Financial Planner Ini Tips Hadapi Pensiun Mini Akibat New Normal.jpg

Bisnis

Financial Planner: Ini Tips Hadapi Pensiun Mini Akibat New Normal

Bila membahas mengenai pensiun, mayoritas orang berpikir bahwa kata tersebut menggambarkan Anda tidak bekerja lagi karena sudah mencapai usia tertentu atau ketika masa tugasnya selesai. Padahal menurut financial planner Aliyah Natasya, ada juga pensiun dini dan pensiun mini. Dengan pensiun dini biasanya berarti Anda pensiun beberapa waktu sebelum masa tugas selesai. Sedangkan pensiun mini berarti Anda menjadi pensiun akibat mengundurkan diri, kehilangan pekerjaan, atau di-PHK dan inilah yang dialami jutaan pegawai di Indonesia akibat pandemi COVID-19.

Menjelang memasuki new normal tak bisa dipungkiri banyak orang-orang yang masih dalam usia produktif kehilangan pekerjaannya. Pasalnya, akibat pandemi COVID-19, banyak perusahaan serta pengusaha yang mengalami kerugian besar dan memicu force majeure sehingga terpaksa memberhentikan para pekerjanya atau merumahkan mereka. Terlepas Anda pensiun dini sebelum pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) atau pensiun mini ketika menjelang new normal, kondisi ini membutuhkan adaptasi.

Menurut Aliyah berdasarkan pengalamannya, terdapat beberapa hal yang perlu dimiliki dalam kondisi seperti ini. Dengan yang pertama adalah telah memiliki rencana alias plan. Karena menurutnya, tanpa kehadiran rencana yang jelas maka Anda akan kesulitan mengatur keuangan ketika sedang menjalani pensiun dini atau mini ketika new normal.

Financial Planner Ini Tips Hadapi Pensiun Mini Akibat New Normal .jpg

Always be ready with a plan, kapanpun pensiun itu dilaksanakan, kunci sukses pensiun itu tetap plan, plan, dan plan. Di manapun stage of life kondisi kehidupan kalian tetap ada yang kita butuhkan, yaitu uang. Mau bekerja, mau pensiun, mau lagi rehat atau liburan sejenak tetap harus ada yang tahu money coming in-money coming out. Jadi apapun kondisinya, coba untuk membuat plan,” ujar Aliyah pada Avrist Assurance DPLK Media Virtual Talk Show melalui Zoom (16/6/2020).

Rencana ini sebenarnya disebut harus dapat menjawab pertanyaan mengenai nilai total kebutuhan hidup masa pensiun walau ini dipicu kondisi yang memaksa. Selain itu dalam rencana ini juga Anda bisa memasukan hasil dari audit jumlah aset serta liabilitan yang dimiliki, melihat kebiasaan investasi, dan memantau ketahanan sumber dana masa pensiun Anda tersebut.

“Yang kedua kita harus be resilient and open to newness! Resilient itu yang namanya daya tahan dan open to newness ini kita up-to date dengan keadaan yang ada,” sambung Aliyah. Menurutnya, ini bisa dilakukan dengan Anda yang berusaha mengubah gaya hidup agar lebih sederhana serta sehat dan terus mencari informasi atau informasi mengenai berbagai hal, salah satunya adalah terkait peluang dan investasi.

Poin ketiga menurut financial planner ini yang dibutuhkan dalam menghadapi pensiun dini serta mini di kala new normal ini adalah build a healthy support system atau sistem dukungan yang sehat di sekeliling Anda. Aliyah menambahkan, membangun sistem dukungan ini sangat penting agar Anda dikelilingi orang yang peduli terhadap diri Anda sehingga memiliki jaringan support ketika Anda berada dalam kondisi “di bawah” atau bahkan merasakan post-power syndrome karena sudah tak berada di pekerjaan akibat new normal.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 7 months lalu
    suki

    sini yuuukk pada merapat... asik main game dapat hadiah bonus, dan bisa jadi jutawan juga... hanya di bola165 rasakan sensasinya guuuys......