Film SEMESTA Ajak Masyarakat untuk Peduli Lingkungan Sekitar

Hobi dan Hiburan

Film SEMES7A Ajak Masyarakat untuk Peduli Lingkungan Sekitar

Sudah bukan rahasia lagi jika bumi yang kita pijak ini semakin lama semakin kurang bersahabat dengan para penghuninya. Cuaca yang semakin panas, serta semakin berkurangnya habitat di bumi karena kecerobohan manusia berujung putusnya rantai makanan. Jika terus-menerus seperti itu tanpa ada perubahan, dikhawatirkan dapat merusak ekosistem di bumi. Untuk itu, sebagai manusia yang memiliki akal, sudah sepatutnya kita berkontribusi dalam merawat alam.

Atas dasar itulah rumah produksi Tanakhir Films yang didirikan oleh Mandy Marahimin dan Nicholas Saputra membuat sebuah film dokumenter berjudul SEMES7A. Mereka mengumpulkan tujuh orang dari tujuh provinsi di Indonesia yang mampu membuat perubahan kecil di lingkungan untuk membuat dunia menjadi lebih baik. Ke tujuh sosok protagonis dalam film ini pun dipilih setelah melalui proses riset yang cukup ketat.

Secara garis besar, film SEMES7A ini berkisah tentang tujuh sosok dari tujuh provinsi di Indonesia yang bergerak untuk meminimalisir dampak perubahan iklim dengan merawat alam atas dorongan agama, kepercayaan, dan budaya masing-masing.

[Baca Juga: Film Guru Guru Gokil, Debut Dian Sastro Sebagai Produser]

Di awal film, penonton akan diajak untuk masuk dalam cerita tentang Tjokorda Raka Kerthyasa, tokoh budaya di Ubud, Bali. Bersama segenap umat Hindu, Tjokorda menjadikan momentum Hari Raya Nyepi sebagai hari istirahat alam semesta. Tanpa diduga, Hari Raya Nyepi ternyata memberi efek luar biasa dalam pengurangan emisi harian di Bali.

Adat yang Melindungi Hutan

Kemudian beralih ke cerita kedua tentang Agustinus Pius Inam, Kepala Dusun Sungai Utik, Kalimantan Barat. Agustinus tidak pernah lelah untuk memberikan pemahaman kepada penduduk desa untuk mengikuti langkah tata cara adat dalam melindungi dan melestarikan hutan. Hal itu Ia lakukan untuk mencegah ancaman kerusakan yang terjadi pada hutan di Kalimantan.

Berlanjut pada cerita selanjutnya tentang Romo Marselus Hasan, Pemimpin Agama Katolik di Bea Muring, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Romo Marselus sering menyelipkan pesan kepada para jemaatnya untuk berdamai dan menjaga pelestarian alam, terutama sumber mata air. Sebab, lewat sumber mata air tersebut, warga di dusunnya bisa menikmati aliran listrik dengan membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro.

Lompat ke ujung timur, tepatnya di Kampung Kapatcol, Papua penonton akan mendengar kisah seorang perempuan bernama Almina Kacili, Kepala kelompok wanita gereja di Kapatcol, Papua Barat. Bersama ibu-ibu anggota kelompoknya, Almina Kacili membantu penyeimbangan alam melalui “Sasi”, sebuah tradisi kearifan lokal yang menjaga keberlangsungan sumber daya alam dengan melindungi wilayahnya dari eksploitasi, terutama oleh nelayan-nelayan yang menggunakan peralatan ilegal.

Film SEMESTA Ajak Masyarakat untuk Peduli Lingkungan Sekitar

Beralih ke wilayah paling barat, penonton akan bertemu Muhammad Yusuf, seorang imam masjid di Desa Pameu, Aceh. Dalam setiap kesempatan tak henti-hentinya Yusuf memperingatkan penduduk untuk berdamai dengan alam, termasuk ketika memberikan khotbah di masjid. Salah satu yang selalu diingatkan adalah dengan melarang praktik penebangan hutan yang merupakan salah satu faktor yang mempercepat terjadinya pemanasan global.

Selain membuat bumi semakin panas, hal itu juga berdampak pula pada rusaknya habitat alami gajah liar. Akibatnya gajah-gajah yang sudah tak mempunyai rumah tersebut memasuki dan merusak daerah permukiman warga.

Selanjutnya, ada Iskandar Waworuntu. Pendiri Institut Bumi Langit di Bantul Yogyakarta. Iskandar yang bertahun-tahun lalu memutuskan hijrah dari kehidupannya dahulu dan hidup dari sebidang tanah kering, menginspirasi para penonton untuk hidup secara berkecukupan lewat alam. Dengan dukungan dari keluarganya, Iskandar menggunakan ilmu permakultur untuk berhubungan kembali dengan alam dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

[Baca Juga: Deretan Film Animasi Paling Ditunggu-tunggu di 2020]

Perjalanan SEMES7A berakhir dengan kehadiran Soraya Cassandra, petani kota pendiri Kebun Kumara, Jakarta. Melalui sebuah kebun yang ia kelola di pinggiran ibu kota, Sandra melakukan kampanye prinsip-prinsip belajar dari alam yang secara kreatif mengubah tanah di kota menjadi hijau kembali.

Kehadiran film SEMES7A yang akan tayang terbatas di bioskop mulai 30 Januari 2020 diharapkan tak hanya menjadi pengingat sementara, tapi juga memantik gerakan menjaga dan memelihara alam yang berkesinambungan. Demi masa depan kita semua.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 2 years, 8 months lalu
    Natasya88

    Udah tau belum kalo main game bisa dapet hadiah jutaan rupiah? Dan ambil sepuasnya Bonus Angpao menyambut tahun baru imlek. Buruan gabung di bola165,co mainkan game nya dan bawa pulang hadiah nya.