Film Dokumenter Ini Kemas Kisah Maestro Mezzo-soprano Indonesia

Hobi dan Hiburan

Film Dokumenter Ini Kemas Kisah Maestro Mezzo-soprano Indonesia

Bila Anda merupakan penggemar musik klasik atau opera mungkin nama Catharina Leimana terasa tidak asing lagi. Perempuan kelahiran tahun 1936 itu dikenal sebagai maestro di dunia tarik suara dengan tipe vokal mezzo-soprano yang telah malang-melintang di panggung Indonesia dan internasional. Menariknya, ia pun kerap dipandang sebagai figur seorang ‘ibu’ sekaligus guru bagi para penyanyi dari berbagai genre di Indonesia, termasuk para konduktur ternama. Kisah inilah yang berusaha dikemas apik dalam film Catharina dalam Sebuah Negara Koor.

Tidak lama setelah film ini mulai, Anda akan mendengarkan bagaimana kepiawaian dari Catharina dalam bernyanyi klasik walau di usianya yang sudah tidak muda lagi. Pasalnya, putri dari Dr Johannes Leimana tersebut sekarang sudah menginjak usia 83 tahun tapi hal ini tidak menghalanginya untuk terus menekuni kariernya di dunia tarik suara, dari mulai sebagai guru, juri, hingga tetap bernyanyi di depan penonton.

Film Dokumenter Ini Kemas Kisah Maestro Mezzo-soprano Indonesia

Pada Catharina dalam Sebuah Negara Koor, film ini berusaha memperlihatkan bagaimana keseharian Catharina Leimana untuk keluarga dan dunia vokal. Dalam salah satu scene di film karya Patar Simatupang, ditunjukkan bagaimana Catharina terbangun di waktu subuh untuk membangunkan anggota keluarganya sekaligus menyiapkan sarapan. Dalam momen inilah sisi keibuan sekaligus sosok nenek dari Catahrina ditunjukkan.

Dalam film ini, Catharia juga mengenang perjuangannya dulu sebagai single parent serta guru vokal. Di mana ia harus bolak-balik Bandung-Jakarta-Bandung menggunakan kereta api karena ia ingin tetap mempertahankan kariernya tapi di sisi lain ia tak ingin melupakan tanggung jawabnya sebagai ibu untuk putra-putrinya.

[Baca Juga: Jakarta City Philharmonic Siap Puaskan Peminat Musik Klasik]

Namun semangat serta aura yang kuat dari Catharina Leimana paling terlihat pada film yang membutuhkan waktu tiga tahun untuk merampungkannya itu di kala ia menunjukkan kemampuannya bernyanyi dan mengajar vokal. Dengan jalan yang sedikit terbungkuk serta acap kali dipandu oleh putrinya, maestro mezzo-soprano ini mengunjungi berbagai lokasi di Indonesia untuk menyebarkan pengetahuannya dalam teknik vokal.

Di depan paduan suara yang beranggotakan remaja, Catharina Leimana menjelaskan bagaimana pentingnya pita suara ketika bernyanyi demi menghasilkan suara yang merdu. Di momen inilah mata serta semangat Catharina sangat meluap dan menunjukkan bagaimana passion-nya di dunia tarik suara. Selain itu, kemampuan vokal serta aksi teatrikal dalam menyanyi opera juga mampu ditunjukkan olehnya saat ia bernyanyi duet Duetto buffo di due gatti.

[Baca Juga: Penyanyi dan Bintang Film Nafa Urbach Buka Bisnis Coffee Shop CLBK]

Orang-orang yang hidupnya disentuh oleh teknik vokal serta ajaran dari sang maestor mezzo-soprano di Indonesia itu juga tampil dalam film ini dan menceritakan pengalaman sekaligus pandangan mereka mengenai Catharina Leimana. Dari mulai para konduktor Avip Priatnya, Erwin Gutawa, Jan Rohtua Sinaga, Caleb Ang, Tommyanto Kandisaputra, hingga penyanyi ternama Gita Gutawa.

“Tidak cukup 80 menit untuk menggambarkan kemampuan ibu Catharina,” ungkap Patar Simatupang kepada PingPoint.co.id di sela-sela screening Catharina dalam Sebuah Negara Koor di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya No.73, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat (24/10/2019).

Film ini pertama kali ditayangkan pada screening yang bertepatan dengan pembukaan Jakarta World Choir Festival 2019 di Taman Ismail Marzuki pada 24 Oktober 2019. Bagi Anda yang penasaran dengan kisah sang maestro, anda bisa menyaksikan Catharina dalam Sebuah Negara Koor yang akan ditayangkan untuk publik di lokasi yang sama pada 27 Oktober 2019 pukul 20.00 WIB.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.