Kiat Menjalin Komunikasi dengan Penyandang Autisme

Pendidikan

Gali Potensi Anak dengan Autisme untuk Bekal Masa Mendatang

Sekitar satu tahun yang lalu, panggung pentas America’s Got Talent sukses memukau masyarakat di seluruh penjuru dunia. Sejumlah penonton tampak meneteskan air mata, usai menyaksikan penampilan Kido Lee, seorang anak tunanetra dengan autisme. Suara merdu Kido dan permainan pianonya yang apik berhasil membuatnya lolos untuk berkompetisi hingga menjadi juara America’s Got Talent 2019.

Prestasi Kido ini menunjukkan, keterbatasan yang dimiliki seseorang tak akan menghambat potensi yang dimilikinya. Hal inilah yang dilihat Praktisi dari Human Capital and Development, Life Coach - The Life Matrix, Prasetyo Boogie Tedjowinoto sebagai contoh bahwa anak dengan autisme pun bisa sukses dengan potensi yang dimilikinya.

Kiat Berkontribusi Membangun Potensi Anak Dengan Autisme

“Kalau potensinya sangat berkembang, mau dalam kondisi apapun tidak masalah,” kata Prasetyo, kepada jurnalis PingPoint (1/4/2020).

Menurutnya, keluarga yang memiliki anak dengan autisme dapat menggali potensi buah hati mereka. Caranya yakni mengarahkan anak mereka dengan komunikasi yang baik. Kendati demikian, Prasetyo mengingatkan agar orang tua tak memaksakan egonya dalam menggali potensi anak mereka.

Prasetyo menjelaskan tak ada indikator lamanya proses yang diperlukan dalam menggali potensi anak dengan autisme. “Pada waktunya akan menemukan. Prosesnya kita tidak bisa bilang cepat atau tidak, karena setiap orang unik. Kita harus banyak informasi untuk menemukan potensi ini,” jelasnya.

[Baca Juga: Keluarga Jadi Elemen Penting untuk Pendidikan Anak dengan Autisme]

Berdasarkan pengalamannya, Prasetyo mengatakan, anak autisme dapat melakukan sebuah pekerjaan dengan baik. Sebagai contoh, dia memiliki teman dengan autisme yang bekerja sebagai peneliti. Ada pula anak dengan autisme yang menjadi teman bagi orang yang memiliki masalah psikologi.

“Contoh-contoh anak dengan autisme yang berhasil itu banyak. Nantinya potensinya akan ketemu,” katanya.

Oleh karenanya, menurut Prasetyo bila anak dengan autisme ini diarahkan sesuai dengan potensinya, maka dapat menjadi bekal mereka di masa depan. Keberhasilan potensi anak dengan autisme ini pun tak bisa diukur dari pendapatan yang diperolehnya, tetapi keberlanjutannya dalam menggunakan potensi yang dimilikinya.

“Jadi kalau kita arahkan ke potensinya akan menemukan ekonomi dan pengembangan kualitas yang bisa jadi pekerjaan mereka ke depan,” tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.