FKUI Tekan Potensi Anemia di Remaja Muara Gembong Bekasi Melalui Edukasi.jpg

Kesehatan

FKUI Tekan Potensi Anemia di Remaja Muara Gembong Bekasi Melalui Edukasi

Penyakit anemia terjadi ketika seseorang mengalami kekurangan sel darah merah alias hemoglobin, padahal sel ini berfungsi untuk mengangkut oksigen agar bisa beredar ke seluruh tubuh Anda. Sehingga tak heran bila seseorang yang mengalami anemia akan cepat merasa lelah, kulitnya pucat, sesak napas, pusing, hingga detak jantung yang lebih cepat dibandingkan normal. Sayangnya, penyakit ini sebenarnya membayangi remaja perempuan di Tanah Air, karena berdasarkan presentasi, Kementerian Kesehatan mencatat ada 23 persen remaja perempuan yang alami anemia dan remaja laki-laki hanya 12 persen. Salah satu pemicu dari anemia adalah kondisi malnutrisi dan inilah yang diupayakan dicegah oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) di wilayah pesisir Kabupaten Bekasi.

Aspek yang mendorong Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) FKUI untuk berfokus terhadap penanganan anemia terhadap remaja perempuan di wilayah Muara Gembong, Kabupaten Bekasi adalah kekhawatiran penyakit tersebut yang dapat mempengaruhi kesehatan mereka di masa depan. Mengingat anemia bisa berpengaruh terhadap kesehatan jantung, paru, tumbuh kembang, hingga kehamilan. Dari sinilah 83 siswi di SMP Negeri Satu Atap Desa Pantai Bakti dirangkum dalam program penyuluhan serta pemeriksaan kesehatan.

FKUI Tekan Potensi Anemia di Remaja Muara Gembong Bekasi Melalui Edukas i.jpg

Pihak Pengmas FKUI juga memberikan alasannya mengapa menargetkan puluhan siswi yang tinggal di Muara Gembong sebagai peserta edukasi mereka terkait pencegahan anemia serta cacingan. Di mana ini tak terlepas dari kondisi ekonomi di sana yang sangat berpengaruh terhadap potensi terjadinya malnutrisi sehingga berujung dengan ancaman anemia dan ini didukung berdasarkan data lapangan dari puskesmas setempat.

“Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong kami pilih sebagai lokasi pengmas karena merupakan salah satu daerah pesisir di area Jabodetabek dengan kondisi lingkungan dan penduduk yang cukup memprihatinkan,” ungkap Ketua Tim Pengmas FKUI sekaligus Dosen Departemen Anatomi FKUI dr. Isabella Kurnia Liem, M.Biomed, Ph.D, P.A., sebagaimana dikutip dari UI.ac.id (2/11/2022).

[Baca Juga: Anemia Pada Remaja Putri dan Pentingnya Tablet Tambah Darah]

“Penduduk umumnya berpenghasilan rendah dan memiliki tingkat pendidikan serta pengetahuan akan kesehatan yang rendah. Kedua faktor tersebut dapat berpengaruh terhadap status gizi anak dan keluarganya. Ketidakcukupan gizi dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan salah satunya anemia. Berdasarkan infomasi dari pihak Puskesmas Muara Gembong, masih banyak remaja putri yang mengalami anemia di Desa Pantai Bakti sehingga diperlukan penanganan lebih lanjut,” sambungnya.

Program penyuluhan serta pemeriksaan kesehatan ini digelar secara berkala pada periode Juli-Oktober 2022. Di mana Tim Pengmas FKUI melakukan pemeriksaan fisik serta mengecek kadar hemaglobin di sampel darah peserta. Lalu dilanjutkan dengan proses tanya-jawab terkait pola makan serta keluhan penyakit yang mereka kerap rasakan dan dari sini terungkap bahwa rata-rata siswi di SMP Negeri Satu Atap Muara Gembong ternyata mengalami kekurangan gizi yang standar untuk usia mereka akibat kebiasaan tidak sarapan serta mengonsumsi makanan yang kurang bergizi. Dari sinilah Tim Pengmas FKUI mengajak guru serta siswi di sana yang terpilih agar bisa menjadi kader kesehatan dalam rangka menanggulangi anemia serta potensi cacingan di sekolah mereka.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.