Film Festival Madani Rayakan Keragaman Dunia Islam

Hobi dan Hiburan

Film Festival Madani Rayakan Keragaman Dunia Islam

Festival Film Internasional Madani 2019 diselenggarakan atas inisiasi grup penerbitan Mizan dan Pabrikultur dengan mengangkat isu-isu seputar Muslim di negara bagian Timur yang belum banyak diketahui masyarakat luas.

Mengutip dari laman madanifilmfest.id (24/10/2019). Festival film Madani adalah festival film berskala internasional bertujuan meggambarkan kehidupan kaum muslimin di pelbagai belahan dunia. Dengan demikian khalayak Indonesia lebih memahami beragamnya kehidupan, nilai-nilai Islam, mimpi, dan harapan dari kaum Muslimin yang lain, yang pada gilirannya menumbuhkan rasa persaudaraan dan toleransi antar umat manusia.

Film Festival Madani Rayakan Keragaman Dunia Islam

Festival Film Madani 2019 diselenggarakan sejak tanggal 21 hingga 27 Oktober 2019. Menghadirkan berbagai kegiatan menarik seperti pemutaran film panjang, kompilasi film pendek, dan diskusi, mewarnai hari ketiga Madani Fim Festival 2019. Pemutaran Festival Film Madani 2019 akan berlangsung di sejumlah tempat, di antaranya di Epicentrum XX1, CGV FX, Binus Alam Sutra, Indiskop Studio, American Corner, ITB, American Corner UMM, Binus JWC Campus, IFI Thamrin. Untuk jadwal pemutaran Film Festival Madani 2019, selengkapnya bisa dilihat di website madanifilmfest.id

Sekitar 30 film dari berbagai dunia dihadirkan selama Festival Film Madani 2019 yang mengambil tema reconcile. Melalui festival film madani tersebut para penonton akan diajak untuk mengenal lebih jauh tentang kebudayaan muslim dari berbagai dunia melalui film.

[Baca Juga: 100% Manusia Film Festival 2019, Usung Edukasi Kemanusiaan]

Untuk Anda yang berminat datang ke event Madani Film Festival 2019 ini, berikut aturan atau panduan untuk nobar pada Film Festival 2019:

  • Terbuka untuk umum dan gratis di IFI, @America, Binus Alam Sutera, dan Binus JWC Campus.
  • Dikenakan tiket di Indiskop dan Kreasi Movie Corner, CGV FX. Untuk harga tiket bisa lihat di keterangan schedule.
  • Tiket hanya didapatkan secara langsung di tempat satu jam sebelum pemutaran. Tidak ada sistem reservasi.
  • Datanglah lebih awal karena tempat terbatas.
  • Pintu bioskop ditutup 10 menit setelah pemutaran dimulai.
  • Jika pemutaran diikuti dengan Q&A penonton diharapkan untuk berpartisipasi sampai acara selesai.
  • Dilarang mengambil gambar atau merekam selama film berlangsung.
  • Dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam ruang pemutaran.

Film Festival Madani Rayakan Keragaman Dunia Islam

Membuka Imajinasi

Salah satu cuitan di twitter dari akun @4smara_1701, menuliskan Festival Film Madani menampilkan beragam wajah Islam dalam kehidupan keseharian, terasa menyentuh hati dan membuka imajinasi.

Festival Film Madani dibuka dengan sebuah film dari Mesir, Yomeddine (Judgement Day) karya Abu Bakr Shawky. Karya ini terpilih sebagai nominasi utama Palme d’Or kompetisi Cannes Film Festival 2018, dan memenangi Françoise Calais Prize. Sedangkan film penutup adalah 3 Faces, karya terbaru sutradara terkenal Iran, Jafar Panahi, yang juga terpilih dalam ajang kompetisi Cannes Film Festival 2018 dan memenangi penghargaan untuk skenario terbaik.

[Baca Juga: Ulasan Film Bebas: Membawa Kembali Kenangan Masa SMA]

Jika tahun kemarin ada sineas perempuan dari luar negeri, Aida Begic, kali ini Festival Film Madani mengundang Akram Shibly, seorang pembuat film dari Amerika Serikat. Akram Shibly selalu bergulat dengan ketegangan kultural latar budayanya sebagai seorang keturunan Syria dengan kenyataan hidup di Amerika yang sangat beragam. Pergulatan yang tampak dalam film-filmnya yang ia produksi sendiri dengan perusahaan filmnya yang ia dirikan pada usia 17. Akram bukan hanya menampilkan suara generasi muda muslim-Syria, juga suara generasi muda Amerika.

Nah, Buat kamu yang ingin nonton film-film yang diputar di Festival Film Madani 2019, kamu bisa langsung kunjungi Instagramnya di sini.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.