Gagal Bikin Dalgona Ini Cara Mudah Membuat Kopi Dalgona di Rumah

Kuliner

Gagal Bikin Dalgona? Ini Cara Mudah Membuat Kopi Dalgona di Rumah

Kopi Dalgona jadi salah satu jenis kopi yang kerap muncul resep dan fotonya di masa-masa physical distancing ini. Kemunculan kopi yang satu ini cukup populer di kalangan pecinta kopi yang terjebak di dalam rumah akibat pandemi COVID-19. Selain karena rasanya, hal lain yang membuat kopi ini sangat terkenal saat ini adalah proses pembuatannya yang cukup rumit sehingga menjadi tantangan tersendiri. Meskipun, tidak jarang orang yang mencoba frustrasi.

Kopi Dalgona merupakan jenis kopi kocok atau mixed coffee. Ada yang mengatakan, karena namanya, kopi dengan proses pembuatan rumit ini berasal dari Korea Selatan. Kali ini Pingpoint akan memberikan cara paling mudah membuat kopi Dalgona di rumah.

Gagal Bikin Dalgona Ini Cara Mudah Membuat Kopi Dalgona di Rumah

Permen Spons

Dalgona sendiri di Korea Selatan merupakan sebuah jajanan ringan berbentuk permen yang juga sering disebut ppopgi. Dalgona sendiri sudah populer sejak tahun 1970 dan memiliki tekstur seperti spons yang dimasak dengan mencampurkan gula dan minyak untuk dijadikan sirop.

Sirop gula inilah yang kemudian dilelehkan dan dicampur dengan baking soda sambil diaduk sehingga mengembang dan berubah warna menjadi cokelat keemasan. Setelah matang campuran gula tersebut dituang ke permukaan datar dan dibentuk menjadi bulatan dan dicetak beragam motif diatasnya.

Gagal Bikin Dalgona Ini Cara Mudah Membuat Kopi Dalgona di Rumah

Selain dapat dinikmati dalam bentuk permen, Dalgona juga bisa disantap dalam bentuk minuman kopi, Pointers! Seperti yang sudah disebutkan sebelum, membuat Dalgona berubah bentuk menjadi minuman kopi kental sebenarnya cukup mudah. Kalau Pointers pensaran dan ingin ikutan coba bikin, berikut langkah membuat kopi Dalgona.

Gagal Bikin Dalgona Ini Cara Mudah Membuat Kopi Dalgona di Rumah

  1. Anda membutuhkan bahan-bahan berupa kopi instan (pilih yang jenis coffee granules), gula, susu, es batu, dan juga air panas.
  2. Caranya membuat dengan menggabungkan 2 sendok makan kopi instan, 2 sendok makan gula, dan 3 sendok air panas (benar-benar panas) kedalam satu tempat wadah.
  3. Aduk hingga menyatu dan membentuk foam berwarna cokelat keemasan. Agar lebih cepat jadi, Anda bisa mengaduk menggunakan mixer atau whisk untuk kue.
  4. Setelah membentuk foam, Anda bisa tuang susu dan es batu ke dalam gelas lalu pindahkan foam yang sudah dibuat dari kopi tadi di atasnya.

[Baca Juga: Cara Membuat Kopi French Press Sempurna di Rumah]

Mudah bukan? Jika Anda tidak suka dengan kopi instan dan mau mencoba dengan kopi "asli", pilih strong espresso dan gunakan mixer karena jenis kopi tersebut perlu waktu lebih lama untuk bisa membentuk foam. Selamat mencoba!

[Baca Juga: Begini Cara Membuat Es Teh yang Sempurna untuk Berbuka Puasa]


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 5 months lalu
    hanna56

    Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi roadto1billion.com