Fokus Tangani Korban Banjir, Anies Berikan 9 Instruksi pada Jajarannya

Berita Kawasan

Fokus Tangani Korban Banjir, Anies Berikan 9 Instruksi pada Jajarannya

Banjir kembali melanda Ibu Kota pada Selasa, 25 Februari 2020. Ini menjadi kesekian kalinya banjir melanda Jakarta di tahun 2020. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, menurut informasi yang didapat, ada lebih dari 200 RW di wilayahnya terkena dampak banjir.

Fokus Tangani Korban Banjir, Anies Berikan 9 Instruksi pada Jajarannya

Mengetahui hal itu, Anies pun fokus melakukan upaya penanganan terhadap korban banjir. Mantan Meteri Pendidikan tersebut langsung memerintahkan jajarannya untuk turun langsung membantu masyarakat korban banjir.

[Baca Juga: Hujan Semalaman Menyisakan Sejumlah Titik Banjir di Jakarta Barat]

"Kembali saya instruksikan agar seluruh jajaran turun tangan membantu penanganan banjir, hadir membantu masyarakat," kata Anies dalam keterangan resmi yang diterima PingPoint.co.id (25/2/2020).

Selain itu, Anies juga memberikan sembilan poin penting kepada jajarannya untuk diterapkan dalam menangani para korban banjir. Kesembilan poin tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan evakuasi warga terdampak. Pastikan tempat-tempat pengungsian segera siap. Kantor-kantor milik pemprov segera disiapkan sebagai tempat pengungsian.
  2. Siapkan dapur umum, pos kesehatan, tenaga kesehatan, obat-obatan makanan siap saji, air minum, alas tidur, toilet umum, dan segala kebutuhan lainnya.
  3. Pastikan keamanan warga di tempat tinggal dan di jalanan. Amankan warga dari bahaya listrik, pohon tumbang, dan lain-lain.
  4. Bantu kelancaran lalu lintas, bantu mobilitas warga di jalan, amankan transportasi publik.
  5. Pastikan warga dan publik mendapat update informasi yang valid secara terus-menerus.
  6. Jangan posting foto-foto seremonial atau kegiatan kurang penting lainnya, gunakan grup-grup hanya untuk komunikasi penting dan mendesak.
  7. Khusus hari ini: tunda pertemuan/rapat yang tak mendesak. Seluruh jajaran turun membantu penanganan banjir. Koordinasi dengan wali kota/wilayah terdampak.
  8. Wali kota pimpin dan koordinasi seluruh kegiatan di lapangan dengan semua jajaran di wilayahnya. Arahkan jajaran wilayah tak terdampak untuk membantu wilayah terdampak.
  9. Seperti biasa, tetap pastikan keamanan, keselamatan dan kesehatan Ibu/Bapak semua dalam bekerja membantu warga.

[Baca Juga: BNPB Ajak Warga Lapor Banjir Lewat Petabencana.id]

Kepada para korban banjir, Anies pun mengimbau untuk menghubungi BPBD Provinsi DKI Jakarta melalui Nomor Tunggal Layanan Darurat Jakarta Siaga pada nomor 112, yang bersiaga 24 jam, 7 hari seminggu untuk mendapatkan bantuan.

"Kontak kami di 112, datang ke kelurahan terdekat. Kami bantu respons semua yang jadi kebutuhan masyarakat," ujar Anies.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.