green belt) telah mengembalikan negeri masyarakat Pandansari, Kaliwilingi.

Kawasan ekosistem mangrove dan lainnya perlu dikelola secara optimal, selain ekosistem berfungsi sebagaimana mestinya, dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat dari pemanfaatan jasa sumberdaya kelautan dan perikanan. Melalui program desa wisata bahari (Dewi) Mangrove Sari, kondisi kawasan pesisir dan masyarakat akan lebih terangkat menjadi lebih baik.

[Baca Juga: KKP dan Kemendes PDTT Buat Pelatihan Pembuatan Biskuit Rumput Laut]

Film Akulah Samudera bercerita tentang kisah Biru Maharani mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Brawijaya, yang menjadi harapan bagi penggugah, pelestari, dan pelindung laut seperti birunya laut yang memberikan semangat hidup mengelola negeri ini.

Film yang diproduseri Dexandra Bayu dan Kirana Kejora dan disutradarai oleh Ara Dwi Sagara diproduksi bersama Direktorat Jasa Kelautan sebagai bentuk kepedulian untuk memajukan masyarakat pesisir, dan memberdayakannya, karena masyarakatlah yang memiliki dan harus memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Sebelum nanti ditayangkan di Kanada, film ini telah diunggah melalui kanal youtube KKP, Ditjen PRL, Direktorat Jasa Kelautan, dan Nevsky Visual Kreasi pada 12 Juli 2020 silam.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.