Fokus Tangani Korban Banjir, Anies Berikan 9 Instruksi pada Jajarannya

Berita Kawasan

Fokus Tangani Korban Banjir, Anies Berikan 9 Instruksi pada Jajarannya

Banjir kembali melanda Ibu Kota pada Selasa, 25 Februari 2020. Ini menjadi kesekian kalinya banjir melanda Jakarta di tahun 2020. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, menurut informasi yang didapat, ada lebih dari 200 RW di wilayahnya terkena dampak banjir.

Fokus Tangani Korban Banjir, Anies Berikan 9 Instruksi pada Jajarannya

Mengetahui hal itu, Anies pun fokus melakukan upaya penanganan terhadap korban banjir. Mantan Meteri Pendidikan tersebut langsung memerintahkan jajarannya untuk turun langsung membantu masyarakat korban banjir.

[Baca Juga: Hujan Semalaman Menyisakan Sejumlah Titik Banjir di Jakarta Barat]

"Kembali saya instruksikan agar seluruh jajaran turun tangan membantu penanganan banjir, hadir membantu masyarakat," kata Anies dalam keterangan resmi yang diterima PingPoint.co.id (25/2/2020).

Selain itu, Anies juga memberikan sembilan poin penting kepada jajarannya untuk diterapkan dalam menangani para korban banjir. Kesembilan poin tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan evakuasi warga terdampak. Pastikan tempat-tempat pengungsian segera siap. Kantor-kantor milik pemprov segera disiapkan sebagai tempat pengungsian.
  2. Siapkan dapur umum, pos kesehatan, tenaga kesehatan, obat-obatan makanan siap saji, air minum, alas tidur, toilet umum, dan segala kebutuhan lainnya.
  3. Pastikan keamanan warga di tempat tinggal dan di jalanan. Amankan warga dari bahaya listrik, pohon tumbang, dan lain-lain.
  4. Bantu kelancaran lalu lintas, bantu mobilitas warga di jalan, amankan transportasi publik.
  5. Pastikan warga dan publik mendapat update informasi yang valid secara terus-menerus.
  6. Jangan posting foto-foto seremonial atau kegiatan kurang penting lainnya, gunakan grup-grup hanya untuk komunikasi penting dan mendesak.
  7. Khusus hari ini: tunda pertemuan/rapat yang tak mendesak. Seluruh jajaran turun membantu penanganan banjir. Koordinasi dengan wali kota/wilayah terdampak.
  8. Wali kota pimpin dan koordinasi seluruh kegiatan di lapangan dengan semua jajaran di wilayahnya. Arahkan jajaran wilayah tak terdampak untuk membantu wilayah terdampak.
  9. Seperti biasa, tetap pastikan keamanan, keselamatan dan kesehatan Ibu/Bapak semua dalam bekerja membantu warga.

[Baca Juga: BNPB Ajak Warga Lapor Banjir Lewat Petabencana.id]

Kepada para korban banjir, Anies pun mengimbau untuk menghubungi BPBD Provinsi DKI Jakarta melalui Nomor Tunggal Layanan Darurat Jakarta Siaga pada nomor 112, yang bersiaga 24 jam, 7 hari seminggu untuk mendapatkan bantuan.

"Kontak kami di 112, datang ke kelurahan terdekat. Kami bantu respons semua yang jadi kebutuhan masyarakat," ujar Anies.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.