Galeri 100% Bogor Pisan, Pusat Produk UMKM Asli Kota Bogor.jpg

Bisnis

Galeri 100% Bogor Pisan, Pusat Produk UMKM Asli Kota Bogor

Galeri 100% Bogor Pisan yang berlokasi di P2 Lobby Orchid, Mall Botani Square di re-launching. Salah satu mall terbesar di kota yang berjulukan Kota Hujan ini menjadi pusat produk UMKM asli dari Kota Bogor, Seperti kuliner, fashion, kerajinan tangan, dan masih banyak lagi.

Re-launching ini ditandai dengan memainkan alat musik angklung yang dimainkan oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama dengan Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim, Ketua Dekranasda Kota Bogor, Yane Ardian, Direktur Mall Botani Square, Hartono Gunawan, dan Ketua Dekranasda Kabupaten Bogor, Halimatu Sadiyah, Rabu (29/12/2021).

Politik will (kebijakan politik) dan komitmen menjadi dua hal yang disampaikan oleh Wali Kota Bogor sebelum re-launching Galeri 100% Bogor Pisan.

Galeri 100% Bogor Pisan, Pusat Produk UMKM Asli Kota Bogor 2.jpg

“Selain politik will dan komitmen juga terus bertambah, kita semua juga harus jadi ‘kapstok’, model. Dibuatnya batik ASN, kebijakan Kamis Nyunda, totopong, pangsi, dan semuanya kita ingin memuliakan produk-produk UMKM Kota Bogor, acara-acara kita dorong agar selalu ada festival atau kegiatan yang memerlukan produk-produk UMKM,” kata Bima dikutip kotabogor.go.id (31/12/2021).

Menurut Bima, keberadaan Galeri 100% Bogor Pisan di Mall Botani Square ini memberikan efek bagi eksistensi konter Dekranasda Kota Bogor yang tidak hanya bertahan tapi juga berkembang hingga saat ini.

Di sisi lain, Bima menerangkan kondisi Kota Bogor berdasarkan data angka, IPM Kota Bogor naik dan menjadi yang tertinggi di Jawa Barat, salah satunya karena didorong oleh kegiatan wisata hotel, restoran, dan UMKM. Selain itu juga, trading daring di Kota Bogor bergerak cepat dibandingkan kota-kota lain.

[Baca Juga: Produk UMKM Pulo Geulis Kota Bogor Jadi Sajian Mewah di Hotel]

Dalam kesempatan yang sama Ketua Dekranasda Kota Bogor, Yane Ardian menerangkan, pandemi COVID-19 memberikan dampak ekonomi luar biasa, termasuk di Kota Bogor. Penerapan PPKM memberikan dampak nyata bagi kelangsungan para pelaku usaha di Kota Bogor. Kajian pada tahun 2021 oleh dinas terkait bekerja sama dengan pihak lain menunjukkan sebanyak 63.685 UMKM atau sebesar 85% mengalami penurunan omset 26-70 persen.

Yane menambahkan, pada tahun 2020 dan 2021 pemkot merumuskan kebijakan, salah satunya mencakup pemulihan dan penguatan UMKM Kota Bogor, jasa pariwisata, ekonomi kreatif melalui pembangunan kampung wisata, pusat kuliner di setiap kecamatan, menciptakan kesempatan kerja dan program kegiatan lainnya.

“Dekranasda sebagai mitra strategis Pemkot Bogor membantu dalam recovery perekonomian daerah, khususnya menguatkan dan mempertahankan kelangsungan usaha para UMKM di bidang kerajinan dan kuliner dengan memfasilitasi berbagai akses pemasar baik online maupun offline melalui kemitraan dan kolaborasi dengan para stakeholder terkait,” jelas Yane.

Galeri 100% Bogor Pisan, Pusat Produk UMKM Asli Kota Bogor 1.jpg

Yane melanjutkan, salah satu kolaborasi Dekranasda Kota Bogor yang paling sinergi, strategis dan konsisten adalah Mall Botani Square yang sudah bekerja sama selama 7 tahun. Kolaborasi yang tercipta bertujuan untuk mendorong kenaikan kelas usaha para pelaku UMKM binaan Dekranasda Kota Bogor. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan MoU Dekranasda Kota Bogor dengan Mall Botani Square yang dilakukan oleh Ketua Dekranasda Kota Bogor, Yane Ardian dan Direktur Mall Botani Square, Hartono Gunawan disaksikan langsung oleh Wali Kota Bogor, Bima Arya.

Usai acara re-launching, Bima Arya bersama Dedie, Yane Ardian, Ketua Dekranasda Kabupaten Bogor, para istri unsur pimpinan Forkopimda Kota Bogor beserta para kepala perangkat daerah Pemkot Bogor mengunjungi Galeri 100% Bogor pisan. Dalam kesempatan tersebut juga, Bima Arya, Dedie, dan Yane berkesempatan menjadi pramuniaga dadakan untuk melayani para konsumen.


Read More

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.